best counter
FB AutoAddFriends + UID Grabber 728x90
Liputan

Sebuah Tanda Tanya Besar Dibalik Penyelenggaraan Amprokan Blogger 2011

Sebuah Tanda Tanya Besar Dibalik Penyelenggaraan Amprokan Blogger 2011

Berawal dari sebuah peristiwa dimana pada saat itu para peserta Amprokan Blogger 2011 sedang bersiap-siap untuk meninggalkan President University yang berada didalam kawasan Jababeka. Disalah satu sudut ruangan lobi, tampak beberapa panitia sedang memanggil satu per satu peserta yang menjadi perwakilan dari komunitas blogger atau online didaerahnya. Saya sendiri ikut serta dalam antrian tersebut, masih teringat jelas dalam ingatan bahwa peserta perwakilan dari Semarang tepat berada di posisi antrian depan saya. Sama seperti tahun sebelumnya, kali ini panitia juga akan memberikan subsidi transport bagi setiap komunitas yang jumlahnya akan disesuaikan dengan jarak tempuh daerahnya.

Akan tetapi, alangkah kagetnya saya begitu giliran teman dari Semarang menanyakan  mengenai subsidi transport untuk dirinya ternyata dari pihak panitia memberikan jawaban bahwa untuk semua peserta yang sehari sebelumnya mengikuti kegiatan Focus Discussion Group (FDG) ICT Watch di Hotel Harris Tebet Jakarta, subsidi transportnya telah dicabut dengan alasan sudah ditanggung oleh pihak ICT Watch. Karena saya merasa juga menjadi salah satu peserta di kegiatan seminar tersebut, maka tanpa basa-basi saya langsung meninggalkan barisan antrian. Daripada malu nantinya kan. Dan sejak saat itu sampai detik ini ternyata tidak ada informasi satupun yang saya peroleh dari panitia penyelenggara terkait pencabutan dana subsidi transport tersebut.

Sebenarnya apa sih hubungan antara kegiatan FDG ICT Watch dengan Amprokan Blogger 2011, sehingga dengan sepihak panitia penyelenggara mencabut dana subsidi transport bagi para perwakilan komunitas yang pada saat hampir bersamaan juga menjadi wakil di seminar ICT Watch tersebut. Saya kira setelah melalui proses pendaftaran jauh-jauh hari sebelumnya, para panitia telah membuat anggaran biaya sendiri yang digunakan untuk mengcover itu. Dan saya termasuk salah satu diantara sekian banyak peserta yang telah melakukan early register. Cuma ya itu tadi, kenapa juga harus dibatalkan dana subsidinya. Heran kan???

Logikanya, secara administratif perwakilan dari Komunitas Blogger en Netter Pontianak telah terdaftar secara resmi di daftar hadir peserta milik panitia. Dan karena dari Pontianak cuma saya sendiri, otomatis dengan dibatalkan pengeluaran untuk dana subsidi transport tersebut berarti sama juga dengan tidak adanya perwakilan dari Pontianak kan?. Lagipula kenapa tidak diinformasikan sejak awal kalau untuk semua peserta Amprokan Blogger 2011 yang juga ikut kegiatan FDG ICT Watch satu hari sebelumnya, pemberian dana subsidi transport per komunitas akan dibatalkan. Setidaknya bisa menjadi pertimbangan bagi para calon peserta untuk mengambil keputusan apakah akan terus lanjut ke Bekasi atau lebih baik langsung saja kembali ke daerahnya masing-masing.

Sebenarnya yang ingin saya tekankan disini adalah dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan, jangan pernah menggunakan falsafah “MUMPUNG DITANGGUNG PIHAK PENYELENGGARA LAIN” karena akan terkesan menumpang kepentingan disana. Secara profesional, ICT Watch dan Komunitas Blogger Bekasi memiliki struktur kepanitiaan yang berbeda. Otomatis juga akan memiliki struktur pendanaan yang berbeda pula. Dan menurut saya, dalam kegiatan-kegiatan besar seperti FDG ICT Watch dan Amprokan Blogger 2011, para peserta juga menjadi salah satu obyek yang “dijual” kepada pihak sponsor selain tema dan konsep acara yang diusung. Benar ngga?.

Besar harapan masukan saya ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak penyelenggara untuk kedepannya. Disini saya tidak bermaksud ingin menyalahkan karena bagi saya tentunya para panitia sudah berusaha secara maksimal sehingga kegiatannya bisa dilaksanakan. Hanya saja mungkin ada sedikit miss antara pihak panitia penyelenggara dengan beberapa peserta terkait dengan masalah ini. Demikian sedikit tulisan dari saya dan maaf sebelumnya jika ada yang merasa tersinggung dengan adanya tulisan ini. (DW)

845 total views, 3 views today

Komentar via Facebook

Komentar

View Comments (11)

11 Comments

  1. giewahyudi

    29/09/2011 at 3:51 AM

    Seharusnya ditanyakan di lokasi, Mas, kalau sudah bali ke Borneo kan susah jadinya..
    Semoga panitia memberi penjelasan dengan baik..

    • Dwi Wahyudi

      29/09/2011 at 7:43 AM

      Gpp bro, sbnrnya ini bkn masalah uang kok. Hanya ingin menyampaikan pendapat pribadi saja. Sebenarnya utk alasan panitia saya sudah dengar, cuma bkn dr panitia sendiri melainkan dari teman yg kebetulan sudah menanyakannya terlebih dahulu. Saya kira beberapa teman2 yg lain pasti juga akan menanyakan hal yg sama krn jelas2 di undangan resmi yang saya terima beberapa hari sebelum hari H, terdapat keterangan yang menyatakan bahwa setiap perwakilan dari luar akan memperoleh uang penggantian transport ala kadarnya. Maksud saya kalau mau buat kegiatan besar ya jangan tanggung-tanggung, kan Powered by Indosat. Itu aja sih intinya…

  2. DV

    29/09/2011 at 6:56 AM

    Numpang batuk… *uhuk*

  3. donnybu

    29/09/2011 at 7:19 AM

    a/n penyelenggara acara FGD Komunitas, saya sudah menjelaskan hal-hal yang ditanyakan oleh sdr dwi wahyudi melalui japri, saat ybs menghubungi saya melalui japri pula. intinya, tidak ada hubungan kepanitiaan apapun antara FGD Komunitas yang difasilitasi oleh ICT Watch dgn acara Amprokan Bekasi. Pun mengenai subsidi biaya transportasi, adalah kebijakan masing-masing penyelenggara.

    terimakasih.

    -dbu-

    • Dwi Wahyudi

      29/09/2011 at 8:04 AM

      Iya mas, saya kira untuk FDG Komunitas semuanya sudah cukup clear. Mungkin yg diperlukan disini adl kejelasan dari pihak panitia Amprokan Blogger 2011 krn ada teman yg saya hubungin juga via japri mengeluhkan hal yg sama. Jadi intinya ya itu tadi, karena kita merasa menjadi perwakilan daerah masing-masing kok kesannya malah “termanfaatkan” dgn adanya kejadian ini. Seharusnya kita fair donk, jangan pakai alasan sudah ditanggung si A, si B, si C, dll krn memang tidak ada hubungannya sama sekali. Lagipula, apakah pihak sponsor tahu kalau ada pesertanya yang ternyata ikut juga di kegiatan FDG Komunitas satu hari sebelumnya. Itu kan terjadi secara kebetulan, jadi ya paham sendirilah.

  4. blackgerry

    29/09/2011 at 8:41 AM

    semoga ada konfirmasi dari panitia … minimal menjawab tanda tanya besar ini … yg penting nggak ada yg @sesuatubanged lah

    • Dwi Wahyudi

      29/09/2011 at 9:08 AM

      Bener Pak De, intinya adalah kejelasan untuk semuanya. Bukan secara pribadi kepada diri saya sendiri karena ini terkait dengan banyak peserta.

  5. a!

    29/09/2011 at 9:34 PM

    emang ada ya pernyataan kalo uang transportasi akan diganti sama panitia amprokan? tau gitu aku ikut antri. biar banyak dapat uang transport. siapa tau bisa naik haji. hahaha..

    • Dwi Wahyudi

      29/09/2011 at 10:15 PM

      Ada di surat undangan resmi yang dkrm via email, konsepnya sama seperti tahun lalu juga. Btw kalau hanya dua kegiatan, mana bisa uang transportnya dipakai buat naik haji bro. Nanggung, wkwkwkw…

  6. wijaya kusumah

    02/11/2011 at 11:57 PM

    Mas Dwi Wahyudi yang Omjay sayangi dan banggakan.

    ini murni kesalahan saya sebagai ketua panitia. Harusnya saya menginformasikannya kepada wakil ketua panitia yang menggantikan posisi saya karena saya terbaring sakit terkena demam berdarah. Sedih juga gak bisa ikutan acara ab2011 padahal saya berusaha keras agar kejadian seperti ini tak terjadi di antara kita sesama komunitas blogger.

    Hal yang memang harus saya akui, pemasukan dana ab2011 tak sebesar tahun sebelumnya, sehingga mohon maaf bila terjadi hal yang kurang mengenakkan. Saya sendiri baru membaca ini, usai memberikan pelatihan karakter building untuk para guru di cisarua bogor.

    Sebagai ketua panitia ab2011, saya memohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan kita bisa berdiskusi panjang ttg hal ini melalui jalur japri. Kesalahan ini murni kesalahan saya sebagai ketua panitia yang terpaksa harus dirawat karena sakit. Terima kasih ya mas dwi.

    salam
    Omjay
    ketua panitia ab2011

  7. Eko Sutrisno HP

    03/11/2011 at 7:40 PM

    Salam.

    Menarik nih tulisannya, Bisa dipakai masukan panitia untuk acara AB 2012 tahun depan.
    Nanti saya sampaikan ke panitia, sebagai bahan evaluasi, karena memang sampai saat ini panitia masih terus melakukan evaluasi sambil terus melaksanakan kegiatan sesuai yang diputuskan dalam rapat internal BeBlog.

    Makasih mas masukannya. Syukur-syukur mas Dwi Wahyudi mau berkirim surat ke [email protected] sehingga bisa dibahas dalam rapat panitia BeBlog 2011. Mungkin tidak semua panitia sempat mampir ke blog ini, sehingga belum bisa menanggapinya secara resmi.

    Saya wakil ketua BeBlog akan membawa masukan ini ke rapat inetrnal beBlog.

    Salam sehati.
    (maaf kalau komentarnya dobel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Liputan
@BloggerBorneo

Blogger Borneo News merupakan media online independen yang berisikan informasi seputar Kalimantan Barat, liputan khusus, dan review produk terbaru. Bagi yang berminat produknya direview bisa melihat syarat dan ketentuan di halaman LAYANAN .

More in Liputan

Suasana Kopdar dan Mini Seminar ke 26 di Khalila Burger and Ramen

Hasil Liputan Kopdar dan Mini Seminar PontiPreneur #26

Dwi Wahyudi14/05/2015
Pelatihan Blog Milad FKMI Ulul Albab 23 FAPERTA UNTAN

Pelatihan Blog Milad FKMI Ulul Albab 23 FAPERTA UNTAN

Dwi Wahyudi22/03/2015
Sail Karimata 2016

Pengalaman Pertama ke Sukadana Demi Sail Karimata 2016

Dwi Wahyudi01/03/2015
Parade Cinta Nusantara BKKBN Kalimantan Barat

Parade Cinta Nusantara, Menciptakan GenRe Perubahan dan Perdamaian

Dwi Wahyudi23/12/2014
Tom Yam Pak Long Pontianak

Tom Yam Pak Long Pontianak, Makan Sekali Dijamin Ketagihan Lagi

Dwi Wahyudi20/12/2014
Stik Talas Pontianak Cemilan Khas Kota Pontianak

Stik Talas Pontianak, Cemilan Khas Kota Pontianak

Dwi Wahyudi15/12/2014