best counter
FB AutoAddFriends + UID Grabber 728x90
Opini

Terus Belajar Menjadi Blogger Profesional

Terus Belajar Menjadi Blogger Profesional

Menjadi seorang blogger profesional adalah impian setiap blogger yang ada didunia ini, termasuk saya. Meskipun saya telah bergelut di dunia blogger selama kurang lebih 3 tahun, saya merasa masih belum bisa menjadi seorang blogger yang profesional. Masih banyak hal yang harus saya ketahui dan pelajari mengenai seluk beluk menjadi seorang blogger. Karena bidang ilmunya yang bersifat maya, maka kita tidak tahu batasan-batasan ilmu yang harus dipelajari. Sebenarnya faktor-faktor apa sajakah yang harus diperhatikan agar kita bisa masuk dalam kategori blogger profesional??? Mungkin pertanyaan tersebut ada timbul di benak para blogger sekalian.

Oke, demi menjawab pertanyaan itu saya mulai melakukan pencarian di jagad maya. Alhamdulillah saya akhirnya bisa menemukan sebuah artikel yang berjudul 11 Syarat Utama Menjadi Blogger Profesional. Berikut ini saya posting kembali artikelnya dimana untuk kata-kata penjelasannya akan disesuaikan dengan bahasa saya sendiri.  Adapun syarat-syarat menjadi seorang blogger profesional, antara lain:

1.  Waktu

Blogger profesional harus memiliki waktu mengelola blognya. Bukan hanya penting untuk membuat postingan bagus, waktu juga penting untuk berinteraksi dengan blogger lain, mengumpulkan informasi, melakukan riset online, blog walking, dan sebagainya. Diusahakan setiap harinya rekan-rekan blogger bisa mengupdate blognya minimal 1-2 jam.

2.  Keahlian

Blogger profesional harus memiliki keahlian (kepakaran) di topik yang dipilihnya. Misalnya, bila ia memilih topik akuntansi, maka dia harus ahli di bidang tersebut. Selain dipercaya pembacanya, ia juga punya autoritas di bidang tersebut. Yang perlu dicatat, keahlian ini hasil dari belajar berkesinambungan (continuous learning).

3. Minat terhadap Topik yang Dipilih

Mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat blogger tentunya akan lebih menyenangkan sehingga kemungkinan untuk timbul masalah kebosanan akan dapat diatasi.

4. Kemampuan Menulis

Blogger profesional harus memiliki kemampuan menulis yang baik dilihat dari tata bahasa, alur cerita tulisan, dan kemudahan tulisannya dimengerti pembaca. Kemampuan ini tidak harus sebaik sastrawan atau pujangga, minimal tulisannya dipahami pembaca.

5. Pengetahuan Teknis Blogger

Disukai atau tidak, blog itu berbasis content management software. Blogger profesional harus memiliki kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain-lain.

6. Pengetahuan Blogger

Blogger profesioanal harus tahu dasar-dasar ngeblog antara lain bagaimana menggunakan trackback, ping, SEO, social bookmarking, twitter, RSS feed, face book, podcast, youtube, dan autoresponder.

7. Kemampuan Mendesain Blog

Desain blog sangat penting terhadap kesuksesan blog. Tentunya konten adalah rajanya. Namun, desain blog yang unik, cepat diakses, dan sistem navigasi yang informatif, akan membuat kesan pertama yang menggoda bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, blogger profesional sudah selayaknya mengetahui dasar-dasar HTML, CSS, dan optimisasi blog.

8. Pengetahuan Bisnis / Marketing

Blogger profesional harus memiliki kemampuan bisnis dan cara memasarkannya. Semakin baik memasarkan blog atau produknya, semakin besar peluang mendapat trafik dan uang. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis.

9. Kreatif dan Inovatif

Kreatif artinya memiliki daya cipta, sementara inovatif adalah menemukan hal baru. Kreatif dan inovatif akan membuat blogger profesional mampu membuat tulisan berkualitas, menemukan cara baru untuk mempromosikan blog atau produk, dan menemukan cara baru monetisasi.

10.  Memiliki Jaringan (Network)

Prinsip sederhananya, blogger profesional memiliki hubungan baik dengan blogger lain. Terlebih hubungan baik dengan blogger papan atas. Tentunya, hubungan ini bersifat win-win solution (tidak ada yang dirugikan).

11.  Kemampuan Berkomunikasi

Blogger profesional setidaknya mengerti bahasa Inggris karena postingan bermutu dari blogger top yag ditulis dalam bahasa Inggris atau mungkin saja berinteraksi dengan blogger luar negeri.

Nah, dari tulisan saya diatas bagaimana menurut pendapat teman-teman?? Apakah diantara rekan-rekan blogger ada yang telah memenuhi semua syarat utama diatas?? Kalau saya sendiri, baru beberapa syarat saja yang sudah bisa saya penuhi. Sedangkan persyaratan lainnya masih dalam proses pengejaran, hehehe… (memangnya buronan sehingga harus dikejar-kejar). Intinya kita tetap harus terus belajar menjadi seorang blogger profesional. (DW)

NB : Tulisan ini diikutsertakan dalam Contest Hidup Seorang Blogger yang diadakan oleh DenaiHati.Com.

1. Waktu. Blogger profesional harus memiliki waktu mengelola blognya. Bukan hanya penting untuk membuat postingan bagus, waktu juga penting untuk berinteraksi dengan blogger lain, mengumpulkan informasi, melakukan riset online, blog walking, dan sebagainya.

Kok bisa ShoeMoney ngeblog hanya kurang 1 jam tiap harinya, sementara penghasilannya ratusan ribu dolar per bulannya? Menurut saya, ini karena jam terbang. Saya yakin saat pertama merintis karirnya dia menghabiskan banyak waktu untuk mengelola blognya.

2. Keahlian. Blogger profesional harus memiliki keahlian (kepakaran) di topik yang dipilihnya. Misalnya, bila ia memilih topik afiliasi, maka dia harus ahli di bidang tersebut. Selain dipercaya pembacanya, ia juga punya autoritas di bidang tersebut. Yang perlu dicatat, keahlian ini hasil dari belajar berkesinambungan (continuous learning).

3. Minat terhadap topik yang dipilih. Dengan minat, semua aktivitas akan menyenangkan.

4. Kemampuan menulis. Blogger profesional harus memiliki kemampuan menulis yang baik dilihat dari tata bahasa, alur cerita tulisan, dan kemudahan tulisannya dimengerti pembaca. Kemampuan ini tidak harus sebaik sastrawan atau pujangga, minimal tulisannya dipahami pembaca.

5. Pengetahuan teknis ngeblog. Disukai atau tidak, blog itu berbasis content management software. Blogger profesional harus memiliki kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain-lain.

6. Pengetahuan ngeblog. Blogger profesioanal harus tahu dasar-dasar ngeblog antara lain bagaimana menggunakan trackback, ping, SEO, social bookmarking, twitter, RSS feed, face book, podcast, you tube, dan autoresponder.

7. Kemampuan mendesain blog. Desain blog sangat penting terhadap kesuksesan blog. Tentunya konten adalah rajanya. Namun, desain blog yang unik, cepat diakses, dan sistem navigasi yang informatif, akan membuat kesan pertama yang menggoda bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, blogger profesional sudah selayaknya mengetahui dasar-dasar HTML, CSS, dan optimisasi blog.

8. Pengetahuan bisnis/marketing. Blogger profesional harus memiliki kemampuan bisnis dan cara memasarkannya. Semakin baik memasarkan blog atau produknya, semakin besar peluang mendapat trafik dan uang. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis.

9. Kreatif dan Inovatif. Kreatif artinya memiliki daya cipta, sementara inovatif adalah menemukan hal baru. Kreatif dan inovatif akan membuat blogger profesional mampu membuat tulisan berkualitas, menemukan cara baru untuk mempromosikan blog atau produk, dan menemukan cara baru monetisasi.

10. Memiliki jaringan (network). Prinsip sederhananya, blogger profesional memiliki hubungan baik dengan blogger lain. Terlebih hubungan baik dengan blogger papan atas. Tentunya, hubungan ini bersifat win-win solution (tidak ada yang dirugikan).  Update: lihat Cara Membangun Networking yang Salaing Menguntungkan.

11. Kemampuan berkomunikasi. Blogger profesional setidaknya mengerti bahasa Inggris karena postingan bermutu dari blogger top yag ditulis dalam bahasa Inggris atau mungkin saja berinteraksi dengan blogger luar negeri.

1,217 total views, 3 views today

Komentar via Facebook

Komentar

View Comments (14)

14 Comments

  1. Kadri-Blog.Blogspot.COM

    29/08/2010 at 3:09 AM

    Wah mantap nih Keren analisa nya,
    Blogger Pontianak, Blum bnyak sih,, Jadi komeng ny Pertamaxx

    Nggak Naruh Link, Ntar Terperangkap Askimet, Hehehe..

    Bravoo : Blogger PONTIANAK
    Netter nya banyak FACEBOOKER Pontianak Juga BRAVOO..

  2. Bang Iwan

    29/08/2010 at 6:19 AM

    Mantap sangat bro…
    Moga berjaya di kontes ini

  3. Bunglon Blog Indonesia

    29/08/2010 at 9:59 AM

    wah pada rame² ikutan kontes seo ya hmmm hebat, semangat dengan kontesnya sob semoga berhasil ya
    Sukses Slalu!

  4. Pingback: Sepenggal Kisah Hidup Seorang Blogger Borneo | Hidup Seorang Blogger

  5. Triagung.com

    14/09/2010 at 11:42 PM

    Makasih Mas infonya, sekarang setidaknya saya mempunyai gambaran langkah mejadi blogger profesional…

  6. Blogger Borneo

    29/09/2010 at 3:31 PM

    Iya, wa’alaikumsalam. Btw, handoko itu siapa yach? Maaf agak lupa, belakangan ini jarang ngeblog jadi memori agak samar. Hehehe…

  7. amatir.com

    10/10/2010 at 4:13 AM

    mas, saya baru mulai iseng2 ma yang namaya blog hehe, bisa ga ya jadi seperti apa yang dibilang mas…
    mohon bantuanya ya..

    sebelumnya makasih infonya !!!

    • Blogger Borneo

      10/10/2010 at 7:08 PM

      Insya Allah bisa mas, apa sih yg ga mungkin di dunia ini selama kita mau belajar dan berusaha. Salam persahabatan…

  8. Dwi Wahyudi

    11/04/2011 at 5:24 AM

    Salam kenal balik juga bro, btw gabunglah ke komunitas kite nih. Cari aja grupnya di facebook dengan nama Komunitas Blogger en Netter Pontianak. Trims…

  9. muhmusa

    13/10/2011 at 3:53 PM

    Hehehe,..tunggu pembalasanku…!,Loh ko pembalasan,maksudnya tunggu aku,..!. Masih terlalu jauh Gan,untuk sarat yang 10 pun,padahal mungkin masih banyak lagi yang harus dikuasai. Paling mungkin,model saya hanya bisa masuk kategori blogger “Telaten”,yang penting maju. Mau masuk profesional atau tidak,yang penting terus ngeblog,dengan kemampuan seadaanya !

    • Dwi Wahyudi

      14/10/2011 at 11:08 PM

      Seperti judul yang kuberikan bro, terus belajar menjadi blogger profesional. Semangat…

  10. Abu Caliefs

    14/08/2013 at 11:33 AM

    Keren banget tulisannya Mastah ..
    saya baru banget nih kenal dunia bloging, jadi semakin terpacu tuk bisa jadi bloger profesional ..
    mohon bimbingannya yah :)

    • Dwi Wahyudi

      14/08/2013 at 12:22 PM

      Iya Bro, kuncinya ada pada semangat kita untuk menulis. Yang namanya bosan pasti ada waktunya, hanya saja jika semangat menulis kita selalu terjaga maka Insya Allah blog kita akan selalu terupdate :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Opini
@BloggerBorneo

Blogger Borneo News merupakan media online independen yang berisikan informasi seputar Kalimantan Barat, liputan khusus, dan review produk terbaru. Bagi yang berminat produknya direview bisa melihat syarat dan ketentuan di halaman LAYANAN .

More in Opini

Logo MMM Indonesia

Promosi MMM Semakin Gencar, Masyarakat Harus Tetap Waspada

Dwi Wahyudi10/04/2015
Tingkah Aneh Foto Selfie dengan Nisan Kuburan

Fenomena Baru Berselfie Ria Bersama Nisan Kuburan

Dwi Wahyudi31/03/2015
Kominfo dan BNPT Blokir 19 Situs Islam

19 Situs Islam Diblokir Kominfo dan BNPT, Ada Apa Gerangan?

Dwi Wahyudi30/03/2015
Menteri Agraria dan Tata Ruang Era Jokowi

Menteri Agraria Dianggap Plin Plan Terkait PBB, Ini Klarifikasinya

Dwi Wahyudi28/03/2015
Sertifikasi Halal Tempat Kuliner

Pentingnya Sertifikasi Halal bagi Lokasi Kuliner Khas di Pontianak

Dwi Wahyudi28/03/2015
Taman Alun Pontianak Menjelang Malam

Alasan Blogger Borneo Tak Suka Jakarta

Dwi Wahyudi03/02/2015