Tips Mengatasi Anak Alergi yang Disebabkan Banyak Faktor

Beberapa orangtua mendapati beberapa penyebab alergi pada bayi yang ditemukan pada beberapa jenis makanan tertentu yang terjadi secara tiba-tiba. Alergi memang bisa menimpa pada siapa saja tidak hanya pada kalangan anak-anak bahkan orang dewasa pun bisa mengalaminya. Penyebab dari alergi ini memang bermacam-macam bisa dari makanan hingga beberapa barang dengan material tertentu. Maka mengenali apa saja penyebab alergi begitu penting sebagai antisipasi untuk mencegah alergi kembali.

Ketidaknyamanan anak-anak ketika alergi muncul bisa membuatnya cukup rewel apalagi jika masih di usia bayi. Maka untuk mengatasi ketika alergi muncul bisa mencoba beberapa hal berikut:

1. MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN RUMAH

Penyebab alergi bisa bermacam-macam, bahkan oleh baju yang dikenakan si kecil maupun alasnya tidur. Usahakan menjaga kebersihan semua perlengkapan yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi untuk menghindari alergi. Jika alergi muncul bersihkan atau ganti dengan perlengkapan lainnya yang terbuat dari material berbeda.

Cara Menghindari Anak dari Alergi
Cara Menghindari Anak dari Alergi (Sumber: Liputan6.Com)

2. MENJAGA BAHAN MAKANAN SI KECIL

Kemudian perlu pula mengamati makanan atau minuman seperti apa yang menyebabkan alergi pada anak. Ada baiknya mengecek komposisi bahan semua makanan yang masuk ke tubuhnya dan mencoba untuk membuang atau menggantinya. Beberapa allergen bisa memberikan reaksi alergi meski hanya berdekatan tidak dikonsumsi secara langsung. Segera membersihkan semua makanan dan minuman yang tadinya dikonsumsi buah hati menjadi upaya mengatasi alergi yang cukup tepat. Seterusnya ada baiknya mengganti makanan dan susu yang sebelumnya dikonsumsi dan melihat reaksi yang muncul.

3. MEMBUAT OBAT TRADISIONAL UNTUK TINDAKAN PERTAMA

Kulit bayi tentunya masih sangat sensitif untuk diberikan obat-obatan tertentu untuk mengurangi efek alergi yang muncul. Maka alternatifnya memakai bahan alami yang dikenal mampu mengatasi alergi dengan lebih aman. Merebus jahe dan hasil rebusannya diberikan kepada bayi bisa membantu meringankan gejala alergi. Bisa juga menumbuk daging lidah buaya untuk dioleskan kepada kulit yang muncul alergi dalam bentuk tertentu. Ada banyak bahan alami yang mampu membantu mengatasi masalah alergi pada anak anda yang disebabkan oleh banyak faktor dan tentunya bisa dimanfaatkan dengan aman. (BP)

You might also like More from author

Comments

Proses...