Panduan Cara Menambang Bitcoin bagi Pemula

Layaknya sebuah emas dan batu permata yang bisa didapat dengan cara di tambang, Bitcoin juga bisa Anda dapatkan dengan cara menambang. Hanya saja diperlukan sebuah komputer dengan spesifikasi yang tinggi yang bisa di jadikan untuk menambang bitcoin. Dengan cara menyelesaikan soal matematika Anda akan mendapatkan hadiah Bitcoin dari sistem.

https://www.yukbisnis.com

Jumlah bitcoin yang bisa Anda tambah sebanyak 21 Juta Bitcoin (BTC) dan hingga saat ini perkiraan jumlah bitcoin yang sudah berhasil ditambang adalah 17 Juta Bitcoin. Jadi jika seseorang sudah berhasil menambang sebesar 21 Juta Bitcoin harus berhenti, karena para penambang tidak akan mendapatkan hadiah Bitcoin lagi.

Pasti terlintas di pikiran Anda, bagaimana cara menambang Bitcoin?

Untuk memulai menambang Bitcoin ada hal yang harus Anda persiapkan seperti sebuah perangkat yang digunakan untuk mining bitcoin dan lain-lain.

Berikut ini penjelasan detail mengenai apa saja yang harus Anda siapkan untuk memulai menambang.

1. Wallet BitCoin

Wallet bitcoin atau dompet bitcoin adalah sebuah tempat yang akan dijadikan tempat untuk menampung Bitcoin yang sudah Anda dapatkan dari hasil menambang. Ada banyak perusahaan besar yang menyediakan jasa Wallet Bitcoin. Tentu setiap perusahaan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jadi sebelum Anda menentukan ada baiknya mencari referensi dari penambang lain yang lebih berpengalaman. Jangan sampai Anda salah dalam milih, karena akibatnya bisa fatal. Bitcoin yang sudah Anda tampung bisa hilang apabila Anda salah dalam memilih wadah penampungannya.

Loading...

Berikut ada beberapa contoh cara menambang bitcoin menggunakan Wallet Bitcoin: Blockchain, Bitcoin.co.id, Coinbase, Bitx, Xapo, dan lain-lain.

2. Komputer atau Laptop

Komputer atau laptop menjadi hal penting, karena perangkat tersebut yang dijadikan pertambangan Bitcoin. Anda harus mempersiapkan sebuah komputer atau laptop dengan spesifikasi dewa untuk melakukan penambangan bitcoin. Karena dalam proses menambang dibutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: 10 Laptop ASUS Terbaik Tahun 2017

Mengenai spesifikasi minimal untuk menambang memanglah belum bisa dipastikan. Namun banyak yang menyarankan untuk menggunakan komputer atau laptop AMD. Processor AMD mempunyai kinerja yang lebih bagus dan bisa hidup dalam waktu yang lama. Hal ini yang dijadikan Komputer atau laptop AMD dijadikan sebagai alat menambang

3. Software Pertambangan atau Miner Software

Sebuah software atau miner software sangat berguna sebagai alat untuk melakukan mining bitcoin. Karena software ini mempunyai tugas untuk memberikan pekerjaan kepada perangkat keras mining ke Bitcoin lainnya dan sebagai penerima pekerjaan yang sudah diselesaikan oleh miner lainnya di jaringan.

Software mining Bitcoin memantau masukan dan keluaran dari miner serta menampilkan statistik lainnya seperti hashrate, kecepatan penambangan, suhu dan kecepatan kipas dalam perangkat komputer yang digunakan untuk menambang.

Ada beberapa software mining Bitcoin yang biasa digunakan para penambang, seperti: GUI Miner, BTC Miner, Bitcoin Miner, BGF Miner, CGMiner, dan lain-lain.

4. VGA Card / Kartu Grafis

VGA Card atau kartu grafis berperan penting dalam menambang Bitcoin karena berfungsi sebagai pemecah kode enkripsi. Jadi dalam memilih VGA Card haruslah jeli dan mempunyai kemampuan yang bagus, jangan gunakan VGA bawaan dari Mohterboard. Pilihlah kartu grafis atau VGA Card seperti NVidia atau AMD Radeon yang sudah terbukti akan kualitasnya.

5. Pool Mining

Jika Anda mining dengan Pool, Pool mining ini sangatlah berguna dan bisa mempertemukan Anda dengan para Miner lainnya untuk bersama-sama memecahkan sebuah algoritma untuk menambang Bitcoin.

6. Pendingin atau Cooling

Alat satu ini juga sangat penting dalam penambangan Bitcoin yaitu pendingin, karena kinerja komputer yang sangat berat bisa mengakibatkan hardware di dalamnya cepat panas. Jadi penambahan pendingin pada komputer sangatlah penting supaya komputer yang digunakan untuk menambang tidak Overhead dan mati.

7. Aplikasi Hardware Monitoring

Aplikasi hardware monitoring berfungsi untuk memantau suhu pada komputer atau laptop yang digunakan untuk mining bitcoin. Karena suhu komputer bisa sangat panas apabila digunakan untuk menambang bitcoin.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut maka Anda bisa memantau terus perkembangan suhu komputer atau laptop Anda. Jadi jika suatu saat laptop atau komputer Anda mencapai suhu 70-80 derajat, bisa langsung menghentikan kegiatan mining bitcoin hingga suhu komputer kembali normal.

Baca Juga: ASUS Luncurkan 3 Seri ROG Strix Terbaru 2018

Berikut beberapa aplikasi hardware monitoring yang bisa Anda gunakan untuk memantau suhu komputer, antara lain: Real Temp, CPU TempWatch, CPU Thermometer, HWM Monitor, Sensor View Pro, dan lain-lain.

8. Koneksi Internet

Sebuah koneksi internet sangatlah penting dalam melakukan miner bitcoin karena semuanya dilakukan secara Online, jadi jika tidak ada koneksi otomatis kegiatan penambangan tidak bisa dilakukan. Disarankan menggunakan koneksi jaringan yang stabil jangan bisa menggunakan Fiber Optic salah satunya.

Demikian beberapa panduan menambang bitcoin untuk pemula, ada baiknya sebelum melakukan hal tersebut lebih baik riset dan berguru kepada orang yang lebih paham mengenai Bitcoin. Karena kasus penipuan bitcoin sangatlah banyak jadi jangan sampai Anda tertipu iming-iming dengan cepat mendapatkan bitcoin. (ADV)

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
Masukkan Alamat Email Anda untuk Berlangganan Artikel Terbaru
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #