Resolusi Juara 2012 : Menjadikan Rumah Mimpi sebagai Rumah Blogger Pontianak

Diposting pada

Tahun 2012 sepertinya menjadi saat yang tepat bagiku untuk mewujudkan impian menjadikan Rumah Mimpi Komplek Taman Gitananda menjadi Rumah Blogger Pontianak. Bisa dibilang impian tersebut adalah resolusi yang terpendam sejak Komunitas BELETER menjadi salah satu penghuni kawasan Rumah Semua Komunitas tersebut setahun yang lalu. Lokasi yang cukup strategis berada ditengah kota dan dikelilingi oleh hutan kecil seluas 2 hektar itu sebenarnya sangat cocok jika ingin dijadikan pusat pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia untuk berbagai bidang. Hanya saja sayangnya tidak adanya jaringan internet terpasang di kawasan tersebut menyebabkan saya dan beberapa teman-teman komunitas tidak dapat berbuat banyak.

Loading...

Sistem swakelola dana mandiri dari pihak yayasan kepada pihak pengelola yang selama ini berjalan juga menjadi “beban” tersendiri karena semua biaya-biaya rutin bulanan seperti biaya listrik, air, dan kebersihan lingkungan menjadi tanggungan pihak pengelola yang merupakan salah satu lembaga nirlaba di Kalimantan Barat. Dan sampai saat ini, sepertinya pemerintah daerah juga sepertinya menutup mata akan adanya tempat ini. Tidak tahu kenapa, apakah karena kawasan ini adalah kawasan komunitas sehingga mereka menganggapnya tidak prospek untuk dibantu dan didukung. Padahal kalau dilihat kawasan ini memiliki potensi besar jika ingin dikembangkan, pohon-pohon yang tumbuh di lingkungan sekitar membuat kawasan ini tampak seperti hutan kota dimana ketika panas matahari menyengat siang harinya, banyak orang-orang yang memanfaatkan waktu istirahatnya dengan berteduh dikawasan ini.

Kalau saya sendiri sih seandainya kawasan ini sudah terkoneksi dengan jaringan internet telah memiliki beberapa perencanaan seperti: mengadakan pelatihan-pelatihan blog dan internet bagi masyarakat golongan kurang mampu terutama yang termasuk dalam usia produktif. Selain itu, kedepannya kawasan tersebut juga akan dijadikan sebagai media center yang menyediakan berbagai macam informasi terkait Kalimantan Barat. Dan yang terakhir, program membangun perpustakaan digital (digital library) menjadi rencana ketiga yang akan dilakukan. Oh iya, dibawah ini adalah beberapa tampilan gambar dari kawasan Rumah Mimpi Komplek Taman Gitananda.

Baca Juga:  OPPO N1, Smartphone Android Pertama dalam Hidupku

Selama ini, sudah ada beberapa kali kegiatan seminar, pelatihan, maupun workshop mengenai internet dilakukan. Dan alhamdulillah semua kegiatan tersebut terselenggara berkat hasil kerjasama Komunitas BELETER dengan pihak-pihak luar. Beberapa dokumentasi mengenai penyelenggaraan kegiatan tersebut, antara lain:

Dalam hitung-hitungan saya, jika ingin memasang jaringan internet di kawasan ini minimal paket yang ingin dipasang adalah Paket Speedy Multispeed Familia dengan kecepatan line sekitar 1 Mbps Up To dengan tarif berlangganan setiap bulannya sebesar Rp. 645.000,- belum termasuk dengan PPn. Jadi sudah dapat diperkirakan berapa uang yang harus diputarkan setiap bulannya seandainya pemasangan jaringan internet tersebut jadi dilaksanakan. Dan karena tujuan komunitas kami semata-mata bukanlah dari sisi bisnis, melainkan juga mempertimbangkan sisi edukasi dan sosial kemasyarakatan seperti jumlah tersebut masih terlalu besar. Oleh karena itu, sampai saat ini segala upaya masih akan terus dilakukan dimana salah satu langkah yang kami tempuh adalah dengan meminta dukungan dari Telkom Speedy sebagai provider terbesar di Indonesia untuk berkenan memberikan keringanan biaya nantinya. Semoga saja resolusi saya ini dapat menjadi kenyataan dan semua upaya yang dilakukan akan selalu diberi kemudahan, Aminnn… (DW)

Loading...
Gambar Gravatar
Menerima Jasa Review Produk, Liputan Kegiatan, Berita Gadget dan Teknologi Terbaru, dan Perkembangan Startup Lokal. Info Kerjasama: 0811-56-1982 (Telp/WA)

11 thoughts on “Resolusi Juara 2012 : Menjadikan Rumah Mimpi sebagai Rumah Blogger Pontianak

  1. Memang tidak ada rekan yang bekerja di vendor penyedia jaringan internet ya? jadi bisa ditekan cost untuk biaya internet.

    1. Ada sih, cuma ngga respect gitu deh. Malahan ada beberapa karyawan mereka bergabung dalam komunitas fotografi, nah utk kegiatan2 mereka malah dapat backup dari vendor tersebut. Aneh kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *