BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

ROG Strix GL502VS, Notebook Gaming ASUS Pertama Berbasis Nvidia Pascal

Tepat di penghujung tahun 2016, ASUS kembali menggemparkan jagat gamer dunia dengan diluncurkannya dua versi notebook gaming terbarunya yaitu ROG G752VS dan GL502VS. Dalam sesi ASUS Challenge Your City 2016 yang diselenggarakan di Pontianak, Jum’at (17/11/2016), kehadiran dua notebook gaming ini langsung mencuri perhatian para peserta termasuk Blogger Borneo sendiri. Khusus pada tulisan ini, Blogger Borneo ingin mengupas tuntas terlebih dahulu mengenai spesifikasi serta keunggulan apa saja yang dimiliki oleh ASUS ROG Strix GL502VS.

PROSESOR INTEL TERBARU

Demi memuaskan keinginan para penggunanya, ASUS telah mempersenjatai ROG Strix GL502VS nya dengan prosesor generasi ke-6 yaitu Intel® Core™ i7-6700HQ, biasa juga disebut sebagai “SkyLake”. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, prosesor ini masih menggunakan teknologi fabrikasi yang sama yaitu 14 nm. Hanya saja pada generasi ini, Intel telah menerapkan teknologi mikroarsitektur terbaru sehingga kinerjanya menjadi lebih baik dan efisien.

ASUS ROG Strix GL502VS

Basicly, Intel® Core™ i7-6700HQ bekerja dengan kecepatan normal 2.60 Ghz, namun pada kondisi tertentu angka ini bisa meningkat hingga 3.50 Ghz. Kapasitas memori sudah mendukung jenis RAM DDR4 2133 Mhz atau DDR3 1600 Mhz (mode dual channel) dengan dua slot DIMM per channel-nya. Ini membuat kapasitas maksimum memori DDR4 yang terpasang adalah 64 Gb.

Sedangkan untuk kinerja grafis tidak perlu dikuatirkan, meski “SkyLake” berjalan maksimal, konsumsi dayanya lebih efisien dari generasi sebelumnya. Dengan prosesor ini para pengguna dapat merasakan pengalaman bermain game-game 3D dalam resolusi lebih tinggi, detail lebih baik, dan kecepatan frame lebih cepat. Dan yang terpenting disini adalah prosesor ini sudah mendukung optimal penggunaan fitur pintar dan canggih yang terdapat dalam sistem operasi terbaru Microsoft yaitu Windows 10. Termasuk salah satu diantaranya adalah teknologi sensor sentuh.

ASUS ROG GL502VS

Sejak Nvidia meresmikan kehadiran graphic card terbarunya pada Maret lalu, ASUS langsung meresponnya dengan memasangnya di ROG G752VS dan ROG GL502VS. Jika pada generasi sebelumnya ROG GL502 menawarkan performa gaming kelas berat melalui chip grafis GTX679M dengan memori video 6 GB, maka pada versi Pascal, Nvidia meningkatkan performa kartu grafisnya menjadi GTX1070 dengan memori video 8 GB DDR5.

Dengan digunakannya teknologi Nvidia terbaru ini, maka ASUS dinobatkan sebagai vendor notebook pertama yang menghadirkan notebook gaming berkekuatan Pascal di pasaran melalui seri ROG Strix GL502VA. Sebagai tambahan informasi bahwa kartu grafis berbasis Pascal merupakan GPU pertama yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 16 nm. Didalamnya terdapat 150 miliar transistor yang akan menghasilkan performa tertinggi, namun penggunaan energi listriknya tetap efisien. Ini membuat kekuatan GPU terbaru mampu mengalahkan GPU sebelumnya, yaitu GTX980 yang justru diperuntukkan bagi penggunaan desktop.

SUDUT PANDANG LUAS, DESAIN BENTUK PAS

Desain Elegan ASUS ROG GL502VS

ASUS ROG Strix GL502VS memiliki layar seukuran 15,6 inci IPS FHD, dilapisi matte panel. Resolusi yang mampu dihasilkan Full HD dengan aspect ratio 16:9 (1920×1080 piksel) dan telah mendukung teknologi G-Sync. Yang dimaksud dengan teknologi G-Sync adalah teknologi terbaru untuk mengatasi gejala stutter, lag, dan tearing pada game. Jika pada sebelumnya digunakan sebuah aplikasi yang memiliki fitur Adaptive VSync, maka untuk saat ini Nvidia membuat terobosan dengan menciptakan sebuah perangkat yang ditanamkan di dalam monitor desktop atau layar notebook.

Jika dilihat dari beberapa sudut pandang berbeda, panel aluminium pada cover notebook ini mampu memberikan sentuhan lembut dan pantulan cahaya berkilau sehingga membuatnya tampak lebih elegan. Balutan warna hitam di keseluruhan permukaan body-nya dengan logo Republic of Gamers berwarna oranye terpampang jelas menambah kemewahannya.

Tampilan Depan ASUS ROG GL502VS

Dengan ketebalan kurang lebih 3 cm dan bobot hanya berkisar 2,3 kg saja, ASUS ROG Strix GL502VS masuk dalam kategori notebook gaming tertipis di kelasnya. Ini alasannya kenapa pada tipe ROG ini menggunakan istilah “STRIX“. Jika selama ini ada anggapan yang menyatakan bahwa sebuah notebook gaming itu bentuknya harus besar dan terasa berat, sepertinya itu kurang tepat. Buktinya di tipe ini desain dan bentuknya bisa dibuat sedikit lebih elegan dan tidak terlalu berat. 🙂

ASUS ROG Strix GL502V memiliki media penyimpanan berupa HDD berkapasitas 1 Terabyte atau setara dengan 1000 Gb 7200 rpm dan SSD berkapasitas 256 Gb. Dibandingkan dengan HDD, kinerja SSD lebih cepat dalam proses read/write data.

KEYBOARD ANTI-GHOSTING

Keyboard Anti-Ghosting ASUS ROG GL502VS

ASUS Strix GL502VS menggunakan full-size chicklet keyboard yang dilengkapi dengan backlight dan jarak tekan sebesar 1,6 mm demi memberikan rasa nyaman ketika sedang mengetik atau bermain game. Selain itu, ASUS juga memberikan warna khusus pada tombol WASD agar para pengguna tetap bisa bermain meskipun dalam suasana redup.

Sudah menjadi hal umum bagi para gamers adalah kekuatan dan daya tahan keyboard itu sendiri. Disini ASUS merancang khusus keyboard yang digunakan pada ASUS Strix GL502VS dengan fitur Anti-Ghosting. Dengan adanya fitur ini, para gamers dapat terus bermain tanpa ada masalah meskipun pada saat bersamaan harus menekan 30 tombol sekaligus.

SISTEM PENDINGIN GANDA

Sistem Pendingin ASUS ROG GL502VS

Biasanya notebook gaming rentan panas karena harus melakukan kinerja maksimal, tapi khusus bagi ASUS Strix GL502VS hal itu bukanlah masalah karena ASUS telah menggunakan Intelligent Thermal Design dalam sistem pendinginannya. Terdapat dua kipas pendingan berteknologi Hyper Cool Duo-Copper Thermal Solution diletakkan pada CPU dan GPU untuk menghasilkan pendinginan maksimal. Di samping itu, ASUS juga menyertakan fitur IceCool Technology yang akan selalu menjaga bagian notebook yang tersentuh telapak tangan tetap dingin.

AUDIO BY ICE POWER

Speaker Khusus ASUS ROG GL502VS

Dengan desain yang apik, speaker built-in telah diposisikan sedemikian rupa sehingga para pengguna ASUS ROG Strix GL502VS dapat merasakan secara maksimal kualitas suara audio pada saat bermain game.

ROG GAMING CENTER

Gaming Center ASUS ROG GL502VS

Satu fitur khusus yang ada di ASUS ROG Strix GL502VS adalah Gaming Center. Sesuai namanya, pusat kontrol yang terkendali ini akan memberikan kepada para pengguna mengenai akses ke seluruh fungsi yang dibutuhkan. Beberapa fungsi yang dibutuhkan para gamers, antara lain: bagaimana melakukan setingan hot keys agar lebih cepat dalam in-game command, bagaimana mengatur setting audio, bagaimana mencari informasi dari sistem yang sedang berjalan, atau bagaimana cara merekam game yang disukai pada tampilan dashboard.

SLOT INPUT / OUTPUT

Slot Panel Kiri ASUS ROG GL502VS

Slot Panel Kanan ASUS ROG GL502VS

Di bagian sisi kiri ASUS Strix GL502VS terdapat: Charger Connector, LAN Port, Mini Display, HDMI, USB, dan USB Type C. Khusus untuk port HDMI sudah mendukung kualitas gambar 4K, bisa dihubungkan juga dengan monitor atau bermain di layar lebih lebar dengan resolusi maksimal. Sedangkan pada port USB Type C sudah menggunakan teknologi USB 3.1 Gen 2 yang memungkinkan para pengguna bisa melakukan proses transfer data hingga 20 Gbps. Port USB Type C ini pun memiliki bentuk kecil dan simetris sehingga lebih memudahkan pemasangan ke port tanpa kuatir terbalik.

Di bagian sisi kanan ASUS Strix GL502VS, terdapat: 3-in-1 Card Reader (SD/SDXC), 2 Slot USB 3.0, dan Headset Connector.

Untuk saat ini, notebook ini telah tersedia secara resmi dan sudah bisa dibeli di dealer-dealer ASUS di Indonesia. Mengenai harga, notebook gaming ASUS ROG Strix GL502VS ditawarkan dengan harga Rp. 30.299.000,- sudah dilengkapi dengan ROG Mouse dan menggunakan sistem operasi Windows 10 Home.

HASIL BENCHMARK

3D Mark Fire Strike

3D Mark Fire Strike ROG Strix GL502VS

PC Mark Test

PC Mark Test ROG Strix GL502VS

Cinebench OpenGL dan CPU

Cinebench OpenGL CPU ROG Strix GL502VS

Crystal Disk Mark HDD dan SSD

Crystal Disk Mark HDD SDD ROG Strix GL502VS

SCREEN PREVIEW GAME DOOM

Screen Preview Game Doom ROG Strix GL502VS

SPESIFIKASI TEKNIS

Spesifikasi Teknis ASUS ROG Strix GL502VS

Referensi Tulisan:

  • https://www.asus.com/id/ROG-Republic-Of-Gamers/ROG-GL502VS/Features/
  • http://ark.intel.com/id/products/88967/Intel-Core-i7-6700HQ-Processor-6M-Cache-up-to-3_50-GHz
  • http://www.jagatreview.com/2013/10/nvidia-perkenalkan-g-sync-untuk-atasi-stutter-lag-dan-tearing-pada-game/
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge