BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Update Google Pagerank, Cek Peringkat Blog Kalian Sekarang

Akhirnya setelah sekian lama isu mengenai tidak digunakannya lagi Google Pagerank sebagai patokan dalam menilai tingkat kepopuleran sebuah website atau blog, maka pada hari ini sepertinya isu tersebut sudah benar-benar terealisasikan. Hal ini baru diketahui ketika pada malam hari ini Blogger Borneo mencoba untuk melakukan cek terhadap BloggerBorneo.Com dan beberapa blog terkenal lainnya, seperti: Detik.Com dan Kaskus.Co.Id.

Menurut Wikipedia Indonesia, yang dimaksud dengan pagerank adalah sebuah metode algoritma yang telah diciptakan dan dipatenkan oleh dua orang pendiri Google, yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Pada saat itu, pagerank digunakan sebagai salah satu fitur utama mesin pencari Google.

Menurut sistem algoritma pagerank, sebuah website atau blog akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan tautan yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi konten yang ada lebih berguna dari konten website atau blog lain. Pagerank dihitung berdasarkan skala 1-10. Sebagai contoh, sebuah website atau blog yang mempunyai peringkat halaman 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam daftar pencarian Google daripada website atau blog yang mempunyai peringkat halaman 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Update Google Pagerank Terbaru 2016

ALGORITMA BARU PENGGANTI PAGERANK

Seiring perkembangan waktu, Google terus melakukan update terhadap sistem pagerank yang digunakan. Berikut merupakan daftar sistem algoritma yang sudah pernah digunakan untuk menggantikan sistem algoritma sebelumnya hingga saat ini, antara lain:

1. Google Panda

Pada bulan Februari 2011, Google mengeluarkan algoritma baru bernama “Panda”. Panda memiliki fungsi untuk menurunkan peringkat situs-situs yang berkualitas rendah yang tidak sesuai dengan standarisasi dari Google Webmaster Guide. Jika dibandingkan dengan algoritma sebelumnya, konsep kerja Panda lebih kompleks. Selain menggunakan acuan popularitas link seperti pagerank, Panda lebih mengukur kualitas sebuah website mulai dari desain, visibilitas, arsitektur, dan kecepatan akses. Panda juga melakukan analisa konten secara keseluruhan sehingga algoritma ini akan sangat peka dengan namanya spam. Penyempurnaan algoritma ini bertujuan untuk memberikan relevansi konten yang akurat saat mencari di pencarian google.

Update Google PageRank BloggerBorneo.Com
Update Google PageRank BloggerBorneo.Com (Sumber: CekPR.Com)

2. Google Penguin 

Google terus melakukan update terhadap sistem algoritma mesin pencariannya, setelah meluncurkan “Panda” tak lama kemudian dibuatlah “Penguin”. Sistem algoritma baru ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja Panda sebelumnya. Dalam prosesnya, Penguin lebih menekankan kepada kemampuan membaca spam lebih baik termasuk skema link. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa di algoritma pagerank  menggunakan aritmatika untuk menghitung kualitas website yaitu dengan populeritas link yang ada diwebsite orang lain yang mengarah pemilik website.

Penguin mempelajari dan mengetahui skema link atau manipulasi link yang dibuat oleh pemilik website atau blog. Link-link yang mengarah ke website atau blog pemilik harus memiliki relevansi dengan konten halaman yang diarahkan, sehingga backlink yang didapat tidak dianggap spam dan akan dianggap sebagai kualitas dari popularitas sebuah situs.

Update Google PageRank Detik.Com
Update Google PageRank Detik.Com (Sumber: CekPR.Com)

3. Google HummingBird

Setelah Panda dan Penguin, Google kembali meluncurkan sistem algoritma HummingBird pada kuartal terakhir 2013. Jika pada sistem algoritma sebelumnya lebih terfokus pada optimasi konten, maka di sistem algoritma lebih menitikberatkan perubahan pada sistem pencarian itu sendiri. Menurut kutipan dari Vice President Google, Amit Singhal di Wikipedia, HummingBird menyederhanakan sistem filterisasi pencariannya sehingga hasil yang akan muncul di halaman pertama cukup relevan.

Selama ini Google selalu menggunakan kata perkata untuk menampilkan hasil pencarian, oleh karena itu biasanya konten-konten yang muncul di halaman pertama tidak selalu memiliki keterkaitan dengan apa yang dimaksud. Di HummingBird, kekurangan ini disempurnakan sehingga para pengguna bisa mendapatkan hasil lebih cepat karena algoritma ini dapat memberikan jawaban lebih relevan dan akurat dalam pencarian google.

Update Google PageRank Kaskus.Co.Id
Update Google PageRank Kaskus.Co.Id (Sumber: CekPR.Com)

PA DAN DA, ACUAN BARU MENILAI SEBUAH BLOG

Sekarang, ketika Google Pagerank tidak lagi menjadi acuan, para pemilik website atau blog bisa menggunakan Page Authority dan Domain Authority sebagai dasar untuk membuat penilaian. Biasanya, hasil penilaian ini digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan ketika akan mengajukan penawaran pemasangan job berupa pemasangan banner iklan, review, atau blogpost di blog yang dimiliki.

Definisi Page Authority:

Page Authority is a score (on a 100-point scale) developed by Moz that predicts how well a specific page will rank on search engines. It is based off data from the Mozscape web index and includes link counts, MozRank, MozTrust, and dozens of other factors. It uses a machine learning model to predictively find an algorithm that best correlates with rankings across the thousands of search results that we predict against.” – Moz.Com

Definisi Domain Authority:

Domain Authority is a score (on a 100-point scale) developed by Moz that predicts how well a website will rank on search engines. Use Domain Authority when comparing one site to another or tracking the “strength” of your website over time. We calculate this metric by combining all of our other link metrics-linking root domains, number of total links, MozRank, MozTrust, etc.-into a single score.” – Moz.Com

Dari semua penjelasan diatas, sebenarnya masih banyak lagi acuan-acuan yang bisa digunakan, antara lain: Alexa.Com, GTMetrix.Com, SmallSeoTools.Com, dan lain sebagainya. Masing-masing tentu saja akan memiliki hasil penilaian berbeda, tergantung dari fungsi dan kegunaannya. Tapi terlepas dari semua hasil penilaian ini, semua tetap kembali lagi ke pemilik website atau blog itu sendiri. Jika memang ingin hasil penilaiannya baik dan terus mengalami peningkatan, jangan pernah bosan untuk meng-update website atau blognya masing-masing. Tidak percaya??? Coba saja sendiri untuk membuktikannya… Happy Ngeblog… (DW)

Sumber Referensi:

  • https://moz.com/learn/seo/page-authority
  • https://moz.com/learn/seo/domain-authority
  • https://id.wikipedia.org/wiki/PageRank
  • http://www.gee.web.id/2013/09/perkembangan-algoritma-mesin-pencari.html

You might also like
4 Comments
  1. arif rahman says

    Setuju, kembali ke konsep 2K (Konten dan Konsisten). Sebagai amatiran kurang lebih seperti itu yang saya amati.

  2. akhdan baihaqi says

    kuncinya agar websitenya terus mendapatkan nilai baik. harus selalu update di blog. karena update-update itu akan menaikkan ratting blog. jadi jangan bosan-bosan atau malas-malas.. mengupdate terus blog anda.
    akhdan baihaqi´s last blog post ..Rumah Aqiqah Madiun

  3. Ady says

    intinya, konten yang berkualitas, rekomend dari web PG tinggi, tp kalau konten ngk bermutu sulit dpt rekomend dari pg tinggi,
    kemudian ut mendpatkan rekomend hrs natural, artinya ada izin resmi admin, jika tidak maka rekomendnya ngk bertahan lama..

  4. mufti says

    semuanya harus saling berkaitan, konten bagus saja tidak cukup jika tata cara penulisannya kurang bagus, maka dari itu konten harus di imbangi oleh tulisan yang baik dan benar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge