Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri merupakan sebuah slogan yang saat ini sedang digaungkan oleh Rektor Universitas Tanjungpura. Sebagai salah seorang alumni almamater UNTAN, khususnya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Tahun Angkatan 2000, Blogger Borneo merasa bangga dengan perkembangan serta kemajuan yang dicapai selama ini.

https://www.yukbisnis.com

Bersama UNTAN Membangun Negeri – Tidak terasa kurang lebih 12 tahun menjadi alumni (Blogger Borneo menyelesaikan kuliah pada tahun 2005), begitu banyak perubahan yang telah dilakukan. Salah satu diantaranya adalah dengan berdirinya Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak. Sepertinya untuk saat sekarang ini, perubahan yang dialami UNTAN tidak terlepas dari peran besar Rektor Untan terpilih yaitu Bapak Profesor Thamrin Usman DEA. Demi tujuannya untuk membangun negeri, Beliau memiliki target membuat UNTAN menjadi lebih baik.

Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi negeri di Nusantara yang berbentuk Universitas, dinaungi oleh dikti dan termasuk kedalam kopertis wilayah 0. Perguruan Tinggi ini telah berdiri sejak tahun 6 Mei 1963 dengan Nomor Surat Keputusan PT 53 Tahun 1963 dan Tanggal Surat Keputusan PT 16 Mei 1963. UNTAN berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat.

BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI

Jika diperhatikan, sekarang UNTAN sedang dalam proses pembangunan gedung 7 in 1 yang sumber dananya berasal dari Islamic Development Bank (IDB). Menurut info dilansir dari laman TheTanjungpuraTimes.Com, Sabtu (30/12/2017), proses pembangunan ini akan selesai pada September 2018. Ditargetkan akan ada 5 (lima) bangunan yang selesai terlebih dahulu, antara lain:

  • 1 Unit Gedung Tiga Lantai;
  • 1 Unit Perpustakaan Modern;
  • 1 Unit Gedung Serbaguna Tiga Lantai;
  • 2 Unit Classroom Tiga Lantai; dan
  • 1 Unit Gedung Laboratorium Terpadu Empat Lantai.

Khusus untuk perpustakaan sendiri, demi mencapai tujuan Bersama UNTAN Membangun Negeri maka pemanfaatannya nanti akan difokuskan untuk para mahasiswa dan pihak internal UNTAN sendiri. Dan sumber-sumber referensinya akan juga dilengkapi dalam versi softcopy.

Proyek Pembangunan 7 in 1 Universitas Tanjungpura
Image: Dok. Pribadi
Loading...

INFO SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNTAN

Dalam rangka kelancaran proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Tanjungpura Tahun Akademik 2018, maka pihak UNTAN telah menyampaikan beberapa info berkenaan dengan seleksi SNMPTN dan SBMPTN 2018.

SNMPTN 2018

Demi menjadi bagian dari slogan Bersama UNTAN Membangun Negeri, para calon mahasiswa bisa masuk melalui jalur SNMPTN 2018. Jalur SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pada SNMPTN, seleksi dilakukan tanpa tes tertulis, tetapi berdasarkan komponen prestasi yang diraih siswa selama di sekolah. Sebelumnya, jalur ini dikenal dengan SNMPTN Undangan.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2018:

  • Pengisian dan Verifikasi PDSS: 13 Januari – 10 Februari 2018.
  • Pendaftaran SNMPTN: 21 Februari – 6 Maret 2018.
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 17 April 2018.

Catatan: Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi dilaksanakan hari Selasa, 8 Mei 2018 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tulis SBMPTN 2018).

SBMPTN 2018

SBMPTN 2018 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC atau UTBK, atau kombinasi hasil ujian tulis dan/atau ujian keterampilan.

Info lengkap mengenai proses seleksi penerimaan mahasiswa baru UNTAN 2018 dapat dilihat di laman snmptn.ac.id dan sbmptn.ac.id.

Bersama Untan Membangun Negeri
Image: Dok. Pribadi

Daftar UNTAN Jalur Mandiri 2018

Seleksi Mandiri Untan 2018 adalah seleksi yang dilakukan oleh Universitas Tanjungpura menggunakan metode ujian tertulis atau kombinasi ujian tulis dan ujian keterampilan.  Ujian tulis dalam bentuk Paper Based Testing (PBT) dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi yang meliuti potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang studi sains dan teknologi (Saintek), dan/atau social humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tulis (PBT) peserta yang memilih program ilmu seni tari dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Informasi Seleksi Mandiri Untan 2018 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pendaftaran, jenis ujian, kelompok dan materi ujian, pilihan program studi, biaya seleksi, dan jadwal ujian. Secara rinci, informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri Untan 2018 dimuat dalam panduan yang dapat diakses di laman resmi http://scmb.untan.ac.id

Beasiswa Bidikmisi UNTAN 2018

BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut:

  • Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal(mandiri) pada salah satu Perguruan Tinggi.
  • Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa).
  • Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi.
  • Subsidi biaya hidup minimal Rp. 650.000,- per bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah.
  • Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima Bidikmisi diluar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@dikti.go.id

UPDATE PERINGKAT UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Mengenai data peringkat perguruan tinggi di Indonesia yang dilansir dari laman Ranking Web of Universities miliknya WeboMetrics.Info, per Januari 2018 Universitas Tanjungpura berada di urutan peringkat ke 40. Posisi ini mengalami peningkatan dari data terakhir dimana Bersama UNTAN Membangun Negeri masih berada di urutan 51.

Di zona Kalimantan, ada beberapa perguruan tinggi dalam urutan 200 besar Indonesia, diawali dengan Universitas Tanjungpura pada urutan 40, Universitas Borneo Tarakan urutan 98, Universitas Mulawarman urutan 118, dan Universitas Palangka Raya urutan 130. Adapun untuk zona Asia Tenggara, Untan berada pada posisi 1.526 dan berada pada posisi 4.685 dunia.

PRESTASI MAHASISWA UNTAN

Bulan Maret 2018
Prestasi Mahasiswa UNTAN - Juara 3 LKTI Nasional 2018
Image: www.untan.ac.id

Dalam kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Program Studi Matematika Universitas Muhammadiyah Malang, tiga mahasiswa dari Program Studi Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura berhasil menyabet juara 3. Adapun judul yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Pendekatan Regresi Linier Berganda untuk Analisis Tingkat Kekeruhan Akhir pada Air Baku PDAM Tirta Khatulistiwa”.

Bulan Januari 2018
Prestasi Mahasiswa Untan - Juara 2 Karya Tulis Ilmiah ITB 2018
Image: www.untan.ac.id

Dalam kompetisi lomba karya ilmiah nasional yang bertemakan “Agricultural Farming System Competition AGRIFASCO 2018“, mahasiswa Ilmu dan Teknologi Fakultas Pertanian UNTAN yang diwakili oleh Gwen Sahara Desfanny dan Dinda Chandra Anggrayni berhasil menyabet juara ke-2 karya tulis ilmiah dalam rangka Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Kompetisi ini diselenggarakan di ITB dari tanggal 19-22 Januari 2018 dan diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia.

Bulan Desember 2017
Prestasi Mahasiswa Untan - Juara 3 LKP Tingkat Umum Kalbar 2017
Image: www.untan.ac.id

Dalam kompetisi Lomba Karya Perekayasaan (LKP) Tingkat Umum se-Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalbar, mahasiswa Teknik Lingkungan UNTAN berhasil menyabet juara 3. Pada kompetisi ini, alat yang dibuat oleh tim ini adalah alat portabel pengolah air sungai atau air sumur menjadi air bersih siap minum dengan teknologi UV. Alat merupakan karya mahasiswa dalam mata kuliah Rekayasa Lingkungan Berbasis Masyarakat (RLBM) yang merupakan mata kuliah keahlian berkarya dengan muatan lokal.

BANGGA SEBAGAI ALUMNI UNTAN

Ketiga prestasi diatas merupakan beberapa prestasi terbaru yang berhasil diraih oleh para mahasiswa UNTAN. Masih banyak lagi daftar prestasi yang telah ditorehkan sejak universitas negeri di Pontianak ini berdiri. Tentu saja sebagai salah satu almamater UNTAN Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Tahun 2000-2005, Blogger Borneo turut merasa bangga dengan kenaikan posisi ini.

Diharapkan untuk kedepannya dari Universitas Tanjungpura terus melahirkan lulusan-lulusan terbaik sehingga slogan Bersama UNTAN Membangun Negeri bisa tercapai sesuai harapan dan keinginan seluruh civitas akademik. Amin… (DW)

Referensi:

  • http://snmptn.ac.id/
  • http://untan.ac.id
  • http://www.sbmptn.ac.id/?mid=1
  • http://www.biayaukt.com/biaya-kuliah-untan/
  • https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  • http://www.webometrics.info/en/node/200
  • http://jdih.ristekdikti.go.id/view-file/?id=03c9863f-cc52-4b5d-a026-475fd39607bd
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
Masukkan Alamat Email Anda untuk Berlangganan Artikel Terbaru
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #