9 Tips Membawakan Presentasi Bisnis

Membuka presentasi dengan baik merupakan langkah awal kesuksesan sebuah presentasi. Pembukaan yang baik akan menarik perhatian audiens. Apa yang Anda sampaikan di awal ketika membuka presentasi akan menjadi informasi yang paling diingat.

https://www.yukbisnis.com

Untuk memaparkan dan menjelaskan sebuah konsep kepada hadirin diperlukan presentasi. Presentasi biasanya ditampilkan dalam bentuk Microsoft Power Point. Seorang pembicara dengan presentasi yang baik memang bukan hanya sekedar kemampuan pembicara untuk menguasai materi yang akan disampaikannya, beberapa faktor teknis juga turut mempengaruhi kualitas penampilan saat presentasi.

Perlu Anda ketahui, salah satu tolak ukur kesuksesan dalam membuat dan membawakan presentasi bisnis adalah adanya ketertarikan dan keterlibatan audiens dalam presentasi. Dan harus kita akui untuk bisa membuat audiens tertarik dan terlibat dalam presentasi bisnis tidak mudah. Tapi bukan berarti itu tidak bisa dipelajari dan dilatih.

Kesalahan yang paling sering terjadi dalam hal delivery adalah orang berpresentasi seakan-akan menyampaikan sebuah monolog. Dalam artian, mereka hanya maju ke depan dan menyampaikan (kalau tidak membacakan) isi konten mereka tanpa benar-benar memperhatikan audiens yang ada.

9 TIPS MEMBAWAKAN PRESENTASI BISNIS

1. Kuasai Materi

Menguasai materi artinya anda dapat memilih materi yang Anda harus tekankan dan materi yang dapat dihilangkan agar membuat presentasi menjadi lebih efektif. Penguasaan materi ini membuat kita menjadi lebih nyaman pada saat presentasi dan membuat presentasi berjalan dengan baik.

2. Jiwai Materi yang Anda Bawakan
Loading...

Membawakan presentasi bisnis tidaklah sama seperti membacakan puisi, Anda tidak perlu anda menghafal materi yang anda bawakan, setiap presentasi membutuhkan 2 hal yakni harus hidup dan memiliki energi. Hal ini akan anda peroleh jika anda menjiwai materi yang Anda bawakan.

3. Lakukan Simulasi Presentasi Anda

Sebelum berpresentasi, ada baiknya anda melakukan simulasi presentasinya terlebih dahulu. Jika memungkinkan undang rekan anda pada saat simulasi dan mintalah pendapat mereka dengan jujur, tentang performa Anda pada saat presentasi. Tidak ada salahnya jika anda terus mengulang agar memperoleh kesempurnaan.

4. Kuasai Ruangan Presentasi Anda

Usahakan datang sebelum presentasi. Berjalanlah diseluruh ruangan agar anda dapat menentukan view yang paling tepat buat anda ketika berpresentasi.

5. Kuasai Peralatan Anda Saat Presentasi

Pastikan sound system berjalan dengan sempurna, juga pastikan LCD anda dapat menampilkan presentasi anda dengan sempurna, tidak ada salahnya anda juga mengecek saklar lampu untuk memastikan seluruh bahan presentasi anda dapat terlihat dengan sempurna.

6. Simpan Bahan Presentasi Anda dalam Disk Drive

Walau terlihat sepele, pastikan anda menyimpan semua file didalam diskdrive, menyimpannya dalam floopy, flash disc ataupun CD kadang membuat running presentasi anda menjadi lebih lambat.

7. Gunakan Remote Control

Jangan kaku berdiri di stage dan jangan selalu berada disamping laptop dan LCD yang anda gunakan. Anda harus berada pada posisi dimana semua audiens dapat melihat anda dengan jelas, makanya tidak ada salahnya anda menggunakan remote control. Tapi bukan berarti jika anda menggunakan remote anda bebas untuk berkeliling pada saat presentasi, hal tersebut hanya memecah konsentrasi audiens anda.

8. Hindari Penggunaan Laser Pointer

Penggunaan laser pointer dapat memecah konsentrasi audiens anda, Apalagi pada saat anda mengalami kegugupan, penggunaan laser pointer malah jadi tidak efektif. Lebih baik anda menggunakan handout pada materi2 yang ingin anda tampilkan.

9. Jangan Berbicara pada Slide yang Anda Buat

Banyak presenter yang lebih melihat pada slide yang nyata-nyata telah mereka ketahui isinya daripada melihat audiens. Sebaiknya anda fokuskan mata dan perhatian anda kepada audiens, perbanyak kontak mata akan membuat presentasi anda menjadi lebih menarik. (Diambil dari berbagai sumber).

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
BERLANGGANAN ARTIKEL TERBARU
Masukkan Alamat Email Anda untuk Berlangganan Artikel Terbaru
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #