Penambahan Fitur Baru BBM, Ancaman bagi Para Kompetitor?

Diposting pada

BLOGGERBORNEO.COM – Di pertengahan kuartal pertama 2015 BlackBerry menghadirkan nuansa baru dengan menambahkan beberapa fitur baru di aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) yang dimiliki. Setelah sebelumnya BlackBerry berhasil membuat BBM lebih luas jangkauan penggunanya dengan menyediakan aplikasi lintas platform untuk Android dan iOS, sekarang BlackBerry akan semakin memanjakan para pengguna BBM dengan beberapa fitur tambahan. Sepertinya BlackBerry ingin tetap mempertahankan status BBM sebagai salah satu aplikasi instant messaging terpopuler di kalangan para pengguna smartphone di dunia.

FITUR BARU BBM VOICE DAN BBM CHANNEL

Loading...

BBM Voice termasuk sebagai salah satu fitur yang ditambahkan bagi para pengguna BBM agar dapat saling berkomunikasi melalui telepon secara gratis dengan catatan harus terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi. Selain itu, BlackBerry juga menambahkan fitur BBM Channel di aplikasi versi Android dan iOS. Seperti yang sudah diketahui bahwa fitur ini sebelumnya hanya bisa digunakan bagi para pengguna BlackBerry saja. Dengan adanya fitur ini, para pengguna BBM bisa membuat grup-grup sendiri dan mengundang teman-temannya untuk bergabung serta berinteraksi secara privasi didalamnya.

Fitur Terbaru BBM Android dan iOS
Fitur Terbaru BBM Android dan iOS (Sumber: Merdeka.Com)

IDENTIFIKASI BBM TANPA PIN?

Jika selama ini kita mengenal istilah PIN sebagai bentuk identifikasi para pengguna BBM, maka kemungkinan besar istilah ini tidak akan terdengar lagi. BlackBerry rencananya akan mengubah bentuk identifikasinya dari PIN menjadi nomor telepon, sama seperti apa yang sudah diterapkan oleh beberapa aplikasi instant messaging lainnya dengan menjadikan nomor telepon sebagai UserID.

Sekarang bagaimana dengan para pengguna BBM yang sudah memperoleh PIN? Apakah semua data kontaknya akan terhapus dengan sistem identifikasi baru BBM ini? Tenang saja, BlackBerry memastikan bahwa semua data yang sudah ada tidak akan hilang karena nantinya semua data tersebut akan disinkronisasi secara langsung.

Baca Juga:  Smartfren Pixcom Andromixx, HP Android Layar Gahar 5 Inci

INTEGRASI BBM DENGAN DROPBOX

Selain BBM Channel, BlackBerry juga akan menambahkan fasilitas layanan integrasi dengan DropBox pada aplikasi BBM versi Android dan iOS nya. Melalui layanan baru ini, para pengguna BBM dapat saling berbagi file, audio, video, foto, dan lain sebagainya. Tentunta dengan adanya fasilitas DropBox para pengguna BBM tidak perlu kuatir lagi jika ingin berbagi file berkapasitas besar.

Update terakhir yang dilakukan BlackBerry adalah dengan menambahkan 100 emoticon baru dalam aplikasi BBM nya. Tentunya dengan adanya penambahan emoticon ini akan membuat suasana komunikasi antar pengguna BBM lebih menyenangkan.

FITUR BARU BBM MENGANCAM PARA KOMPETITOR?

Sekarang pertanyaannya adalah apakah dengan adanya fitur-fitur baru BBM ini akan membuat para pengguna smartphone beralih dari WhatsApp, Line, Kakao Talk, dan WeChat ke BBM Voice? Memang untuk saat ini BBM masih belum bisa dibandingkan setara dengan beberapa aplikasi sejenis lainnya. Namun jika kedepannya BlackBerry terus melengkapi aplikasi BBM nya dengan fitur-fitur tambahan yang sifatnya akan dapat lebih memudahkan dan memanjakan para penggunanya, sepertinya ini akan tetap menjadi ancaman bagi para kompetitornya. So, kita lihat saja trennya nanti akan menjadi seperti apa. Selamat ber-BBM ria, PING!!! (DW)

Gambar Gravatar
Menerima Jasa Review Produk, Liputan Kegiatan, Berita Gadget dan Teknologi Terbaru, dan Perkembangan Startup Lokal. Info Kerjasama: 0811-56-1982 (Telp/WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *