6 Cara Menjadi Blogger Sukses

Menjadi blogger sukses? Blogger Borneo yakin semua memiliki keinginan yang sama. Disini Blogger Borneo akan sharing mengenai pengalaman serta apa saja yang harus dilakukan sebagai langkah awal.

https://www.yukbisnis.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai istilah “blogger sukses”, kita terlebih dahulu harus paham mengenai definisi “sukses” sebenarnya. Bicara mengenai tolok ukur kesuksesan, tentu saja setiap orang akan memiliki sudut pandang yang berbeda. Ada yang melihat kesuksesan dalam wujud harta banyak dan berlimpah. Di sisi lain, ada juga yang melihat kesuksesan sebagai satu kondisi ketika dirinya merasa nyaman dan berkecukupan. Sekarang jika hal ini ditanyakan kepada kawan-kawan, kira-kira apa jawabannya???

Oke, sekarang kita kembali lagi kepada pembahasan mengenai langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam upaya awal menjadi seorang blogger sukses. Jujur, sejak mulai belajar ngeblog kurang lebih 9 tahun lalu, banyak ilmu dan pengalaman yang telah diperolah. Nah, pada kesempatan ini Blogger Borneo ingin memberikan informasi mengenai 5 Langkah Awal Belajar Menjadi Blogger Sukses.

Cara 1: Tentukan Nama Domain

Langkah yang pertama kali harus dipertimbangkan adalah penggunaan nama domain. Hal ini menjadi sangat penting karena biasanya akan menjadi personal branding nantinya. Beberapa nama blogger di Indonesia yang telah memiliki brand sendiri, antara lain: Iwan Banaran (Blogger Otomotif Indonesia), DenaiHati Network (Blogger Terkenal Malaysia), Dzofar (Blogger Vectorian Indonesia), Deddy Huang (Blogger Traveller Indonesia), Mully Marlina (Food Blogger Indonesia), dan lain sebagainya.

Cara 2: Tentukan Pihak Penyedia Hosting

Setelah mendapatkan nama domain yang pas, langkah berikutnya adalah mencari jasa penyedia web hosting yang memiliki layanan cukup memuaskan. Diantara beberapa pihak penyedia yang ada di Indonesia, NiagaHoster dapat menjadi pilihan utama. Hal ini dikarenakan perusahaan penyedia hosting ini menawarkan paket hosting murah namun tetap dilengkapi fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para blogger.

6 Alasan Kenapa Menggunakan NiagaHoster
Loading...

Sebelum membahas mengenai langkah sebelumnya, Blogger Borneo akan menjelaskan sedikit mengenai NiagaHoster dan kenapa pada tulisan ini menjadikannya sebagai perusahaan penyedia web hosting murah di Indonesia sebagai rujukan.

Perusahaan Penyedia Web Hosting Murah di Indonesia
Image: NiagaHoster.Co.Id

Jika diperhatikan, masing-masing perusahaan penyedia web hosting pasti memiliki kelebihannya masing-masing sesuai fitur yang ditawarkan. Nah, untuk NiagaHoster sendiri, berikut akan dijelaskan mengenai kelebihan-kelebihan yang dimiliki.

  1. Web Hosting NiagaHoster telah dioptimasi khusus bagi para pengguna Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan yaitu WordPress.
  2. Web Hosting NiagaHoster memiliki cPanel hosting murah unlimited dengan CloudLinux dan SpamExperts. Beragam aplikasi dapat dengan mudah diunduh guna membantu proses pengembangan website Anda.
  3. Tim support NiagaHoster siap sedia membantu Anda 24 jam setiap hari, 7 hari dalam seminggu non-stop. Anda bisa menghubungi langsung melalui sambungan telepon atau bisa juga melalui live chat, email, serta tiket bantuan.
  4. Bicara mengenai harga, NiagaHoster menawarkan harga lebih terjangkau dari penyedia web hosting Indonesia lain.
  5. Web Hosting NiagaHoster menggunakan Green Data Center Tier-4 berstandar internasional milik DCI Indonesia dan menjadi bagian dari Equinix, penyedia data center terbaik di dunia. Data center ini menjamin webhosting website Anda, apapun jenisnya, memiliki performa uptime hingga 99,999%.
  6. Web Hosting NiagaHoster memberikan garansi uang kembali dalam jangka waktu 30 hari pertama setelah layanan diaktifkan. Proses pengembalian uang ini memerlukan waktu hingga 10 hari kerja. Uang Anda akan dikembalikan sepenuhnya, langsung melalui rekening yang Anda gunakan.

Cara 3: Tentukan Desain Tampilan

Oke, setelah tahap penentuan nama domain dan pemilihan web hosting sudah dilakukan, sekarang lanjut ke langkah ketiga yaitu menentukan desain tampilan seperti apa yang akan dipasang. Gunakan tampilan yang sederhana namun tetap tampak elegan dan memiliki latar belakang putih agar tidak menyebabkan mata pengunjungnya sakit ketika membaca dalam waktu cukup lama. Selain itu, pastikan desain tampilannya bersifat responsif sehingga akan langsung menyesuaikan ketika diakses menggunakan smartphone. Ingat!!! Sebagian besar pengguna internet di Indonesia mengakses internet dari smartphonenya, oleh karena itu gunakan se-responsive mungkin.

Cara 4: Selalu Update Konten Sesuai Niche

Yang dimaksud dengan niche adalah topik dari blog yang dibuat, biasanya masih memiliki keterkaitan dengan nama domain yang digunakan. Misalnya nama domainnya adalah Blogger Borneo, dari sini sudah dapat ditebak bahwa blog ini topiknya umum dan bersifat personal. Proses update konten seminimal mungkin bisa dilakukan satu hari satu kali, tapi alangkah baiknya jika setiap hari bisa menulis artikel empat hari per hari. Ya memang butuh kerja keras dan justru disitu adalah tantangan terbesarnya dimana tidak semua yang mengaku “blogger” bisa melaluinya.

Cara 5: Manfaatkan Media Sosial untuk Berbagi

Nah, setelah postingan selesai dibuat. Langkah berikutnya adalah membagikan link tulisannya di laman-laman media sosial yang dimiliki, seperti: Facebook, Twitter, Instagram, Google+, LinkedIn, dan masih banyak lagi lainnya. Bisa dianggap langkah ini paling mudah diterapkan dan tentu saja GRATIS. Bagi para blogger pemula, wajib untuk melakukannya jika ingin dapat mendapatkan kunjungan ke blog yang dimiliki.

Cara 6: Rajin Berkunjung dan Berkomentar di Blog Lain

Masih cukup teringat di benak pikiran ketika pada saat baru mulai ngeblog beberapa tahun lalu, dalam sehari Blogger Borneo melakukan kunjungan ke kurang lebih 100-an blog lain dan meninggalkan komentar disana. Sebenarnya cara ini masih bisa diterapkan untuk sekarang ini, namun dengan catatan blog yang dikunjungi harus memiliki niche yang sama. Selain itu, komentar yang dibuat harus sesuai dengan konten postingan agar tidak diindikasikan sebagai spam.

So, sekarang sudah tahu kan apa yang harus dilakukan? Selain tips mengenai 6 Cara Menjadi Blogger Sukses yang baru saja Blogger Borneo bagikan diatas, tetap kunci utama yang harus selalu dipertahankan setelah itu yaitu menjaga eksistensi untuk selalu menghasilkan tulisan-tulisan menarik di blog kawan-kawan. Selamat mempraktekan, semoga sukses… (DW)

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online