Es Kepal Milo, Bentuk Nyata Adopsi Bisnis dari Negara Tetangga

Mulai bermunculannya gerai-gerai bertuliskan Es Kepal Milo di beberapa lokasi di kawasan kota Pontianak dan sekitarnya telah menunjukkan bahwa tak lagi jenis usaha ini akan menjadi ramai dan tren nantinya. Sebenarnya darimana nama ini bermula, baca ulasan selengkapnya disini.

https://www.yukbisnis.com

Kurang lebih hampir dua bulan Blogger Borneo memperhatikan kemunculan beberapa stand bertuliskan “Es Kepal Milo” ini. Jika awal mulanya hanya ada beberapa stand saja mengisi beberapa titik lokasi di kawasan kota Pontianak dan sekitarnya, sekarang sepertinya jumlahnya sudah semakin banyak. Sepertinya era Thai Tea sudah mulai meredup, siap-siap untuk beralih ke jenis usaha baru dan berganti baju.

Melihat fenomena yang terus berulang dari tahun ke tahun, Blogger Borneo tidak bisa memastikan apakah jenis bisnis ini nantinya juga akan bisa bertahan lama atau tidak. Ya kita tahu sendiri bagaimana beberapa nama sebelumnya juga sudah pernah muncul dan ramai dijual disini. Mulai dari Roti Bakar, Nira Tela, Es Teler, Capuccino Cincau, dan terakhir Thai Tea.

Dalam waktu cukup singkat, nama mereka langsung muncul dan menjadi tren bisnis hampir di seluruh penjuru kota. Sepertinya memang tidak sulit untuk memiliki sebuah usaha di negeri ini, cukup lakukan tiga hal, yaitu ATM alias Amati, Tiru, dan Modifikasi. Namun apakah dalam proses pengembangan bisnisnya juga semudah memulainya??? Silahkan melihat hasil akhirnya selama ini seperti apa.

ASAL MULA KEMUNCULAN ES KEPAL MILO

Oke, demikian sedikit pengantar yang ingin disampaikan. Semoga bisa memberikan pemahaman bagi kawan-kawan bahwa menjaga usaha terus bisa eksis itu tidaklah mudah. Apalagi jika bisnis tersebut sangat mudah untuk diduplikasi dan ketersediaan bahan bakunya cukup mudah untuk diperoleh. Salah satu contohnya adalah bisnis Es Kepal Milo ini.

Sekarang Blogger Borneo ingin membahas mengenai asal mula munculnya jenis usaha ini di Pontianak khususnya atau bahkan di Indonesia umumnya. Aseli, sepertinya nama ini memang benar-benar cukup baru terdengar di telinga kita. Merasa penasaran dengan asal muasal kemunculan produk Es Kepal Milo ini, Blogger Borneo pun mencoba mencari informasinya dari Google. Alhamdulillah dari laman online miliknya Inovasee.Com, Jum’at (04/05/2018), informasi yang diinginkan tersaji dengan cukup lengkap.

ADOPSI DARI NEGARA TETANGGA

Loading...

Baru tahu dari tulisan tersebut, ternyata kisah munculnya nama Es Kepal Milo ini bermula dari Gerai Ais Kepal Milo Tok Abah yang ada di Kuala Kangsar. Gerai yang dimiliki oleh sepasang suami istri bernama Saed Lamin dan Shariah Hashim ini memang dikenal sebagai penjual minuman ringan sejak tiga tahun sebelumnya.

Pada akhir tahun 2017, pasangan pengusaha minuman ringan Saed Lamin dan Shariah Hashim mengkreasikan minuman berbahan milo. Untuk diketahui, di Malaysia Milo memang sangat digemari. Mereka menyajikan milo kental bersama es serut.

Sejak kemunculan Ais Kepal Milo, gerai mereka kian ramai dikunjungi pembeli. Apalagi setelah salah seorang pengunjung menggunggah video penyajian Ais Kepal ini di channel YouTube miliknya, gerai milik Saed Lamin pun semakin viral. Bahkan antrian tetap panjang meski pada hari-hari kerja. Tak hanya warga lokal, media-media pun mulai menyoroti Ais Kepal Tok Abah.

MASUK INDONESIA DAN MENJADI VIRAL

Keberadaan video Ais Kepal Milo ini langsung menarik perhatian pasangan pengusaha muda asal Yogyakarta bernama Danang Arryo Dempo Wiguno dan Rara. Setelah menyaksikan video tersebut, mereka sangat berminat dan memutuskan untuk mengadopsi bisnis Ais Kepal ini ke Indonesia. Tepat pada bulan Maret 2018, mereka pun membuka usaha ini dan masih menebeng pada lapak warung mi ayam milik mertuanya yang berada di halaman rumah.

Ketika pertama diperkenalkan, pelanggan es kepal ini kebanyakan masih anak-anak di sekitaran kompleks perumahannya saja. Per harinya baru hanya sekitar 10 gelas es kepal yang terjual. Gerai es ini sendiri bisa ditemui di Jalan Surami, Mantrijeron, Yogyakarta.

MENJADI VIRAL BERKAT JASA FOOD BLOGGER

Tiba pada satu waktu, salah seorang food blogger di Yogyakarta mempopulerkannya. Es Kepal Milo pun jadi booming diminati oleh para pemburu kuliner kontemporer yang kemudian juga diikuti oleh kota-kota lainnya. Di Jakarta, Es Kepal Milo langsung menjadi viral pada awal bulan April.

Khusus untuk kota Pontianak sendiri, usaha Es Kepal Milo ini baru masuk di sekitaran bulan April 2018. Dan seperti apa yang sudah dijelaskan pada awal tulisan bahwa keberadaan jumlah penjualnya terus bertambah. Mengenai mekanisme membuka usahanya, sepertinya ada yang menggunakan sistem franchise dan ada yang secara mandiri karena sebenarnya cara membuat Es Kepal Milo ini cukup mudah.

Cara Membuat Es Kepal Milo

Jika diantara kawan-kawan ada yang ingin mencoba untuk membuat Es Kepal Milo sendiri, maka bahan baku yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah: Es Batu, Milo Bubuk, Susu Kental Manis Cokelat, dan Aneka Toping Pilihan.

Ais Kepal Milo
Image: Phinemo.Com

Tahap Pertama:

Es batu yang berbentuk cube atau balok bisa diserut halus atau ditumbuk hingga menjadi pecahan kecil, lalu diblender hingga halus. Setelah halus, lalu bentuk es menjadi kepalan. Membentuknya bisa dengan cara memasukan es yang sudah halus ke dalam plastik, lalu dipadatkan hingga berbentuk bola. Kemudian taruh kepalan es tersebut di atas mangkok atau gelas saji.

Tahap Kedua:

Selanjutnya siapkan bahan baku berikutnya yaitu Milo Bubuk. Tuangkan Milo Bubuk tersebut kedalam satu wadah, lalu tambahkan sekitar tiga sendok air panas atau hingga Milo Bubuk berbentuk seperti fla atau pasta. Sesuaikan jumlah Milo Bubuk yang dicampur sesuai selera.

Tahap Ketiga:

Proses berikutnya adalah mencampurkan susu kental manis sebanyak 220 gram untuk 10 sachet Milo Bubuk kemasan 18 gram atau sesuai selera. Tambahkan susu kental manis ke dalam pasta milo, agar rasanya lebih manis dan pasta milo terlihat lebih kental. Setelah pasta milo dan susu kental manis membentuk fla kental yang sempurna, tuangkan adonan tersebut keatas es serut kepal yang sudah dibuat diawal tadi. Tuangkan hingga menyelimuti permukaan es kepal atau sebanyak selera.

Tahap Keempat:

Nah, untuk proses yang terakhir kita dapat memberikan toping dengan berbagai alternatif sesuai keinginan di bagian atas Es Kepal Milo yang baru saja dibuat. Semakin menarik toping yang digunakan akan membuat semakin penasaran untuk mencobanya. So, tunggu apalagi. Buruan pergi belanja kebutuhan bahan bakunya dan bikin secepatnya. Jangan lupa kalau sudah jadi, kirim ke rumah ya… (DW)

Referensi:

  • https://food.idntimes.com/recipe/siti-julaeha/lagi-viral-ternyata-ini-cara-gampang-bikin-es-kepal-milo-di-rumah-c1c2/full
  • https://www.inovasee.com/asal-usul-es-kepal-milo-38437/
  • https://phinemo.com/sejarah-ais-kepal-milo-di-indonesia/
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
Masukkan Alamat Email Anda untuk Berlangganan Artikel Terbaru
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #