8 Cara Mudah Memperoleh Backlink Gratis

Diposting pada

Dalam dunia maya, backlink merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan nilai jual sebuah blog. Mulai dari Google Pagerank sampai dengan Alexa Rank menjadikan backlink sebagai salah satu parameter untuk melihat popularitas blog tersebut. Ada dua macam pilihan cara yang bisa digunakan untuk menaikkan backlink, yaitu menggunakan Sistem Bayar (Proses Cepat dan Mudah) atau Sistem Gratis (Proses Agak Lama dan Mesti Banyak Usaha). Kalau menggunakan sistem bayar, Anda tinggal mengeluarkan uang untuk membeli daftar link yang akan dipasang link website/blognya. Sedangkan untuk sistem gratis, Anda harus melakukan proses index backlink nya secara manual alias sendiri.

Oke, dibawah ini saya berikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh backlink secara cuma-cuma. Memang proses yang dibutuhkan agak lama, namun jika Anda tekun dan ulet saya yakin dalam waktu tidak terlalu lama proses index backlink Anda akan berhasil. Langsung ke inti pembahasan, cara-cara tersebut meliputi:

1.  Komentar pada Blog Do Follow

Ada beberapa blog bersedia untuk menghilangkan attribute No Follow dari blognya. Dengan begitu, mereka telah memberikan kesempatan kepada para pembaca blognya untuk bisa mendapatkan backlink dari komentar yang telah diberikan. Hal ini tentunya juga akan membantu menaikkan jumlah komentar sekaligus trafik blog mereka.

2. Gunakan Fasilitas Submission Directory

Daftarkan situsmu pada situs submission directory, tapi jangan ke sembarang direktori ya karena ada beberapa diantaranya akan “menjebak” Anda. Anda bisa menggunakan jasa Entire Web atau Submit Express, untuk lebih lengkapnya cukup ketikkan Free Submission Directory di Google.

3. Bergabung dalam Forum Signature

Bergabung dan aktiflah di forum yang sesuai dengan topik blogmu, kemudian buat link signature dibagian bawahnya. Hal ini akan mendorong orang untuk mengunjungi balik link signature tersebut. Usahakan link signature yang dibuat memiliki kata-kata yang bernuansa unik dan bombastis. Banyak meminta masukan dan saran dapat menjadi alternatif untuk memancing orang memberikan komentarnya. Dengan begitu otomatis backlink yang akan diperoleh juga banyak, tapi jangan sekali-kali menggunakan cara spam.

4. Link Exchange (Tukaran Link)

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukan ini dengan mengunjungi sebuah blog yang sesuai dengan tema blog Anda, kemudian tinggalkan pesan mengenai penawaran untuk bertukar link. Kebetulan saya juga menerapkan hal yang sama, bagi pembaca yang ingin bertukar link bisa langsung menuju halaman Exchange Link.

5. Gunakan Social Media

Beberapa social media seperti: facebook, twitter, LinkedIn, dan lain-lain saat ini dapat digunakan sebagai media promosi yang efisien. Perkembangan penggunaan social media tersebut yang sekarang sedang booming menyebabkan Anda tidak perlu lagi susah payah mencari orang yang menjadi target promosi Anda. Begitu Anda selesai membuat postingan di blog, langsung update status social media Anda dengan judul tulisan yang dibuat. Bagi yang tertarik akan langsung mengklik status tersebut dan terbentuklah backlink Anda.

6. Submit Artikel ke Blog Komunitas

Blog komunitas memang dibuat sebagai sarana “unjuk gigi” para anggotanya, oleh karena itu buatlah artikel-artikel semenarik mungkin dan submit ke blog komunitas tersebut. Pada umumnya masing-masing daerah memiliki blog komunitas seperti: Komunitas Blogger Pontianak, Komunitas Blogger Pekanbaru, Komunitas Blogger Semarang, Komunitas Blogger Solo, dan masih banyak komunitas-komunitas blog yang lain.

7. Mendaftar ke Search Engine

Para pengunjung internet yang ingin mencari informasi pasti akan menggunakan jasa search engine seperti: Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain sebagai alat bantu mereka. Agar blog Anda bisa terdeteksi oleh search engine tersebut, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pendaftaran. Jika Anda ingin tahu bagaimana caranya, silahkan melihat tulisan saya yang lain dengan judul Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine.

8. Melakukan Promosi Secara Offline

Selain secara online, Anda dapat juga menggunakan media offline untuk memperkenalkan alamat blog Anda ke orang banyak. Dapat dengan membuat tulisan link blog Anda di Topi, Baju Kaos, T-Shirt, dan lain-lain. Memang diperlukan sedikit modal untuk menggunakan cara offline ini. Saya sendiri menggunakan cara yang paling murah meriah yaitu membuat stiker berbahan scottlight warna perak yang kemudian saya bagikan ke teman-teman. Biar lebih cepat dibaca orang, saya menempelkannya di plat motor belakang semua teman saya tersebut. Sangat sederhana bukan?

Demikian tulisan saya mengenai 8 Cara Mudah Memperoleh Backlink Gratis, nantikan tulisan-tulisan saya berikutnya yang Insya Allah bisa menambah wawasan kita dalam dunia perbloggeran. Salam Blogger… (DW)

25 thoughts on “8 Cara Mudah Memperoleh Backlink Gratis

  1. wah, boleh dicoba tuh mas, makasih tipsnya. saya lagi cari2 cara nih buat ningkatin pagerank. Maklum sob, blog baru…

    1. Hhhhmmm… memangnya udah berapa lama? Tulisan diatas kan adalah cara normal yang bisa dilakukan, makanya prosesnya biasa memakan waktu yang agak lama juga. Kalau mau cepet bisa pake aplikasi/tools, cuma mesti bayarlah. Cari aja di search engine, banyak kok sumber informasinya. Trims…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *