Terus Belajar Menjadi Blogger Profesional

Menjadi seorang blogger profesional adalah impian setiap blogger yang ada didunia ini, termasuk saya. Meskipun saya telah bergelut di dunia blogger selama kurang lebih 3 tahun, saya merasa masih belum bisa menjadi seorang blogger yang profesional. Masih banyak hal yang harus saya ketahui dan pelajari mengenai seluk beluk menjadi seorang blogger. Karena bidang ilmunya yang bersifat maya, maka kita tidak tahu batasan-batasan ilmu yang harus dipelajari. Sebenarnya faktor-faktor apa sajakah yang harus diperhatikan agar kita bisa masuk dalam kategori blogger profesional??? Mungkin pertanyaan tersebut ada timbul di benak para blogger sekalian.

Oke, demi menjawab pertanyaan itu saya mulai melakukan pencarian di jagad maya. Alhamdulillah saya akhirnya bisa menemukan sebuah artikel yang berjudul 11 Syarat Utama Menjadi Blogger Profesional. Berikut ini saya posting kembali artikelnya dimana untuk kata-kata penjelasannya akan disesuaikan dengan bahasa saya sendiri.  Adapun syarat-syarat menjadi seorang blogger profesional, antara lain:

1.  Waktu

Blogger profesional harus memiliki waktu mengelola blognya. Bukan hanya penting untuk membuat postingan bagus, waktu juga penting untuk berinteraksi dengan blogger lain, mengumpulkan informasi, melakukan riset online, blog walking, dan sebagainya. Diusahakan setiap harinya rekan-rekan blogger bisa mengupdate blognya minimal 1-2 jam.

2.  Keahlian

Blogger profesional harus memiliki keahlian (kepakaran) di topik yang dipilihnya. Misalnya, bila ia memilih topik akuntansi, maka dia harus ahli di bidang tersebut. Selain dipercaya pembacanya, ia juga punya autoritas di bidang tersebut. Yang perlu dicatat, keahlian ini hasil dari belajar berkesinambungan (continuous learning).

3. Minat terhadap Topik yang Dipilih

Mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat blogger tentunya akan lebih menyenangkan sehingga kemungkinan untuk timbul masalah kebosanan akan dapat diatasi.

4. Kemampuan Menulis

Blogger profesional harus memiliki kemampuan menulis yang baik dilihat dari tata bahasa, alur cerita tulisan, dan kemudahan tulisannya dimengerti pembaca. Kemampuan ini tidak harus sebaik sastrawan atau pujangga, minimal tulisannya dipahami pembaca.

5. Pengetahuan Teknis Blogger

Disukai atau tidak, blog itu berbasis content management software. Blogger profesional harus memiliki kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain-lain.

6. Pengetahuan Blogger

Blogger profesioanal harus tahu dasar-dasar ngeblog antara lain bagaimana menggunakan trackback, ping, SEO, social bookmarking, twitter, RSS feed, face book, podcast, youtube, dan autoresponder.

7. Kemampuan Mendesain Blog

Desain blog sangat penting terhadap kesuksesan blog. Tentunya konten adalah rajanya. Namun, desain blog yang unik, cepat diakses, dan sistem navigasi yang informatif, akan membuat kesan pertama yang menggoda bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, blogger profesional sudah selayaknya mengetahui dasar-dasar HTML, CSS, dan optimisasi blog.

8. Pengetahuan Bisnis / Marketing

Blogger profesional harus memiliki kemampuan bisnis dan cara memasarkannya. Semakin baik memasarkan blog atau produknya, semakin besar peluang mendapat trafik dan uang. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis.

9. Kreatif dan Inovatif

Kreatif artinya memiliki daya cipta, sementara inovatif adalah menemukan hal baru. Kreatif dan inovatif akan membuat blogger profesional mampu membuat tulisan berkualitas, menemukan cara baru untuk mempromosikan blog atau produk, dan menemukan cara baru monetisasi.

10.  Memiliki Jaringan (Network)

Prinsip sederhananya, blogger profesional memiliki hubungan baik dengan blogger lain. Terlebih hubungan baik dengan blogger papan atas. Tentunya, hubungan ini bersifat win-win solution (tidak ada yang dirugikan).

11.  Kemampuan Berkomunikasi

Blogger profesional setidaknya mengerti bahasa Inggris karena postingan bermutu dari blogger top yag ditulis dalam bahasa Inggris atau mungkin saja berinteraksi dengan blogger luar negeri.

Nah, dari tulisan saya diatas bagaimana menurut pendapat teman-teman?? Apakah diantara rekan-rekan blogger ada yang telah memenuhi semua syarat utama diatas?? Kalau saya sendiri, baru beberapa syarat saja yang sudah bisa saya penuhi. Sedangkan persyaratan lainnya masih dalam proses pengejaran, hehehe… (memangnya buronan sehingga harus dikejar-kejar). Intinya kita tetap harus terus belajar menjadi seorang blogger profesional. (DW)

NB : Tulisan ini diikutsertakan dalam Contest Hidup Seorang Blogger yang diadakan oleh DenaiHati.Com.

1. Waktu. Blogger profesional harus memiliki waktu mengelola blognya. Bukan hanya penting untuk membuat postingan bagus, waktu juga penting untuk berinteraksi dengan blogger lain, mengumpulkan informasi, melakukan riset online, blog walking, dan sebagainya.

Kok bisa ShoeMoney ngeblog hanya kurang 1 jam tiap harinya, sementara penghasilannya ratusan ribu dolar per bulannya? Menurut saya, ini karena jam terbang. Saya yakin saat pertama merintis karirnya dia menghabiskan banyak waktu untuk mengelola blognya.

2. Keahlian. Blogger profesional harus memiliki keahlian (kepakaran) di topik yang dipilihnya. Misalnya, bila ia memilih topik afiliasi, maka dia harus ahli di bidang tersebut. Selain dipercaya pembacanya, ia juga punya autoritas di bidang tersebut. Yang perlu dicatat, keahlian ini hasil dari belajar berkesinambungan (continuous learning).

3. Minat terhadap topik yang dipilih. Dengan minat, semua aktivitas akan menyenangkan.

4. Kemampuan menulis. Blogger profesional harus memiliki kemampuan menulis yang baik dilihat dari tata bahasa, alur cerita tulisan, dan kemudahan tulisannya dimengerti pembaca. Kemampuan ini tidak harus sebaik sastrawan atau pujangga, minimal tulisannya dipahami pembaca.

5. Pengetahuan teknis ngeblog. Disukai atau tidak, blog itu berbasis content management software. Blogger profesional harus memiliki kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain-lain.

6. Pengetahuan ngeblog. Blogger profesioanal harus tahu dasar-dasar ngeblog antara lain bagaimana menggunakan trackback, ping, SEO, social bookmarking, twitter, RSS feed, face book, podcast, you tube, dan autoresponder.

7. Kemampuan mendesain blog. Desain blog sangat penting terhadap kesuksesan blog. Tentunya konten adalah rajanya. Namun, desain blog yang unik, cepat diakses, dan sistem navigasi yang informatif, akan membuat kesan pertama yang menggoda bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, blogger profesional sudah selayaknya mengetahui dasar-dasar HTML, CSS, dan optimisasi blog.

8. Pengetahuan bisnis/marketing. Blogger profesional harus memiliki kemampuan bisnis dan cara memasarkannya. Semakin baik memasarkan blog atau produknya, semakin besar peluang mendapat trafik dan uang. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis.

9. Kreatif dan Inovatif. Kreatif artinya memiliki daya cipta, sementara inovatif adalah menemukan hal baru. Kreatif dan inovatif akan membuat blogger profesional mampu membuat tulisan berkualitas, menemukan cara baru untuk mempromosikan blog atau produk, dan menemukan cara baru monetisasi.

10. Memiliki jaringan (network). Prinsip sederhananya, blogger profesional memiliki hubungan baik dengan blogger lain. Terlebih hubungan baik dengan blogger papan atas. Tentunya, hubungan ini bersifat win-win solution (tidak ada yang dirugikan).  Update: lihat Cara Membangun Networking yang Salaing Menguntungkan.

