BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Tips Memilih Baterai Smartphone

Diantara beberapa komponen pada smartphone yang harus diperhatikan, baterai termasuk salah satu diantaranya. Terkadang di saat kita akan memilih smartphone, komponen ini terkadang tidak masuk dalam prioritas. Padahal tanpa disadari, keberadaan baterai justru sangat berperan penting karena tanpa komponen ini sebuah smartphone tidak akan bisa digunakan.

Secanggih apapun sebuah smartphone, tetap tidak akan berdaya jika komponen baterainya bermasalah atau kehabisan daya. Oleh karena itu, faktor masa aktif baterai menjadi harus menjadi salah satu prioritas selain melihat keunggulan dari komponen lain, seperti: prosesor, RAM, kapasitas penyimpanan, dan kualitas kamera.

Berikut akan dijelaskan mengenai 3 (tiga) hal yang harus diperhatikan terkait pemilihan baterai smartphone, antara lain:

ASUS Zenfone 2 Laser Battery
ASUS Zenfone 2 Laser Battery (Sumber: DigitalFilipina.Com)

BESARAN KAPASITAS BATERAI

Kapasitas baterai menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan. Adapun satuan pengukuran yang digunakan adalah Mili Ampere Hour atau biasa disingkat “mAh”. Semakin besar kapasitas sebuah baterai akan membuat daya tahan sebuah smartphone semakin lama. Akan tetapi, jangan dilupakan juga selain besaran kapasitas baterai ternyata masih ada yang perlu diperhatikan yaitu daya hidup baterai.

Selain besaran kapasitas dan daya hidup baterai, faktor penggunaan energi oleh masing-masing komponen yang terpasang juga turut berpengaruh. Diantara sekian banyak komponen terpasang, terdapat 3 (tiga) komponen yang biasanya menghabiskan energi paling banyak, antara lain:

1. Prosesor

Prosesor merupakan komponen yang bekerja paling keras dalam sebuah mekanisme operasional sebuah smartphone, oleh karena itu komponen ini tetap masuk kategori paling “rakus” dalam menghabiskan energi baterai.

2. Antena

Kondisi jaringan yang tidak stabil akan mempengaruhi kinerja antena penangkap dan akan memakan energi baterai lebih besar dibanding dalam kondisi jaringan stabil.

Preview Menu Baterai Smartphone Zenfone
Preview Menu Baterai Smartphone Zenfone

3. Aplikasi Bawaan

Umumnya produsen smartphone akan memasang aplikasi-aplikasi bawaan standar yang berjalan secara otomatis. Untuk kasus ini, kita bisa memilih aplikasi-aplikasi bawaan yang bisa di non-aktifkan sehingga penggunaan energi baterai bisa lebih hemat.

JENIS BATERAI YANG DIGUNAKAN

Diantara beberapa jenis baterai, dua kategori yang biasa digunakan yaitu Lithium Ion (Li-Ion) dan Lithium Ion Polymer (Li-Po). Dibandingkan jenis baterai Li-Ion, ternyata baterai Li-Po lebih unggul karena memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Daya tahan lebih baik (charge life cycle lebih banyak daripada Li-Ion).
  • Bentuk lebih fleksibel (membuat bentuk smartphone menjadi lebih tipis),
  • Bisa mengisi daya kapanpun tanpa perlu harus menunggu baterai kosong atau hampir habis terlebih dahulu.

PENGHEMAT BATERAI

Faktor terakhir yang harus diperhatikan, jangan pernah melupakan akan ketersediaan fitur baterai dan pengaturan pemilihan modus baterai otomatis. Modus ini memungkinkan smartphone untuk memindahkan setingan pengaturan baterai secara otomatis, misalnya dari modus performa ke modus hemat daya. Dengan penggunaan modus otomatis ini maka kita bisa mengatur konsumsi baterai dengan lebih efisien. Demikian satu tips dari Blogger Borneo mengenai tips memilih baterai smartphone yang bagus dan memiliki masa aktif lebih awet. Semoga bermanfaat… (DW)

You might also like
4 Comments
  1. Timothy W Pawiro says

    Wah memang dengan semakin canggihnya smartphone, butuh daya baterai yang besar, apalagi kalau suka foto2, dan pakai internet + main game = komplit deh pemakaian … haha.

    Sptnya daya < 2,000 mAh sudah ga mumpuni deh! 😀

    1. Dwi Wahyudi says

      Setuju banged Mas Bro, untuk saat ini kapasitas minimal sebuah baterai adalah 3000 mAh. 🙂

  2. Elisa says

    *brb ngecek kapasitas baterai*

    Iya, Mas. Kadang aplikasi bawaan itu kalau nyedot daya baterai suka nggak kira-kira, bukan daya baterai aja, sih. Kuota juga. 🙁

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge