Relawan TIK Kalbar Mendukung Program Domain DESA.ID #100webdesa

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) pada bulan Mei 2013 telah meluncurkan penggunaan nama domain lokal bagi desa yaitu .desa.id. Akan tetapi, meski sudah diluncurkan sejak 9 bulan lalu, hingga saat ini hanya beberapa desa saja di Indonesia yang telah menggunakannya. Jika kita telusuri ke belakang, gagasan mengenai penggunaan nama domain desa.id ini sebenarnya bermula dari ketidakjelasan domain apa yang tepat digunakan oleh Desa yang telah memiliki website. Khususnya Desa-desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun (GDM). Sejak 24 Desember 2011, GDM telah menjadi media belajar Desa-desa dalam memanfaatkan Teknologi Informasi sebagai salah satu bidang untuk mempublikasikan beragam informasi, potensi dan solusi dari permasalahan yang dihadapi Desa melalui sebuah website.

Syukuran Peluncuran Domain Desa
Syukuran Peluncuran Domain Desa

Melihat kondisi diatas, sepertinya yang menjadi kendala utama adalah keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa-desa yang ada di Indonesia, khususnya Kalimantan Barat. Selain itu kurangnya infrastruktur yang mendukung juga dapat menjadi faktor teknis lain kurang tersosialisasinya penggunaan domain .desa.id ini. Oleh karena itu, peran serta berbagai pihak pendukung seperti instansi pemerintahan desa sendiri, instansi pemerintahan daerah dimana desa tersebut bernaung, serta organisasi-organisasi non profit lainnya salah satu diantaranya Relawan TIK Kalimantan Barat sangat diperlukan disini. Setidaknya yang harus menjadi prioritas utama adalah para staf di instansi pemerintahan desa paham dan mengerti mengenai manfaat apa yang bisa didapatkan dengan memiliki website desa.

Untuk dapat mengajukan pendaftaran domain .desa.id, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan, antara lain:

  1. Foto/Scan : Surat Permohonan .desa.id yang sudah diprint, ditandatangani dan distempel Kepala Desa/Sekdes.
  2. Foto/Scan : KTP milik Kepala Desa/Sekdes.

Selanjutnya silakan isi formulir pendaftaran secara online di HALAMAN PENDAFTARAN atau FORM PENDAFTARAN ONLINE.

Catatan:

  • Pastikan kedua file foto / scan tersebut dalam format .JPG / .PNG dengan ukuran maksimal 500 Kb (lebih baik dibawah 500 Kb).
  • Proses pendaftaran akan berlangsung paling lama 2×24 jam sejak diinput.

Khusus untuk desa-desa yang ada di Kalimantan Barat, jika menemukan kesulitan dalam melakukan proses pengajuan nama domain .desa.id dapat langsung menghubungi Relawan TIK Kalimantan Barat di Jl. Arteri Supadio KM.3 Komp. Pondok Indah Lestari Blok D11/14 Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat HP. 08565030366/082255355359 (Sdr. Yudi). (DW)

 Sumber Referensi:

  • http://desa.web.id/
  • http://desamembangun.or.id/

Sumber Gambar:

  • http://desamembangun.or.id/2013/05/gdm-wilayah-cirebon-siapkan-pemberdayaan-2-0/

 

 

 

You might also like More from author

Comments

Proses...