11. Kemampuan berkomunikasi. Blogger profesional setidaknya mengerti bahasa Inggris karena postingan bermutu dari blogger top yag ditulis dalam bahasa Inggris atau mungkin saja berinteraksi dengan blogger luar negeri.

Share tulisan ini ya...Share on Facebook8Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0
author

Author: 

Blog yang berisi info mengenai Pontianak, perjalanan Blogger Borneo, liputan kegiatan, dan review produk jasa terbaru. Jika ada yang berminat produknya direview langsung aja menghubungi 08565030366. Thanks...

14 Responses

  1. author

    Kadri-Blog.Blogspot.COM4 years ago

    Wah mantap nih Keren analisa nya,
    Blogger Pontianak, Blum bnyak sih,, Jadi komeng ny Pertamaxx

    Nggak Naruh Link, Ntar Terperangkap Askimet, Hehehe..

    Bravoo : Blogger PONTIANAK
    Netter nya banyak FACEBOOKER Pontianak Juga BRAVOO..

    Reply
  2. author

    Bang Iwan4 years ago

    Mantap sangat bro…
    Moga berjaya di kontes ini

    Reply
  3. author

    Bunglon Blog Indonesia4 years ago

    wah pada rame² ikutan kontes seo ya hmmm hebat, semangat dengan kontesnya sob semoga berhasil ya
    Sukses Slalu!

    Reply
  4. Sepenggal Kisah Hidup Seorang Blogger Borneo | Hidup Seorang Blogger4 years ago

    [...] Terus Belajar Menjadi Seorang Blogger Profesional [...]

    Reply
  5. author

    Triagung.com4 years ago

    Makasih Mas infonya, sekarang setidaknya saya mempunyai gambaran langkah mejadi blogger profesional…

    Reply
  6. author
    Author

    Blogger Borneo4 years ago

    Iya, wa’alaikumsalam. Btw, handoko itu siapa yach? Maaf agak lupa, belakangan ini jarang ngeblog jadi memori agak samar. Hehehe…

    Reply
  7. author

    amatir.com4 years ago

    mas, saya baru mulai iseng2 ma yang namaya blog hehe, bisa ga ya jadi seperti apa yang dibilang mas…
    mohon bantuanya ya..

    sebelumnya makasih infonya !!!

    Reply
    • author
      Author

      Blogger Borneo4 years ago

      Insya Allah bisa mas, apa sih yg ga mungkin di dunia ini selama kita mau belajar dan berusaha. Salam persahabatan…

      Reply
  8. author
    Author

    Dwi Wahyudi3 years ago

    Salam kenal balik juga bro, btw gabunglah ke komunitas kite nih. Cari aja grupnya di facebook dengan nama Komunitas Blogger en Netter Pontianak. Trims…

    Reply
  9. author

    muhmusa3 years ago

    Hehehe,..tunggu pembalasanku…!,Loh ko pembalasan,maksudnya tunggu aku,..!. Masih terlalu jauh Gan,untuk sarat yang 10 pun,padahal mungkin masih banyak lagi yang harus dikuasai. Paling mungkin,model saya hanya bisa masuk kategori blogger “Telaten”,yang penting maju. Mau masuk profesional atau tidak,yang penting terus ngeblog,dengan kemampuan seadaanya !

    Reply
    • author
      Author

      Dwi Wahyudi3 years ago

      Seperti judul yang kuberikan bro, terus belajar menjadi blogger profesional. Semangat…

      Reply
  10. author

    Abu Caliefs1 year ago

    Keren banget tulisannya Mastah ..
    saya baru banget nih kenal dunia bloging, jadi semakin terpacu tuk bisa jadi bloger profesional ..
    mohon bimbingannya yah :)

    Reply
    • author
      Author

      Dwi Wahyudi1 year ago

      Iya Bro, kuncinya ada pada semangat kita untuk menulis. Yang namanya bosan pasti ada waktunya, hanya saja jika semangat menulis kita selalu terjaga maka Insya Allah blog kita akan selalu terupdate :-)

      Reply

Leave a Reply