Sekolah di Summarecon Bekasi Mendukung Konsep Hunian Modern Masa Kini

BLOGGERBORNEO.COM – Dalam sebuah kawasan hunian yang memiliki areal cukup luas, keberadaan sekolah telah menjadi sebuah keharusan. Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan dengan intensitas kemacetan cukup ramai seperti Bekasi, biasanya jarak antar sekolah di Bekasi dengan rumah tinggal akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka apabila ingin membeli rumah di suatu kawasan hunian.

Jika diperhatikan, perusahaan pengembang yang selama ini dikenal sebagai pioneer dalam mengembangkan kawasan Kelapa Gading Jakarta yaitu Summarecon Agung sebenarnya telah menerapkan ide pemikiran diatas. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya dua sekolah di Summarecon Bekasi, yaitu Sekolah Kristen Penabur dan Sekolah Islam Al-Azhar.

Maket Kawasan Summarecon Bekasi
Maket Kawasan Summarecon Bekasi (Foto: Kaskus.Co.Id)

HADIRNYA DUA SEKOLAH SWASTA TERNAMA DI SUMMARECON BEKASI

Sekolah Kristen Penabur Summarecon Bekasi

Sejak memulai aktifitas pendidikan pada tahun 2013 lalu, sekolah ini secara bertahap telah memiliki jenjang pendidikan dari TK, SD, SMP, dan SMA. Khusus tingkatan SMA, baru akan di-launching secara resmi pada tanggal 7 November 2015 mendatang. Sebagai salah satu sekolah di Summarecon Bekasi, SMA Kristen Penabur memiliki visi ingin menjadi sekolah yang unggul dalam pendidikan karakter, iman, ilmu, dan pelayanan bagi sesama. Demi mencapai visinya tersebut, selain memiliki fasilitas kelas yang cukup memadai sekolah ini juga menyediakan beberapa fasilitas tambahan lain, antara lain:

  • Lapangan Olahraga Luas (Lantai 2 dan Lantai 6)
  • Laboratorium Komputer, Biologi, dan Kimia
  • Ruang Pertemuan, Kantin Sekolah, dan Perpustakaan
  • Tempat Bermain
Siswa SMPK Penabur Summeracon Bekasi Menjadi Juara Kompetisi Tahun 2009
Siswa SMPK Penabur Summeracon Bekasi Menjadi Juara Kompetisi Tahun 2009 (Foto: smpksummareconbekasi.bpkpenaburjakarta.or.id)

Selain kegiatan belajar mengajar biasa, SMAK Penabur Summarecon Bekasi juga mengadakan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler, seperti: Robotik, English Club, Math & Science Club, Basket, Futsal, Modern Dance, Melukis Manga, Karate, Catur, Ansamble dan Pramuka. Dan sejak berdiri hinggat saat ini, sekolah ini telah berhasil menorehkan prestasi sebagai juara lomba band dan modern dance yang dilaksanakan di Jakarta dan Bekasi.

Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Bekasi

Pada triwulan akhir 2013, gedung Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Bekasi Tahap I diresmikan. Peresmian sekolah ini bertepatan dengan peresmian Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi. Sebenarnya di tahun yang sama, sekolah ini telah memulai aktifitas pendidikannya dengan membuka jenjang pendidikan SMP dan SMA dimana untuk tiap-tiap jenjang terdiri atas 4 (empat) kelas paralel. Seiring perkembangan, sekolah di Summarecon Bekasi ini telah meresmikan gedung sekolah Tahap II pada tanggal 26 Agustus 2015 lalu dimana untuk saat ini sudah lengkap jenjang pendidikan dimiliki mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Sekolah Islam Al-Azhar di Summarecon Bekasi
Sekolah Islam Al-Azhar di Summarecon Bekasi (Foto: SummareconBekasi.Com)

Dalam proses belajar mengajar, setiap kelas dilengkapi dengan monitor LCD dan penyejuk udara (AC). Selain itu, Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Bekasi juga melengkapi fasilitas-fasilitas pendukung yang dibutuhkan, antara lain:

  • Laboratorium Bahasa, Musik, Biologi, Fisika, dan Kimia
  • Ruang Perpustakaan dan OSIS/Ekstrakurikuler
  • Koperasi, Jam’iyyah, Klinik, dan Musholla
  • Kantin (Kapasitas 150 Orang) dan Aula Pertemuan (Kapasitas 500 Orang)
  • Lapangan Basket, Voli, Futsal, Badminton, dan Tenis Meja

MENANTI BERDIRINYA KAMPUS BINUS UNIVERSITY SUMMARECON BEKASI

Tepat pada tanggal 29 April 2015, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Summarecon Agung yang diwakili oleh Bapak Adrianto P. Adhi selaku Direktur Utama dengan Bina Nusantara yang diwakili oleh Bapak Francis Budiraharja S. selaku Managing Director. Penandatangan perjanjian kerjasama ini dilakukan dalam rangka pengembangan Kampus BINUS University di Bekasi. Rencananya kampus Binus University akan dibangun diatas lahan seluas 36.400 meter persegi miliknya Summarecon Bekasi dengan target penyelesaian pada tahun 2018.

Penandatanganan Kerjasama Pengembangan Kampus Baru BINUS University di Summarecon Bekasi
Penandatanganan Kerjasama Pengembangan Kampus Baru BINUS University di Summarecon Bekasi (Foto: SummareconBekasi.Com)

Sambil menunggu masa pembangunan selesai, akan dibuka kelas perkuliahan BINUS University Learning Center (BULC) dengan menggunakan sistem pembelajaran secara online (online learning). Diharapkan dengan selesainya proses pembangunan kampus BINUS University Summarecon Bekasi sesuai target, maka dapat diperkirakan pada tahun akademik 2018/2019 target jumlah mahasiswa yang akan mengikuti masa perkuliahan mencapai kurang lebih 15 ribu orang.

SUMMARECON BEKASI RESIDENTIAL, HUNIAN NYAMAN DAN BERSAHABAT DENGAN ALAM

Sekolah Kristen Penabur, Sekolah Islam Al-Azhar, dan BINUS University hanyalah merupakan bagian kecil dari keseluruh fasilitas yang ditawarkan oleh Summarecon Bekasi. Sejak mulai dibangun pada tahun 2010, Summarecon Bekasi telah meluncurkan berbagai hunian hijau ekslusif dengan desain modern kontemporer yang dilengkapi dengan fasilitas club house seperti swimming pool, children playground dan multi function room. Setiap rumah juga dilengkapi dengan koneksi internet dan TV Cable serta sistem keamanan double check security dan panic button.

Di tahun-tahun berikutnya Summarecon Bekasi terus meluncurkan komplek-komplek hunian (residence) dimana dalam proses penawarannya selalu sold out dalam jangka waktu cukup singkat. Hal ini membuktikan bahwa kawasan Summarecon Bekasi memang sangat layak untuk dijadikan investasi menguntungkan di masa depan.

Flyover Akses Masuk Summarecon Bekasi
Flyover Akses Masuk Summarecon Bekasi (Foto: SummareconBekasi.Com)

Untuk menuju kawasan Summarecon Bekasi bisa melalui flyover KH. Noer Ali yang dibangun pada tanggal 10 Maret 2010. Flyover ini membentang sepanjang 1 kilometer dengan lebar jalan 22 meter serta memiliki 4 lajur jalan yang menghubungkan Jalan Ahmad Yani dengan Kota Summarecon Bekasi. Dengan menggunakan rancangan “Balanced Cantilever” flyover ini mampu membentang sepanjang 103 meter diatas lintasan rel kereta api tanpa tiang penyangga.

Di bundaran utama Summarecon Bekasi dapat dilihat juga sebuah landmark berbentuk piramida yang melambangkan kisah perjalanan Summarecon Bekasi yang akan bergerak maju dan lebih besar seiring perjalanan waktu. Landmark Summarecon Bekasi ini memiliki lebar penampang atas 27 meter dan tinggi 17 meter. Pada waktu malam landmark ini akan mengeluarkan cahaya yang bisa bergerak secara dramatis karena dilengkapi dengan teknologi “color kinetic” berkekuatan 300 buah lampu terpasang.

Summarecon Bekasi Residential
Summarecon Bekasi Residential (Foto: SummareconBekasi.Com)

FASILITAS YANG DIMILIKI SUMMARECON BEKASI

Selain fasilitas di bidang pendidikan, Summarecon Bekasi Residential juga memiliki beberapa fasilitas pelengkap lain, antara lain:

  • Pasar Modern Sinpasa
  • Summarecon Mal Bekasi
  • The Downtown Walk dan Bekasi Food City (Pusat Kuliner Outdoor)
  • Masjid Al-Azhar
  • Harris Hotel dan Convention Center
  • AXC Summarecon Bekasi (Sentra Otomotif)

KONSEP GO GREEN SUMMARECON BEKASI

Khusus untuk Summarecon Mal Bekasi, pihak pengelola telah menerapkan prinsip Go Green dalam proses operasionalnya. Sejak awal beroperasi, Summarecon Mal Bekasi telah menerapkan sistem pengolahan air limbah menggunakan Sewage Treatment Plant (STP). Hal ini membuat air limbah yang dihasilkan dapat diolah dan digunakan kembali untuk penggunaan lainnya seperti penyiraman tanaman dan air di toilet. Selain itu, Summarecon Mal Bekasi juga telah menyatakan perang terhadap penggunaan kemasan berbahan dasar stereoform. Bentuk perang ini diwujudkan dengan menggunakan kemasan berbahan dasar plastik ramah lingkungan yang dapat terurai dalam waktu cukup singkat.

Pasar Modern Sinpasa Summarecon Bekasi
Pasar Modern Sinpasa Summarecon Bekasi (Foto: SummareconBekasi.Com)

Untuk mekanisme pengolahan sampah rumah tangga, seperti: gelas plastik, kardus, dan koran, Summarecon Mal Bekasi bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi. Semua sampah rumah tangga yang terkumpul akan langsung disalurkan kepada yayasan ini dua kali sebulan di setiap tanggal 1 dan 15.

Dari semua penjelasan diatas dapat diambil satu kesimpulan bahwa kawasan Summarecon Bekasi memang dibangun dengan memadukan semua unsur yang dibutuhkan masyarakat. Konsep hunian ramah lingkungan dan bersahabat dengan alam menjadikan para penghuninya akan merasa seperti di sebuah taman hijau menyegarkan yang luas.

Mengenai masalah pendidikan anak, para orang tua tidak perlu kuatir karena Summarecon Bekasi telah menyediakan dua sekolah swasta cukup ternama dan sedang menyiapkan rencana pengembangan kampus BINUS University di Bekasi dalam waktu dekat. Mau belanja harian, cukup datang ke Pasar Modern Sinpasa, ingin jalan-jalan sambil cuci mata bisa langsung ke Summarecon Mal Bekasi, merasa lapar namun bosan dengan menu dirumah ada The Downtown Walk dan Bekasi Food City. Semuanya sudah tersedia dalam satu kawasan. Jadi seandainya diantara pembaca ada yang berminat untuk pindah rumah atau hanya sekedar mau berinvestasi, kawasan Summarecon Bekasi bisa menjadi pilihan utama. (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...