[VIVA.co.id] Wajah Baru VIVA, Kemudahan Mengakses Portal Berita

Seiring dengan perkembangan pengguna internet di Indonesia, terjadi pergeseran pola masyarakat dalam mengkonsumsi informasi dari media cetak ke media maya. Jika kita perhatikan, dalam beberapa tahun terakhir kemunculan situs-situs portal berita online semakin menjamur. Dari sekian banyak portal berita online yang ada di Indonesia, VIVA.co.id dapat dianggap sebagai salah satu media informasi maya yang dapat diandalkan. Apalagi setelah baru-baru ini VIVA mengubah tampilan interface websitenya, semakin banyak kemudahan bisa diperoleh oleh para pembaca setianya dalam mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan.

Untuk tulisan saya kali ini, saya diberi kesempatan melakukan review terhadap tampilan baru website VIVA.co.id. Mungkin ada beberapa hal akan menjadi fokus penilaian saya kali ini, terutama dari sisi kemudahan para pengunjung dalam mengakses konten didalamnya.

Dalam melakukan review terhadap sebuah website, ada 3 faktor yang harus diperhatikan, antara lain: Desain Tampilan, Fungsi Website, dan Nilai Pelanggan. Dari ketiga faktor ini, Nilai Pelanggan dianggap memiliki porsi penilaian lebih besar dari dua faktor lainnya dikarenakan disini menyangkut semua aspek manfaat yang langsung dapat dirasakan oleh para pengunjung yang mengakses website tersebut. Didalam faktor penilaian ini, terdapat beberapa item-item penilaian, meliputi: Content (30%), Product/Service Information (20%), Customer Service and Support (35%), Contact Information (10%), dan Investor Information (5%). Atas dasar inilah saya memfokuskan penilaian saya dari sisi konten sebagai salah satu poin penting penilaian karena terkait dengan kepuasan para pengunjung yang datang ke VIVA.co.id. Sepertinya status yang disandang sebagai salah satu portal berita online terbesar di Indonesia membuat VIVA.co.id harus benar-benar memperhatikan kualitas konten yang disajikan.

Jika dilihat dari header tampilan diatas, VIVA.co.id memiliki 6 kategori induk tulisan, yaitu: VIVA News, VIVA Bola, VIVA Life, VIVA Blog, VIVA Forum, dan VIVA Socio. Masing-masing kategori induk ini terdiri atas beberapa menu yang akan muncul begitu salah satu kategori tersebut dipilih. Perhatikan gambar sebagai berikut:

Sebagai salah seorang pengguna internet yang banyak menghabiskan waktunya didunia maya, saya termasuk orang yang suka memilih-milih berita berdasarkan kategori. Oleh karena itu, dengan fasilitas pengelompokan dan pemilihan menu seperti ini akan semakin memudahkan saya dalam mengakses berita yang hanya ingin dibaca saja.

Secara keseluruhan tampilan, VIVA.co.id memiliki beberapa kelebihan dibanding beberapa portal berita online lainnya. Adanya konten-konten spesifik seperti: Headline News, Video Rekaman Berita, Koleksi Foto, Hasil Wawancara, dan Analisis Berita membuat nuansanya lebih berwarna dan tidak membosankan.

Tampilan Headline News

Tampilan Video Rekaman Berita

Tampilan Koleksi Foto

Tampilan Hasil Wawancara dan Analisis Berita

Dari struktur kalimat dan bahasa yang digunakan, artikel-artikel tulisan berita di VIVA.co.id terkesan sederhana sehingga mudah dipahami. Saya tidak perlu mengulang-ulang membaca beritanya, cukup sekali lewat saya sudah bisa mengerti isi beritanya. Sebagai contoh saya ambil salah satu berita olahraga berjudul Daftar 48 Peserta Penyisihan Grup Liga Eropa yang tampilan screenshot-nya dapat dilihat dibawah ini:

Setelah memperhatikan tampilan diatas, bagaimana pendapat teman-teman?. Saya kira sebagian besar akan berpendapat sama seperti apa yang telah utarakan sebelumnya. Jadi kesimpulannya sekarang adalah jika teman-teman ingin membaca informasi-informasi terbaru mengenai apapun secara online, portal berita VIVA.co.id dapat menjadi pilihan utama. Dijamin kontennya sederhana, akurat, dan mudah untuk diakses. Empat jempol dah… (DW)

Preview Screenshot Link Tulisan via Twitter:

Preview Screenshot Following Akun Twitter:

Sumber Referensi:

  • http://dosen.narotama.ac.id/wp-content/uploads/2012/01/KRITERIA-DESAIN-WEB-YANG-EFEKTIF.pdf

Sumber Gambar:

  • http://www.viva.co.id

You might also like More from author

Comments

Proses...