Teluk Empening, Desa Internet Inovatif Kabupaten Kubu Raya Tahun 2017

Melihat foto Bang Daus terpampang di halaman facebooknya membuat saya langsung merasa senang karena di tahun ke 10 hari jadi Kabupaten Kubu Raya, Desa Teluk Empening memperoleh penghargaan Desa Internet Inovatif Tahun 2017.

Kepala Desa Teluk Empening Menerima Penghargaan Desa Internet Inovatif 2017
Muhammad Firdaus (tengah), sedang berfoto bersama ketika selesai menerima penghargaan sebagai Desa Internet Inovatif Tahun 2017 dari Bupati Kabupaten Kubu Raya.

Muhammad Firdaus, Blogger Borneo mengenal sosok ini ketika pertama kali berkunjung ke website www.empeningnews.com. Memang jika dikunjungi untuk saat ini, alamat website tersebut sudah tidak akfit lagi karena sudah pindah ke alamat website desa yang resmi dikeluarkan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yaitu www.telukempening.desa.id.

Kisah pertemuan dengan Bang Daus, demikian panggilan akrabnya, awal pertama kali bermula ketika pada tahun 2014 Blogger Borneo sedang mencari informasi mengenai desa-desa mana saja yang sudah memiliki website sendiri pada saat itu. Ternyata dari hasil pencarian, nama Desa Teluk Empening muncul di halaman pertama pencarian Google. Blogger Borneo kemudian berusaha untuk mencari kontak dari pemilik alamat website tersebut dan dapatlah nomornya Bang Daus.

Karena Desa Teluk Empening terletak di Kabupaten Kubu Raya, tepatnya di Kecamatan Terentang, maka tidak terlalu sulit untuk bisa berkomunikasi secara langsung karena beberapa hari sekali Beliau memiliki agenda perjalanan ke kantor Bupati Kubu Raya dalam kaitannya menyelesaikan administrasi dan beberapa urusan desa. Waktu itu Bang Daus statusnya masih menjadi Staf Ahli Kepala Desa Teluk Empening, Alhamdulillah untuk saat ini statusnya sudah naik tingkat menjadi Kepala Desa. Tetap Semangat Bang… 😀

DESA TELUK EMPENING KUBU RAYA

Siapa yang tekun dan konsisten dalam mengerjakan sesuatu, maka tetap dia yang akan menunai hasilnya. Sepertinya ungkapan ini sangat cocok untuk menggambarkan kisah Bang Daus yang pada peringatan Hari Jadi ke 10 Kabupaten Kubu Raya mendapat penghargaan Desa Internet Terinovatif Tahun 2017. Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Kubu Raya, Rusman H.M. Ali bertempat di Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (17/07/2017).

Memang sejak kenal dengan Bang Daus, Blogger Borneo melihat Beliau memiliki hobi dalam mengutak-atik atik fitur maupun konten di dalam website desa yang dikelolanya. Tak heran banyak desa yang berkonsultasi kepada Beliau terkait pengelolaan website desa. Dan satu hal yang terpenting adalah dengan diraihnya penghargaan ini, memberikan banyak pelajaran bahwa latar belakang pendidikan bukan hambatan dalam meraih keahlian. Kepala desa sekaligus pengelola website ini hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama, namun dari dulu memang sudah tertarik dengan dunia IT. Ketekunannya dan keseriusan dalam mengelola website desa mengantarkan Desa Teluk Empening menjadi desa paling inovatif baik dalam informasi desa maupun konten fiturnya. Benar-benar luar biasa…

DESA INTERNET INOVATIF KUBU RAYA 2017

“Di dalam website kami tak hanya menginformasikan tentang aktifitas desa dan produk desa, namun juga kami muat informasi penting seperti produk hukum terbaru tentang desa dan lain-lain sehingga tak jarang banyak desa lain menyalin dan meng-copy file-file dari web kami “ ujar Muhamad Firdaus.

Bang Daus menambahkan bahwa untuk mengelola website desa memang menguras banyak waktu, namun karena hobi maka itu bukanlah menjadi masalah. Namun seiring perjalanan waktu dimana aktivitas utamanya sebagai Kepala Desa sudah semakin banyak, makan pihak desa berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan dalam bentuk pelatihan menulis dan jurnalistik bagi para pemuda-pemudi yang ada. Alhamdulillah pada akhir tahun lalu kegiatan ini sudah terealisasikan sehingga untuk sekarang proses update berita di website desa sudah lebih mudah dilakukan dan lebih banyak berita yang dimuat.

RUMAH PINTAR INTERNET TELUK EMPENING

Selain website, sejak tahun 2014 juga sudah berdiri megah Rumah Pintar di Desa Teluk Empening. Fasilitas dalam bentuk bantuan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) ini dimanfaatkan masyarakat untuk mengakses internet. Para pelajar juga turut aktif dalam mengakses internet terutama di malam hari untuk mengerjakan tugas sekolah, juga tak jarang terlihat orang tua ikut serta walau hanya menonton youtube melihat-lihat video tentang pertanian. Akses internet dan informasi menang sudah seharunya meluas ke desa-desa dan dapat dimanfaatkan masyarakat sehingga ketimpangan informasi antara kota dan desa tidak ada lagi.

“Saya baru bergabung dalam pemerintahan Desa Teluk Empening ini beberapa bulan lalu, saya cukup kagum, soalnya internet dan informasi desa cukup lancar dan yang mengelolanya kepala desa pula. Meskipun berada di desa rasanya tetap mudah untuk mengakses informasi dan masyarakat disini cukup melek teknologi terutama internet”, Ujar Jamaludin, pemuda  yang baru pulang kampung dan bergabung dalam pemerintahan desa.

Pemerintah Desa Teluk Empening terus berupaya meningkatkan pelayanan informasi melaui website desa. Kedepan diharapkan lebih banyak warga yang dapat mengakses internet dan terlibat aktif dalam memuat informasi-informasi desa. Penghargaan ini sebagai motivasi desa untuk terus giat mengelola website desa dan mendorong desa-desa lain juga aktif karena hampir semua desa sudah terlayani dengan fasilitas internet desa. (DW)

Sumber Referensi:

  • http://www.telukempening.desa.id/2017/07/19/543/

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge