Tips Aman Ketika Tiba di Terminal Bis Internasional Sei Ambawang

Menanggapi masukan dan informasi dari teman-teman di dunia maya, terkait dengan pemberitaan di Tribun Pontianak Online berjudul “Awas, Taxi Gelap Mengintai di Terminal Bus Internasional Provinsi Kalbar” yang menyebar secara viral melalui halaman facebook Pontianak Informasi, maka dengan ini kami sampaikan tentang kondisi terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Sei Ambawang saat ini.

Perlu diketahui dan digaris bawahi bahwa terminal saat ini belum diresmikan oleh pemerintah pusat, aktifitas setiap hari di terminal baru melayani bus jurusan Pontianak-Malaysia dan Pontianak-Brunei Darussalam. Setiap hari bus berangkat dari terminal ALBN mulai pukul 07.00 wib sd pukul 08.00, rata-rata bus yang berangkat di pagi hari diantara lain yaitu:

  1. SJS Tujuan Malaysia, Kota Kuching (Estimasi Perjalanan 7 Jam)
  2. DAMRI Tujuan Malaysia, Kota Kuching dan Brunei Darussalam, Kota Bandar Sri Begawan (Estimasi Perjalanan 27 Jam)
  3. Biaramas/Bus Asia Tujuan Malaysia, Kota Kuching
  4. Eva Tujuan Malaysia, Kota Kuching
  5. Bintang Jaya Tujuan Malaysia, Kota Kuching
Kondisi Bis Ketika Tiba di Terminal ALBN Sei Ambawang
Kondisi Bis Ketika Tiba di Terminal ALBN Sei Ambawang

Selanjutnya bus yang akan masuk ke terminal ALBN Sungai Ambawang biasanya pada pukul 12.00 – 19.00 WIB dengan jumlah rata-rata bus yang masuk ke Ruang Kedatangan Internasional sebanyak 15 bus. Dan pada pukul 21.00 WIB rata-rata bus yang berangkat dari terminal sebanyak 10 bus. Siklus tersebut diatas berlangsung setiap hari dan akan semakin padat di saat arus mudik dan arus balik hari-hari besar agama di Indonesia.

Sekarang kita masuk ke jadwal kedatangan bus yang masuk ke terminal setiap harinya dengan jarak waktu dari pukul 12.00 0 19.00 WIB ke Ruang Kedatangan Internasional, baik itu dari Brunei Darussalam (yang paling awal tiba di terminal) dan dari Malaysia. Yang paling penting di saat bus masuk ini, kami himbau dan sarankan kepada para pengguna fasilitas terminal baik penjemput dan terutama para penumpang yang turun di Ruang Kedatangan Internasional.

Jika Anda sudah ada yang menjemput silahkan langsung menunggu jemputan anda di ruang lobby tunggu penumpang, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dimohon untuk tidak menyebutkan nama penjemput yang menjemput anda kepada siapapun, jika anda kesulitan dalam hal komunikasi untuk menghubungi si penjemput silahkan minta pertolongan kepada petugas-petugas yang dengan sopan dan ramah membantu anda di Meja Informasi dan Layanan Pelanggan yang ada di ruang lobby tunggu penumpang).

Kondisi Pintu Masuk Ruang Kedatangan Terminal ALBN Sei Ambawang
Kondisi Pintu Masuk Ruang Kedatangan Terminal ALBN Sei Ambawang

Dari hasil pengamatan, banyak oknum-oknum yang mengaku penjemput anda apalagi anda belum pernah ketemu dengan yang menjemput anda, situasi ini rawan terjadi tindak pidana. Tapi semua kembali kepada anda sendiri, kalau anda selalu berkomunikasi dengan petugas dalam hal apapun untuk rasa aman anda Insya Allah dengan Izin Tuhan bisa meminimalisasi tindak kejahatan yang mengintai anda.

Bagi anda yang belum ada penjemput silahkan berkomunikasi dengan petugas yang ada di dalam Ruang Kedatangan Internasional. Selanjutnya anda akan diarahkan oleh petugas untuk menuju 2 counter Transportasi yang ada di dalam Ruang Kedatangan Internasional yaitu: Bus DAMRI Antar Kota dan Taksi Resmi Terminal “Borneo” (Seragamnya Warna Hijau).

Dengan info dan pengarahan ini diharapkan bagi para pengguna fasilitas terminal mudah-mudahan kita bersama bisa menjaga ketertiban dan keamanan terminal. Karena tanggung jawab ini bukan hanya tugas Petugas Terminal saja tapi juga merupakan tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanannya, minimal keamanan diri sendiri.

Gambaran Taksi Resmi dan Bis Damri di Terminal ALBN Sei Ambawang
Taksi Gambaran Taksi Resmi dan Bis Damri di Terminal ALBN Sei Ambawang

Tidak lupa kami informasikan juga bahwa di terminal juga ada ruang polisi sektor sungai ambawang untuk mengantisipasi tindak pidana kejahatan yang terjadi di terminal. Terakhir untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang terjadi pastikan anda siapkan bukti-bukti tindak kejahatan yang terjadi seperti mencatat nama supir atau yang melakukan tindak kejahatan kepada anda, pastikan ada saksi dan keterangan lainnya yang bisa anda gunakan dalam laporan anda nantinya.

Untuk tindak kejahatan pemerasan dan sejenisnya silahkan langsung laporkan kepada petugas atau pihak polisi yang ada di terminal. Tapi alangkah baiknya untuk menghindari dan atau meminimalisasi tindak kejahatan tersebut diatas, intinya selalu berkomunikasi langsung kepada petugas terminal. Yang namanya oknum selalu ada dimana saja, tips sederhana untuk menghindari oknum-oknum tersebut dengan selalu mengikuti arahan dan petunjuk yang ada di tempat tersebut dalam hal ini di Terminal ALBN Sei Ambawang Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat Indonesia. (DW)

Sumber:

  • Petugas Terminal Internasional Antar Negara Sei Ambawang Kalimantan Barat

You might also like More from author

Comments

Proses...