Cara Memasang Kode Google Analytics di Blog Bagian Pertama

Diposting pada

Mungkin bagi seorang blogger pemula seperti saya, menggunakan fasilitas Google Analytics di blog Blogger Borneo masih tergolong hal yang baru saya lakukan. Kebetulan ada bocoran informasi dari teman-teman bahwa dengan menggunakan salah satu fasilitas Google tersebut maka kita sebagai pemilik atau pengelola sebuah blog dapat menganalisa trafik kunjungan yang dihasilkan dalam bentuk grafik. Laporan yang dihasilkan dapat dalam kurun waktu harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Selain itu, Google Analytics dapat juga dimanfaatkan untuk menganalisa hasil pencarian sebuah kata kunci (keywords) atau yang lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Hhmm… menarik sekali fungsi dari Google Analytics ini, mungkin ada diantara teman-teman yang mau tahu bagaimana cara memasang dan menggunakan fasilitas ini dapat langsung melihat tampilan screenshotnya dibawah.

Untuk catatan awal bahwa sebelum kita melakukan proses pendaftaran kita harus memiliki sebuah akun email di gmail. Kalau sudah ada bisa langsung menuju halaman ini dan klik menu Sign Up Now.

Isikan data-data akun email Gmail kita dan klik Sign In.

Klik tombol Sign Up pada kolom Sign Up for Google Analytics.

Nah, isikan data-data yang diminta seperti yang tampak pada gambar dibawah ini. Jika sudah diisi semua klik tombol Continue untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tampilan Accept User Aggrement akan muncul, centang kotak pilihan yang menunjukkan bahwa kita setuju dengan semua pernyataan ketentuan yang diberikan. Klik tombol Create New Account untuk memperoleh kode Google Analytics yang akan dipasang di blog kita.

Akun Google Analytics untuk blog kita telah selesai dibuat. Sekarang copy semua kode yang ditampilkan dan pasang diatas kode HTML header blog kita, paste kodenya diatas tag </head> dan simpan. Sampai disini proses pemasangan kode Google Analytics di blog kita telah selesai dilakukan. Untuk proses selanjutnya silahkan baca tulisan saya berikutnya mengenai Cara Memasang Kode Google Analytics di Blog Bagian Kedua. (DW)

 

 

 

21 thoughts on “Cara Memasang Kode Google Analytics di Blog Bagian Pertama

  1. salam sahabat, mantap mas tutorialnya perlu di praktekkan kebetulan artikel ini yang saya cari……, tks ya mas postingannya & kren

    kapan lagi nih ada seminar mas

    1. Ya memang ngga ada tampilannya bro, kode analytic tsb sifatnya hanya menyisip di file html blog kita jadi bukan utk ditampakkan bentuknya seperti apa. Kalau mau lihat progressnya ya di tampilan Google Analyticsnya lah, begitu. Thanks…

    1. Memang butuh waktu minimal 1×24 jam bro baru bisa kelihatan hasilnya, tapi kode scriptnya udah dipasang di HTML blog kan? Kalau ngga dipasang saya jamin ngga bisa digunakan bro, wong itu script analyticsnya. Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *