Zenfone 2 Laser ZE500 KL, Smartphone 4G Android Terbaik Keluaran ASUS

Meski sebelumnya sudah pernah mendengar mengenai kemunculan ASUS ZenFone 2 Laser pada bulan September 2015 lalu, Blogger Borneo baru bisa melihat dan merasakan langsung varian produk smartphone terbaru ASUS ini ketika diundang guna menghadiri ZenFestival Indonesia 2015 di Jakarta. Sesuai namanya, ASUS ZenFone 2 Laser merupakan seri lanjutan dari ASUS ZenFone 2 yang sudah diluncurkan beberapa bulan sebelumnya. Blogger Borneo sendiri juga diundang dalam acara launching ASUS ZenFone 2 di Jakarta pada saat itu.

SPESIFIKASI UMUM

Di seri-seri sebelumnya, ASUS memang sudah pernah merilis beberapa seri ZenFone yang dikhususkan bagi para pecinta fotografi. Dari semua seri tersebut, ZenFone Laser 2 sengaja diciptakan untuk melengkapi semua fitur sesuai kebutuhan yaitu dengan menambahkan Laser Auto Focus pada kameranya. Dengan adanya fitur tambahan ini, para pengguna nantinya dapat mengabadikan momen-momen tertentu secara cepat dengan hasil jepretan maksimal.

Dilihat dari sisi desain, ZenFone 2 Laser memiliki sisi yang sangat tipis, hanya sekitar 3,9 milimeter saja. Perangkat ini sengaja dibuat tipis agar terasa nyaman ketika digenggam. Selain itu desain tipis dan tombol khusus yang terdapat pada bagian belakang perangkat sengaja dibuat sedemikian rupa agar perangkat tersebut terkesan lebih premium.

Keberadaan tombol khusus pada bagian belakang ternyata memiliki beberapa fungsi khusus yang semuanya itu bertujuan agar pengguna lebih merasa nyaman ketika menggunakan ZenFone 2 Laser, baik dengan tangan kiri maupun tangan kanan. Tombol tersebut berfungsi untuk melakukan selfie dan mengatur volume. Sama seperti pada Asus ZenPad 7.0, Asus juga melakukan pengurangan ukuran pada lebar bingkai hingga mencapai ukuran minimum. Hal tersebut berhasil menjadikan perangkat yang satu ini memiliki rasio layar sekitar 70 persen terhadap ukuran badan perangkat.

ASUS ZenFone 2 Laser
ASUS ZenFone 2 Laser (Foto: Dok. Pribadi)

KINERJA CEPAT, BATERAI HEMAT

Selain bisa digunakan untuk menunjang keperluan sehari-hari dalam berkomunikasi, dengan kemampuan yang dimilikinya ZenFone 2 Laser juga dapat digunakan untuk keperluan multimedia. Itu karena dapur pacu perangkat ini didukung penuh oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 410 Quad-Core 64-bit berkemampuan 1,2 Ghz yang dipadukan dengan pengolah grafis GPU Adreno 306. Layar IPS 5 inci bersolusi HD 1280×720 piksel yang dimilikinya dilindungi oleh pelindung layar paling baru, Corning Gorilla Glass 4. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir kalau layar akan rusak karena tergores.

Dari sisi baterai, pihak ASUS berani mengklaim ZenFone 2 Laser cukup efisien. Dengan kinerja yang lebih baik dan penggunaan daya baterai yang lebih irit, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan lebih cepat, merekam dan mengedit video berkualitas HD dengan lebih mudah dan tentu saja hemat daya. Hampir sama seperti seri Zen besutan Asus lainnya, ZenFone 2 Laser ini juga dibekali dengan beberapa fitur yang sama, salah satu diantaranya adalah TruVivid Full Lamination.

KUALITAS LAYAR TAJAM DAN FAST RESPONS

Teknologi TruVivid yang digunakan ASUS sebagai bahan pelapis layar ZenFone 2 Laser membuat tingkat kejernihan dan kecerahannya lebih baik. Selain itu, teknologi TruVivid ini mampu meningkatkan NTSC Color Gamut sebesar 72 persen. Makanya tidak heran jika smartphone terbaru ASUS ini memiliki kualitas warna lebih kaya dan tajam dibanding dengan smartphone lain yang sejenis.

Untuk memberikan kemudahan dan akurasi layar sentuh yang lebih baik, ASUS juga membekali ZenFone 2 Laser dengan teknologi layar sentuh terbaik di kelasnya. Dengan teknologi baru ini, layar sentuh ZenFone 2 Laser bisa merespon sentuhan dalam waktu 60 milidetik saja. Kemampuan ini belum dimiliki oleh smartphone jenis lain yang rata-rata masih berada di ukuran 80-100 milidetik.

Yang membuat semakin menarik adalah ketika respon layar sentuh pada ZenFone 2 Laser mampu membedakan antara air dan minyak ketika menempel di permukaan layar. Berkat algoritma yang didesain khusus, para pengguna tetap akan bisa mengoperasikan layar ZenFone 2 Laser dengan cukup baik meski kondisinya sedang berminyak atau basah. Sedangkan bagi para pekerja yang terbiasa bekerja di luar ruangan dan selalu menggunakan sarung tangan, ASUS ZenFone 2 Laser juga telah melengkapi lapisan layarnya dengan teknologi Glove Mode. Jadi meskipun kondisinya sedang mengenakan sarung tangan, ZenFone 2 Laser tetap bisa dioperasikan. 🙂

FITUR KAMERA TEKNOLOGI TINGGI

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada kamera ASUS ZenFone 2 Laser telah dilengkapi dengan fitur Auto Focus super cepat. Ternyata tidak hanya sampai disitu, ASUS juga menambahkan sensor kamera milik Toshiba yang dipadukan dengan Dual Real Tone Flash, Filter Blue Glass, dan Laser Auto Fokus sendiri. Dengan adanya teknologi ini, maka kamera ZenFone 2 Laser memiliki kemampuan Light-Speed Shot yang memungkinkan untuk mengukur jarak dalam kecepatan cahaya dan mendapatkan fokus hanya dalam waktu 0,03 detik, apalagi dalam kondisi minim cahaya.

Ada dua mode yang menjadi andalan ZenFone 2 Laser, Super HDR Mode yang secara otomatis dapat mengambil banyak gambar dan memprosesnya dengan bantuan teknologi Asus Pixel Enchancing sehingga mampu membuat gambar yang diambil 400 persen lebih terang. Selain itu ada pula Low Light Mode yang menggabungkan teknologi pixel-merging dan algoritma pemroses gambar paling canggih. Mode Low Light mampu meningkatkan sensitifitas cahaya hingga 400 persen. Fitur ini juga menyempurnakan peredam noise dan meningkatkan kecerahan warna sebesar 400 persen, untuk foto minim cahaya yang jelas dan terang tanpa bantuan flash.

ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KL
ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KL (Sumber: ASUS.Com)

SINYAL KUAT, KONEKSI MANTAP

Mengenai kemampuan menangkap sinyal, ASUS telah membuat desain khusus pada antena terpasang di ZenFone 2 Laser. Antena ini diberi nama ASUS Zentenna. Zentenna termasuk dalam salah satu hasil pengembangan dari para engineer ASUS yang turut dibenamkan dalam ZenFone 2 Laser. Dengan Zentenna, sinyal yang ditangkap akan lebih kuat meskipun sedang berada di lokasi-lokasi susah terjangkau sinyal provider operator.

Khusus bagi pengguna yang hobi berselancar di dunia maya secara mobile, ZenFone 2 Laser telah mendukung koneksi internet super cepat 4G LTE yang mampu menembus kecepatan normal hingga 150 Mbps (unduh) dan 50 Mbps (unggah).

Untuk koneksi internet melalui WiFi, ASUS ZenFone 2 Laser telah menggunakan jaringan Wi-Fi 802.11ac Super Fast yang mampu berjalan di angka 5 Ghz sehingga mampu mencapai tingkat rata-rata tertinggi di angka 433 Mbps.

Mengenai harga, ASUS ZenFone 2 Laser dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut daftar harga ASUS Zenfone 2 Laser berdasarkan tipenya masing-masing:

  • ZENFONE 2 LASER 5.0 ZE500KL Rp. 2.099.000,-
  • ZENFONE 2 LASER 5.5 ZE550KL Rp. 2.399.000,-
  • ZENFONE 2 LASER 6.0 ZE601KL Rp. 3.499.000,-

SPESIFIKASI TEKNIS ASUS ZENFONE 2 LASER 5.0 ZE500KL

Spesifikasi Teknis ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL

Sebagai penutup, tidak lupa ASUS juga membekali perangkatnya ini dengan dukungan RAM sebesar 2 GB, sistem operasi Android terbaru, Android 5.0 dengan tampilan khas ZenUI, serta berbagai aksesoris pendukung lainnya seperti ZenPower, headset, dan Flipcover yang bisa didapatkan secara resmi di toko-toko resmi ASUS. Jadi tunggu apalagi??? Buruan beli sekarang yach… (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...