Sepenggal Kisah Hidup Seorang Blogger Borneo

Tidak terasa selama kurang lebih tiga tahun  saya memiliki “profesi” tambahan sebagai SEORANG BLOGGER. Sejak tahun 2007 saya mulai menekuni profesi baru saya tersebut, berbagai macam kendala dan rintangan yang dulunya sempat menghadang semuanya bisa saya lewati dengan baik. Dari yang dulunya masih mengandalkan cyber-cyber ditepi jalan hingga saat ini saya telah memiliki jaringan internet sendiri membuat tidak ada lagi alasanku untuk berhenti menjadi SEORANG BLOGGER. Sebenarnya jika dilihat kilas baliknya, proses saya untuk bisa menjadi SEORANG BLOGGER terjadi secara kebetulan dan tidak disengaja. Pada awalnya saya malah sama sekali tidak tahu dengan istilah Blog, Blogger, Ngeblog, atau istilah apalah yang mengandung ketiga unsur kata tersebut. Dalam bayangan saya pada saat itu SEORANG BLOGGER adalah orang yang tidak punya kerjaan alias iseng dimana kerjaannya hanya menulis, menulis, dan menulis.

Perjalanan hidup saya menjadi SEORANG BLOGGER diawali ketika untuk pertama kalinya mengikuti Seminar Blog dimana pada saat itu pembicaranya berasal dari tokoh-tokoh Blogger Pontianak.  Dari sini saya baru mengerti dan tidak tahu kenapa setelah kegiatan itu selesai keinginan saya untuk belajar menjadi SEORANG BLOGGER langsung muncul begitu saja. Mungkin itu yang dimaksud dengan Aura Blogger, bisa menarik hati siapa saja untuk menjadi SEORANG BLOGGER. Dengan memantapkan hati akhirnya saya berhasil membuat blog.

Sedikit ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman yang mungkin sampai saat ini masih belum tahu mengenai apa yang dimaksud dengan Blog, Blogger, dan Ngeblog. Mungkin saja setelah saya ceritakan mengenai sepenggal kisah hidup saya menjadi SEORANG BLOGGER, ada diantara teman-teman yang berminat untuk menjadi SEORANG BLOGGER PROFESIONAL.

Blog merupakan singkatan dari kata Weblog, yaitu suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (biasanya dimuat sebagai bentuk posting) pada sebuah halaman web umum. Istilah Weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara terus menerus dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog atau yang lebih dikenal dengan istilah Blogger tersebut.

Nah, dari definisi diatas saya yakin teman-teman sudah mulai paham apa yang dimaksud dengan Blog. Dari pengertian tersebut kita cari lagi apa sih yang membuat seseorang suka menjadi SEORANG BLOGGER, seperti apa yang saya rasakan sekarang. Ternyata dengan menjadi SEORANG BLOGGER kita dapat mengambil beberapa manfaat positif yang berdasarkan pengalaman pribadi saya akan saya jelaskan dibawah ini. Beberapa manfaat menjadi SEORANG BLOGGER antara lain:

  1. Dengan menjadi SEORANG BLOGGER akan Melatih Kemampuan Kita untuk Menulis; Salah satu kunci agar Blog bisa tetap eksis di jagad maya serta ramai dikunjungi adalah karena tulisan-tulisannya yang selalu update. Hal ini tentunya akan sedikit “memaksa” Blogger untuk terus membuat tulisan-tulisan yang sesuai dengan tema Blog-nya secara rutin dan terus menerus.
  2. Dengan menjadi SEORANG BLOGGER Kita akan Mendapat Banyak Sahabat; Saling berkunjung ke blog-blog sahabat (blogwalking) hukumnya adalah wajib dalam dunia perbloggeran. Dunia maya yang tanpa batas memberi kesempatan kita untuk dapat menjalin tali persahabatan dengan bloggerblogger lain yang ada dimuka bumi ini.
  3. Dengan menjadi SEORANG BLOGGER akan Membuka Peluang untuk Memperoleh Pendapatan Online; Blog selain digunakan sebagai media beleter bagi dirinya sendiri, juga dapat digunakan sebagai media promosi dari produk yang ditawarkan. Dengan sedikit modifikasi, sebuah Blog dapat disulap menjadi sebuah Etalase Online. Karena bersifat gratis dan memiliki jangkauan yang sangat luas maka penggunaan Blog dapat menjadi alternatif bagi para pengusaha yang ingin melakukan promosi secara efektif dan efisien.

Jika mau dikilas balik, sudah 3 kali saya berganti blog. Mulai dari Accounting Community, Yudi Akuntan, dan yang masih eksis sampai sekarang adalah Blogger Borneo.  Untuk dua blogku yang pertama yaitu Accounting Community dan Yudi Akuntan, saya masih mengandalkan aplikasi gratis bawaan dari Blogger. Seiring perjalanan ruang dan waktu diriku mulai memikirkan menggunakan aplikasi berbasis CMS (Content Management System) seperti WordPress hingga akhirnya blog Blogger Borneo ku tercipta.

Hobi untuk mengikuti seminar maupun workshop yang bertemakan Internet, Blog, dan Teknologi Informasi juga menjadi salah satu faktor pendukungku menjadi SEORANG BLOGGER. Dari situ aku dapat memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat khususnya mengenai Blogging. Hanya berbekalkan kemampuan dasar yang minim, secara otodidak aku mencoba untuk memahami beberapa istilah yang menurutku masih asing seperti Online Marketing, Search Engine Optimization (SEO), dan lain-lain. Alhamdulillah untuk saat ini aku sudah mulai mengerti dengan semua istilah tersebut, namun aku tetap harus belajar dan belajar karena dunia maya tidak memiliki batasan ilmu yang pasti. Perkembangan teknologi informasi yang terjadi setiap detiknya akan berpengaruh pada bidang ilmu yang mengikutinya.

Demikianlah Sepenggal Kisah Hidup Seorang Blogger Borneo yang sejak 3 tahun lalu telah memutuskan diri untuk terjun kedalam dunia Blogger Indonesia. Sekedar ingin berpesan kepada teman-teman Blogger yang lain, selalu rawatlah blog yang kalian miliki dengan sepenuh hati. Jadikan dia bagian dari hidupku karena itu akan membuatmu akan selalu rindu untuk menuangkan semua aspirasimu didalamnya. Keep Spirit for Blogging… (DW)

NB : Tulisan ini diikutsertakan dalam Contest Hidup Seorang Blogger yang diadakan oleh DenaiHati.Com.

You might also like More from author

Comments

Proses...