Tips Aman Menggunakan Akses Internet Gratis di Tempat Umum

Masyarakat modern tentu tak bisa lepas dari penggunaan HP. Jenis HP canggih atau smartphone mendukung ragam aktivitas mobile dengan fitur super lengkap. Segala tugas atau pekerjaan jadi cepat selesai ketika menggunakan HP dengan akses internet memadai. Terutama jika Anda bisa mengakses internet secara gratis.

Varian HP Samsung yang semakin beragam tentu bisa memfasilitasi akses internet secara praktis dan cepat. Namun ketika menggunakan akses internet gratis di tempa umum, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal sederhana ini :

Memeriksa Keaslian Wi-Fi Hotspot

Ada oknum tertentu yang sengaja membuat nama hotspot palsu demi mengecoh para pengguna wi-fi di tempat umum. Orang yang menggunakan jaringan tidak aman tersebut berisiko mengalami pencurian data atau tindak cyber crime lainnya.

Oleh sebab itu, pastikan validitas wi-fi hotspot sebelum menggunakannya. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan wi-fi hotspot dengan password yang diberitahukan langsung oleh pengelola tempat umum.

Akses Internet Cepat dengan Jaringan 4G LTE
Akses Internet Cepat dengan Jaringan 4G LTE (Sumber: RinaSusanti.Com)

Matikan Wi-Fi Saat Sedang Tidak Digunakan

Hal yang satu ini tentu terdengar sepele. Banyak orang yang enggan mematikan wi-fi ketika tidak digunakan. Faktanya, semakin lama wi-fi menyala maka semakin besar pula kesempatan oknum tak bertanggung jawab untuk mengganggu dan mencuri data-data Anda secara digital.

Gunakan Software Paling Up To Date

Software paling up to date biasanya memiliki sistem perlindungan yang aman dan mampu meminimalkan terjadinya pencurian data. Di samping itu, software paling up to date juga bisa memberikan notifikasi jika ada hal-hal mencurigakan yang menyusup di HP Anda.

Selalu Matikan Jaringan dengan Perangkat Lain

Anda mungkin sering tidak menyadari bahwa HP Anda masih terhubung dengan jaringan komputer, laptop, atau perangkat lainnya ketika Anda bepergian. Hal sepele seperti ini bisa memperbesar risiko pencurian data melalui jaringan internet. Oleh sebab itu, pastikan untuk senantiasa mematikan jaringan ke perangkat lain sesaat setelah HP selesai digunakan.

HP kesayangan yang Anda dapatkan di MatahariMall tentu harus dijaga dengan baik agar tidak rentan mengalami pencurian data. Setelah puas berburu produk dan berbelanja di MatahariMall, kini tugas Anda adalah menjadi pengguna HP yang bijak dan modern supaya terhindar dari tindak cyber crime yang kian marak. (BP)

You might also like More from author

Comments

Proses...