BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Tips Memilih Peralatan dan Perlengkapan Kantor dengan Harga ATK yang Terjangkau dan Hemat

Alat tulis kantor atau yang disebut dengan ATK menjadi kebutuhan tersendiri bagi para pekerja tidak hanya yang bekerja di kantor atau office namun juga untuk para pekerja lapangan.

Daftar Harga ATK
Image: GlobalOfficeSolutions.Com

Harga ATK yang ada di tempat atau toko yang menjual peralatan dan perlengkapan kantor bervariasi tergantung dari jenis, fungsi, bahan yang digunakan serta kualitas dari ATK tersebut. Terkadang, saat membeli alat tulis kantor, pengeluaran menjadi lebih besar dibandingkan perkiraan sehingga membuat Anda menjadi lebih boros. Untuk menghemat pengeluaran membeli ATK, terdapat beberapa tips untuk Anda.

Pertama adalah cek dan pertimbangkan terlebih dahulu ATK apa saja yang sudah harus dibeli atau diganti atau diperlukan. Perkirakan dalam jangka waktu tertentu misalnya 2 bulan, apakah alat tulis kantor tersebut sudah harus diganti atau ditambah atau tidak. Jangan sampai karena Anda membeli terlalu banyak, ATK hanya akan menumpuk di tempat tertentu dan justru tidak terpakai atau malah terlalu sedikit dibandingkan dengan kebutuhan Anda sehingga Anda harus membeli lagi.

Kedua adalah buat check list. Daftar apa saja jenis ATK yang dibutuhkan, misalnya peralatan tulis, pengarsipan, atau ATK yang lainnya. Sebaiknya mulai tulis dari yang paling dibutuhkan hingga yang kurang terlalu dibutuhkan untuk jangka waktu dekat. Hal tersebut disebabkan jika ATK yang sangat diperlukan berada di bagian paling bawah, besar kemungkinan Anda akan lupa sehingga membuat Anda harus kembali lagi ke toko untuk membeli ATK tersebut dan pengeluaran akan bertambah jika Anda juga tertarik membeli barang lain saat membeli ATK untuk kedua kalinya.

Sedangkan list ATK yang kurang dibutuhkan dalam jangka waktu dekat, tidak masalah jika Anda tidak sempat membelinya misalnya karena tidak ada waktu dan uang yang Anda bawa ternyata kurang. Anda dapat membeli alat tulis kantor tersebut dilain kesempatan atau dimasukkan ke dalam check list ATK yang akan dibeli nantinya. Ketiga adalah tulis daftar alat tulis kantor dengan harga ATK sehingga Anda dapat memperkirakan berapa dana yang Anda bawa. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu harga dari ATK tersebut atau Anda menetapkan harga maksimal untuk masing-masing ATK sehingga nanti Anda tidak memilih jenis ATK dengan harga yang diluar dana yang sudah Anda tetapkan tersebut.

Keempat adalah beli dalam jumlah yang banyak jika digunakan untuk orang banyak atau ATK tersebut cepat habis. Agar lebih hemat maka jika Anda membeli dalam jumlah banyak atau grosir sebaiknya membeli langsung di toko grosir alat tulis kantor sehingga Anda akan mendapatkan potongan harga lewat pembelian yang Anda lakukan tersebut. Namun, pastikan jika Anda mengetahui informasi mengenai batas beli minimal agar Anda mendapatkan potongan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga Anda tidak membeli barang terlalu banyak.

Kelima adalah jangan lupa untuk mempertimbangkan kualitasnya. Jangan karena alat tulis tersebut memiliki harga ATK yang murah maka Anda langsung membeli ATK tersebut. Pertimbangkan antara harga dari alat tulis kantor tersebut dengan kualitas dari barang tersebut sehingga pekerjaan yang Anda lakukan dapat maksimal dan peralatan atau perlengkapan kantor tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang atau tahan lama. Jika ATK yang Anda beli tersebut mudah rusak, maka Anda harus membelinya lagi yang menyebabkan pengeluaran Anda juga akan lebih besar sehingga jika digunakan untuk jangka panjang, sebaiknya pilih yang agak mahal namun tahan lama alhasil Anda lebih hemat untuk beberapa waktu kedepan. (ADV)

You might also like
1 Comment
  1. bebasbaca says

    Langsung borong aja min didaerah glodok

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge