BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Sumatera Selatan Launching Wisata Halal dan Kalender Wisata 2017

Sebuah informasi dari Om Deddy Huang melalui salah satu postingan blognya yang berjudul "Catat Tanggal dan Ambil Cuti Kalian, Kalender Event Sumatera Selatan 2017 Sudah Keluar" membuat Blogger Borneo tertarik untuk mempublikasikannya kembali di blog ini.

Sebagai salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di bagian selatan, Sumatera Selatan beribukota di Palembang. Secara geografis provinsi Sumatera Selatan berbatasan langsung dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kepulauan Bangka-Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan, dan Provinsi Bengkulu di barat. Provinsi Sumatera Selatan kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Selain itu ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya.

BACA JUGA: KALENDER WISATA SUMATERA SELATAN 2017

Di penghujung tahun lalu, tepatnya pada hari Jum’at (16/12/2016), seperti dilansir dari laman SouthSumateraTourism.Com, Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) nya menyelenggarakan acara Launching Wisata Halal dan Kalender Event Sumatera Selatan 2017. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan dalam rangka menunjukkan komitmen dukungan terhadap salah satu program Kementerian Pariwisata yaitu mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya ke Sumatera Selatan.

Launching Wisata Halal Sumatera Selatan 2017
Kepala Disbudpar Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga, sedang memberikan kata sambutan dalam Launching Wisata dan Kalender Event Sumatera Selatan 2017 (Foto: DeddyHuang.Com)

”Kita gelar banyak event di tahun depan (2017, Red). Terdapat 42 event dan itu masih bisa bertambah lagi,” ungkap Kepala Disbudpar Provinsi Sumsel Irene Camelyn Sinaga usai Launching Wisata Halal dan Kalender Wisata Sumatera Selatan 2017, di Atrium PIM, Jumat (16/12/2016).

Dari puluhan event yang akan digelar, lanjut Irene, diantaranya di OKU Selatan ada jelajah alam serasan seandanan, di Pagaralam ada festival dempo, Lubuk Linggau ada festival dusun lame dan musi triboatton di Palembang, Banyuasin, Muba, Mura, Empat Lawang, serta berbagai event lainnya.

Irene juga menyebut, Sumsel siap menghibur wisatawan lokal dan mancanegara lewat event pariwisata nantinya. Sebab, rangkaian pada kalender event 2017 mendatang tersebut akan dipromosikan mulai dari dalam negeri hingga ke luar negeri.

KALENDER WISATA SUMATERA SELATAN 2017

Provinsi Sumatera Selatan dikenal sebagai provinsi yang memiliki banyak tujuan wisata menarik untuk dikunjungi seperti Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, Kota Pagaralam dan lain-lain. Karena sejak dahulu telah menjadi pusat perdagangan, secara tidak langsung ikut mempengaruhi kebudayaan masyarakatnya. Makanan khas dari provinsi ini sangat beragam seperti pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.

Kalender Wisata Sumatera Selatan 2017

Untuk wisata halal di Sumatera Selatan, sambung Irene, memang sejauh ini belum mengidentifikasi ada berapa banyak. Namun, wisata halal ini dimana dari para industri seperti, agen travel, objek wisata, mall, hotel, restoran dan lainnya harus memiliki sertifikat wisata halal.

”Memang sebenarnya Provinsi Sumsel ini banyak untuk wisata halal, tapi ada provinsi yang mendahului itu, seperti Aceh. Kedepan, ada beberapa hotel di Palembang yang sudah bersedia agar menjadi wisata halal, mulai dari tempat ibadahnya hingga ke restorannya,” jelas Irene.

Baca Juga: Agenda Wisata Kalimantan Barat

”Dalam kalender event 2017, cukup banyak rangkaian yang akan berlangsung di Sumsel. Tapi nanti di 2018 mendatang, kita bisa membuat kalender event yang jauh lebih banyak lagi dengan melibatkan kabupaten/kota di Sumsel,” tambah dia.

Dirinya juga berharap, lewat puluhan event pariwisata nanti dapat mendatangkan banyak wisatawan dari luar Sumsel. Selain itu, dengan adanya ini juga menyambut akan dilangsungkannya Asian Games pada 2018 mendatang.

”Jadi, setelah Asian Games, pastinya Kota Palembang akan dikenal 45 negara Asian dan negara-negara lainnya. Semoga lainching ini juga dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Sumsel,” pungkasnya.

Referensi Tulisan:

  • https://southsumatratourism.com/news/index.php/2016/12/17/42-event-pariwisata-akan-tersaji-di-sumsel-2017/
  • https://deddyhuang.com/2016/12/17/kalender-event-sumsel-2017/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Selatan
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge