Oh Tidak, Blogger Borneo di Hack…

Diposting pada

Sebuah peristiwa kurang menyenangkan saya alami sepulangnya dari habis memberikan materi presentasi dalam kegiatan Ngabubur-IT dan Buka Puasa Bersama Komunitas BELETER (Blogger en Netter) Pontianak yang diselenggarakan di Ruang Aula Pertemuan Telkom Speedy Pontianak beberapa hari yang lalu (Sabtu, 13 Agustus 2011). Maksud hati ingin melihat update perkembangan blog, eh ternyata pemandangan aneh yang muncul di halaman blog milik saya yaitu Blogger Borneo. Dalam hati saya langsung merespon, wah kena hack nih blog. Langsung berinisiatif memeriksa wp-admin dan cpanel hostingnya, Alhamdulillah password masuknya tidak diubah dan semua file database yang tersimpan didalamnya masih lengkap tanpa kurang satupun.

Mulai mencari solusi dengan menghubungi teman-teman via facebook dimana langkah pertama yang harus diambil adalah menghubungi pihak penyedia jasa hostingnya. Klarifikasi kasus via Yahoo Messenger dengan teknisinya dan dalam waktu kurang dari 10 menit tampilan blog saya sudah kembali seperti semula. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan saya adalah siapa sih yang iseng mengubah tampilan blog saya yang tampak “tidak berdosa” itu?. Diantara blog-blog yang cukup terkenal kenapa mesti blog saya yang harus menjadi korban?. Mengutip kalimat yang biasa diucapkan oleh Bang Rhoma Irama, TERR..LALUU… Hehehe…

Kebetulan punya seorang sahabat yang paham dengan security web, konfirmasi via handphone untuk meminta bantuan mengatasinya dan selang beberapa jam kemudian review kasus yang menimpa Blogger Borneo sudah saya terima via email. Hhmm… dari jejak yang ditinggalkan dapat diketahui link alamat cracker nya adalah . Sebenarnya masih ada link lain yang diindikasikan sebagai penyusupnya, cuma sengaja tidak saya ungkapkan disini karena tingkat kerusakan yang dihasilkan tidak terlalu fatal. Ternyata selama bulan Agustus 2011, sudah sekitar puluhan blog yang disusupinya. Saya sendiri ada beberapa blog yang juga ikut menjadi korban, tapi Alhamdulillah saat ini semuanya sudah clear. Setelah itu saatnya berbenah dengan mengganti semua password yang selama ini dipakai, mungkin pengalaman yang saya alami dapat menjadi pelajaran bagi rekan-rekan semuanya. Finally, thanks’s very much for my best friend. Nice job bro… (DW)

0 thoughts on “Oh Tidak, Blogger Borneo di Hack…

  1. hebat juga si cracker itu…
    tapi mantaplah dia cuma unjuk gigi..
    tidak berniat merusak lebih jauh…

    happy blogging master!

  2. Bukan WP nya yang rentan bro tapi themes dan plugin yang dipakai biasanya ada celah sehingga crackernya masuk lewat situ. Kalau untuk WP sendiri sih dibandingkan dengan Joomla security nya lebih baik. Maka harus hati-hati juga kalau mau memilih themes yang gratisan atau penggunaan plugin yang ngga jelas. Trims…

  3. wah sabar ya kang wahyudi, saya memang sempet buka situs ini pada 16-17 agustus, ternyata tampilannya sama kayak yg diatas.Banyak koq kejadian serupa yang saya temukan.

  4. kemarin waktu acara itu, saya coba akses blog ini dan ternyata sudah tampil seperti gambar diatas. Tadinya mo bilang ke mas Dwi, eh kelupaan… keburu kesenengan dapat doorprize.. hehehe

    tapi syukur deh, semuanya bisa terkendali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *