Tahun Baru, Komunitas Blogger Pontianak Punya Struktur Organisasi Baru

Setelah sempat beberapa lama mengalami kevakuman struktur organisasi, akhirnya per 1 Januari 2017 Komunitas Blogger Pontianak atau biasa disingkat KBP telah memiliki struktur organisasi baru. Hanya sebagai informasi tambahan bahwa Komunitas Blogger Pontianak awalnya hanya sebuah komunitas di Facebook yang sebenarnya sudah cukup lama terbentuk dan aktif di media sosial. Kalau tidak salah ingat, sejak Komunitas BELETER (Blogger en Netter) dibentuk, komunitas ini sudah lebih dulu ada.

SEJARAH SINGKAT

Tidak terasa beberapa tahun sudah terlewati, di saat Komunitas BELETER untuk saat ini sudah benar-benar vakum nama Komunitas Blogger Pontianak sendiri masih terus eksis bergerak. Alhamdulillah dari para anggota yang dulunya bergabung di Komunitas BELETER, sekarang beberapa diantaranya ada yang bergabung ke KBP.

Sampai saat tulisan ini dibuat, jumlah anggota dari halaman Facebook Komunitas Blogger Pontianak sudah mencapai angka 1.196 orang. Namun jumlah tersebut bukanlah nilai realisasi dari keseluruhan anggota yang aktif secara offline maupun online. Jika dilihat pada saat acara silaturahim Kopdar KBP yang rutin dilaksanakan setiap bulannya, jumlah anggota yang hadir ada diantara 15-30 orang.

Foto Bareng Komunitas Blogger Pontianak Saat ASUS Challenge Your City Roadshow 2016
Foto Bareng Komunitas Blogger Pontianak Saat ASUS Challenge Your City Roadshow 2016 (Sumber: BloggerPontianak.Id)

Ya bagi Blogger Borneo sendiri untuk menjadi sebuah komunitas yang aktif tidak harus memiliki anggota mencapai ratusan atau ribuan, sebenarnya cukup beberapa puluh orang saja asalkan masing-masing bisa saling menjaga eksistensi dan konsistensinya sudah bisa menjamin komunitas tersebut akan tetap terus bergerak.

MEKANISME PEMILIHAN

Proses pemilihan calon Ketua Koordinator KBP sendiri dilakukan secara pemilihan suara terbanyak dimana sebelumnya dipilih terlebih dahulu 5 (lima) orang anggota komunitas, yaitu: Teguh Haryadi, Edo Pradana Prasitha, Mardiyah Harahap, Ero Pradolly Prasitha, dan Radit Mananta.

Dari para anggota yang aktif diberi kesempatan untuk memilih salah seorang diantara kelima calon nominasi tersebut. Setelah dilakukan diskusi internal, akhirnya disepakati Edo Pradana Prasitha menjadi Ketua Koordinator Komunitas Blogger Pontianak. Sedangkan 4 orang lainnya tetap menjadi Koordinator KBP. Dalam organisasi, koordinator komunitas kurang lebih memiliki fungsi sama dengan pengurus. Jadi secara struktur kepengelolaan, Komunitas Blogger Pontianak memiliki 5 orang penanggungjawab termasuk Ketua.

TETAP SOLID TETAP KOMPAK

Dengan terpilihnya Ketua Koordinator KBP yang baru, diharapkan kedepannya komunitas ini dapat terus bergerak dan mengembangkan dirinya menjadi sebuah komunitas yang dapat memberikan manfaat bagi para anggota khususnya dan kota Pontianak umumnya. Dalam tulisan ini, secara pribadi Blogger Borneo hanya ingin berpesan agar kawan-kawan yang bergabung dalam Komunitas Blogger Pontianak bisa terus saling bekerjasama dan lebih memprioritaskan kepentingan komunitas daripada kepentingan pribadi. Tetap Solid Tetap Kompak, Komunitas Blogger Pontianak Selalu Eksis dan Berjaya. (DW)

6 Comments

  1. diane says

    Sukses selalu buat para blogger pontianak ? sedikit tapi efektif…?

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Mbak, tidak perlu orang banyak untuk menjalankan sebuah organisasi berbentuk komunitas. Cukup 5 orang saja, yang penting solid dan konsisten. 🙂

  2. Niee says

    Si irni udah sering banget ketemu blogger bandung. Bahkan bisa dikatakan akrab lah. Beberapa kali ketemu blogger jakarta dan jogja. Tapi belom pernah sekalipun ketemu sama blogger pontianak ?

    Mudah2an ade rejeki kapan kapan ketemuan ye. Soalnye belom ketemu same blog di blogger pontianak yang isinye cuma receh2 kayak blog saye. Semue keren keren dan berat berat ???

    1. Dwi Wahyudi says

      Saye sih maklom, Kakak kan banyak aktivitas. Kikikikikiki…

  3. Daeng Ipul says

    Ahsyeekkk!

    Selamat buat Komunitas Blogger Pontianak!
    semoga kembali aktif, karena memang sudah saatnya komunitas blogger aktif kembali seperti dulu

    salam dari tanah Makassar!

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Daeng, akhirnya proses regenerasi bisa berjalan dengan baik. Sudah saatnya yang sepuh berada di lingkungan yang seharusnya. Hahahahhaa…

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge