Sebelum Membeli Smartphone, Perhatikan 4 Tips Berikut Ini

Perkembangan teknologi informasi saat ini yang terjadi begitu cepat, terutama untuk produk-produk smartphone menyebabkan berbagai merek tampak bermunculan. Selain ASUS, Samsung, Sony Ericson, Nokia, dan Lenovo, beberapa brand baru, seperti: Xiaomi, Infinity, Mizu, CoolPad, dan masih banyak lagi lainnya juga turut mewarnai bursa pasar smartphone di Indonesia. Jika dulu kita ingin membeli sebuah smartphone, tidak perlu pusing dan bingung untuk memilih karena jumlah produsen smartphone nya masih sedikit. Sedangkan untuk saat ini, sudah pasti kita akan dibuat pusing dan bingung karena begitu banyaknya merek smartphone dijual di pasaran.

Sebenarnya terlepas dari merek smartphone yang akan dipilih, ada beberapa tips yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. Ingat, umumnya smartphone keluaran saat ini sudah bisa terkoneksi dengan fasilitas layanan online, seperti: Media Sosial, Email, dan Aplikasi tambahan. Jadi, sebelum memilih dan membeli smartphone perhatikan dulu tips-tips sebagai berikut:

4 TIPS MEMBELI SMARTPHONE

1. RAM MINIMAL 1 GB

RAM memiliki peran penting dalam mendukung pemrosesan data. RAM berkolaborasi dengan prosesor untuk pengolahan data. Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin luas prosesor mengerjakan tugasnya sebagai pengolah informasi. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh kepada kinerja smartphone menjadi lebih baik. Sekarang ini banyak aplikasi yang digunakan oleh pengguna dalam waktu bersamaan, dan biasanya para pengguna menjalankannya bersamaan dengan aktivitas lainnya seperti membuka dokumen atau bermain game. Oleh karena itu, kapasitas RAM dibawah 1 Gb tidaklah cukup untuk menjalankan aplikasi terbaru. Seandainya pun bisa pasti kinerjanya akan menjadi lambat. Jadi, sebelum membeli smartphone pilihlah yang memiliki RAM minimal 1 Gb.

Smartphones

2. PENYIMPANAN MINIMAL 8 GB

Kapasitas penyimpanan internal menjadi faktor kedua yang harus diperhatikan. Meski untuk saat ini di pasaran begitu banyak smartphone-smartphone yang dijual sudah memiliki kapasitas media penyimpanan 4 Gb, itu belumlah cukup. Ingat… untuk menjalankan aplikasi umum saja seperti: Facebook, Twitter, BBM, WhatsApp, dan sistem androidnya itu sendiri, dibutuhkan media penyimpanan minimal 3 Gb. Sekarang kalau media penyimpanan kita saja hanya 4 Gb, berapa lama kita mampu bertahan untuk tidak mengabadikan foto pribadi, merekam video, menyimpan data, dan bermain game. Jika kita berpikir panjang, sepertinya tips kedua ini harus diperhatikan.

3. KAMERA BERKUALITAS

Smartphone sekarang sangat identik dengan keberadaan kamera digital, bahkan lebih setia dari kamera saku sekalipun karena selalu dibawa kemana-mana. Terutama bagi yang hobi selfie maupun memotret momen-momen istimewa tertentu, kualitas kamera dari sebuah smartphone tentulah menjadi prioritas. Oleh karena itu, sebelum membeli smartphone perhatikan apakah kamera dari smartphone yang akan dipilih sudah memiliki fitur-fitur terbaru, seperti: Auto Focus, Pixel Besar, Backlight Sempurna, dan sebagainya.

4. HEMAT BATERAI

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa prosesor, RAM, kapasitas penyimpanan, dan kamera merupakan 4 fasilitas utama yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah smartphone. Namun jangan lupa jika keempat fasilitas tersebut tentunya membutuhkan sumber tenaga minimal yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, daya tahan dan besaran kapasitas baterai harus diperhatikan juga.

Khusus mengenai tips memilih baterai smartphone bisa dibaca di tulisan lain di blog ini. Terima kasih… (DW)

Comments

Proses...