Sambut Bulan Puasa, Salimah Kalbar Gelar Tarhib Ramadhan dan Forum Silaturahim Majelis Taklim se-Kota Pontianak

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, Pimpinan Wilayah Salimah (Persaudaraan Muslimah) bekerjasama dengan PD Salimah Kota Pontianak menggelar Tarhib Ramadhan dan Forum Silaturrahim Majelis Taklim se Kota Pontianak.

https://www.yukbisnis.com

Kegiatan yang secara rutin digelar setiap menjelang bulan Ramadhan ini diselenggarakan di Masjid Raya Mujahidin Pontianak pada hari Jum’at, 11 Mei 2018. Rangkaian acara tarhib Ramadhan diawali dengan tadarusan Qur’an sekaligus tahsin yang dipandu oleh mentor dari PW Salimah, PD Salimah dan sahabat Salimah dalam mengkhatamkan kitab suci Al Qur’an. Setelah sholat ashar berjamaah, dilakukan Pembukaan secara resmi oleh Ketua PD Salimah Kota Pontianak Hasanurrahmi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU oleh Irma Kurnia Destiawati, S.Pd selaku Direktur Program PT. Radio Swara Mas Mujahidin Madani dan Dr. Cucu Nurjamilah, M.Ag selaku Ketua Bidang Dakwah PW Salimah Kalbar untuk memperkuat sinergisitas dan kerjasama pelaksanaan program dan kegiatan antara kedua lembaga tersebut,

Tampak pada kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan dan anggota Forum Silaturahim Majelis Taklim se Kota Pontianak dan sekitarnya serta para undangan dari ormas perempuan Kalimantan Barat yang secara keseluruhan berjumlah kurang lebih 300 orang. Setelah proses penandatanganan MoU selesai, maka acara selanjutnya adalah ceramah menyambut bulan suci Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz Fatahillah Abror, S.Ag, M.Si. Pada kesempatan ini, tema ceramah yang dibawakan Beliau adalah “Meraih Ketaqwaan dengan Menjadi Muslimah Produktif dan Kontributif.”

Tema tersebut diambil sebagai bentuk komitmen Salimah dalam memberdayakan muslimah menjadi lebih produktif dan berkontribusi positif dalam mendorong dirinya dan keluarganya serta masyarakat disekitarnya dalam meraih ketaqwaan di bulan Ramadhan.

Proses Penandatanganan MoU Kerjasama Salimah Kalbar
Image: Dok. Salimah Kalbar

Ustadz Fatahillah menyatakan bahwa Ramadhan merupakan bulan keberqahan, bulan rahmat, bulan maghfirah dan bulan kemuliaan bagi orang-orang beriman. Dalam surah Al-Baqarah:183 “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan kamu berpuasa sebagai mana orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Beberapa Persiapan yang hendaknya dilakukan dalam memasuki bulan Ramadhan, antara lain: Persiapan Ruhiyah (Jiwa/Kebersihan Hati), Persiapan Wawasan (Ilmu), Persiapan Jasad (Fisik), dan yang terakhir adalah Persiapan Maaliyah (Harta).

Lebih lanjut Beliau menjelaskan bahwa Muslimah yang produktif dan kontributif adalah muslimah yang mengerahkan seluruh potensi dirinya untuk bermanfaat bagi orang lain dimana Rasulullah bersabda: Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. (HR.Ahmad).

Untuk itu, agar Ramadhan menjadi keberkahan bagi kita, perlu mengoptimalkan ibadah ramadhan kita dengan puasa Ramadhan yang dibarengi dengan Sholat tarawih, Tilawah Qur’an, Zakat, Infaq, dan Shodaqah, Umroh serta amal-amal ibadah lainnya.

Semoga Ramadhan 1439 H kita dilimpahi keberqahan dan kita bisa meraih ketaqwaan kepada Allah SWT. Amin…

Sumber: Humas PW Salimah Kalbar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
Masukkan Alamat Email Anda untuk Berlangganan Artikel Terbaru
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #