PureIT Marvella, Solusi Air Minum Layak Konsumsi Masyarakat Indonesia

Air sebagai salah satu unsur yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Selain untuk dikonsumsi sebagai air minum, keberadaan air sangat dibutuhkan untuk Mandi, Cuci, dan Kakus (MCK). Khusus air minum, pertimbangan akan kondisi air yang dikonsumsi apakah layak atau tidak layak haruslah diprioritaskan. Masih banyak diantara kita tidak memandang higienitas dari sumber air minum sebagai satu hal penting. Memang secara kasat mata kita bisa menganggap air minum tersebut bersih dan sehat dari pemandangan fisiknya, akan tetapi apakah kita bisa melihat unsur-unsur yang ada dikandung air tersebut. Tentu tidak kan???

PureIT Marvella Solusi Air Minum Layak Konsumsi
Sumber: http://lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit/

Secara umum, air minum dapat dinyatakan bersih jika tidak mengandung mikroorganisme penyebab penyakit dan bahan-bahan kimia yang dapat merugikan kesehatan tubuh manusia. Sedangkan menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/MENKES/SK/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri, diterangkan secara jelas bahwa yang dimaksud dengan air bersih yaitu air yang harus memiliki standar air yang layak atau boleh untuk dikonsumsi sebagai air minum dengan ketentuan batas-batas yang telah ditetapkan oleh PERMENKES tentang batas syarat kandungan kontaminan seperti logam, besi, dan sebagainya.

Drinking Water Ready for Test
Sumber: http://www.shutterstock.com

Di dalam PERMENKES ini juga diterangkan mengenai parameter kualitas air bersih yang ditetapkan harus bisa memenuhi 3 jenis persyaratan, antara lain:

1. Persyaratan Fisik

Persyaratan fisik yang harus dipenuhi pada air minum yaitu harus jernih, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Sementara untuk tingkat suhunya disarankan sejuk dan tidak panas. Satu lagi, air minum yang bersih tidak akan mengalami pengendapan jika dibiarkan dalam jangka waktu lama.

2. Persyaratan Kimia

Dari aspek kimiawi, air minum yang bersih tidak boleh mengandung zat-zat kimia dalam jumlah tinggi serta bahan logam berat. Zat-zat kimia serta bahan logam berat tidak dapat terurai sempurna didalam tubuh, oleh karena itu mengkonsumsi air minum yang kurang sehat secara terus menerus akan menyebabkan terjadinya penimbunan didalam tubuh. Lama kelamaan timbunan ini akan merusak berbagai macam organ penting manusia, seperti: saluran pencernaan, hati, dan ginjal.

3. Persyaratan Mikrobiologis

Secara mikrobiologis, air minum yang bersih sama sekali tidak boleh mengandung bakteri-bakteri, seperti: Escherichia Colli, Clostridium Perfringens, Salmonella. Bakteri-bakteri ini dapat membentuk toksin (racun) hanya dalam waktu beberapa jam saja. Kondisi sanitasi sangat mempengaruhi keberadaan bakteri-bakteri ini, beberapa jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh bakteri-bakteri ini, antara lain: Muntaber, Typhus, Kolera, dan Disentri.

PureIT Marvella Harga Jual IndonesiaMemang untuk dibeberapa kota besar di Indonesia, kebutuhan akan keberadaan air minum yang bersih dan sehat tidak lagi menjadi masalah karena mereka telah memiliki sarana dan infrastruktur yang cukup memadai. Akan tetapi bagaimana pula dengan daerah-daerah yang masih belum memiliki sarana dan infrastruktur instalasi air bersih sesuai standar?. Apa yang bisa dilakukan agar setiap harinya mereka bisa mengkonsumsi air bersih dan sehat?.

Untuk menjawab permasalahan ini, PT Unilever Indonesia sebagai perusahaan yang telah banyak memproduksi produk-produk di Indonesia sejak tahun 1933 telah meluncurkan sebuah produk yang diberi nama “Pure IT Marvella“. PureIT Marvella merupakan alat pemurni air berteknologi Ultra Violet (UV) yang dapat mengubah air keran menjadi air minum layak konsumsi.

Dalam prosesnya, PureIT Marvella bekerja dengan menggunakan 4 tahapan pemurnian air. Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan gambar disamping kiri ini:

PureIT Marvella Proses Pemurnian Air
Sumber: http://lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit/

1. FILTER SEDIMEN

Pada tahap ini, PureIT Marvella menghilangkan kotoran yang terlihat.

2. FILTER KARBON AKTIF

Pada tahap ini, PureIT Marvella menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa, dan bau.

3. FILTER SEDIMEN PLUS

Pada tahap ini, PureIT Marvella menghilangkan partikel karbon dan sisa kotoran.

4. SINAR ULTRA VIOLET INTENSITAS TINGGI

Pada tahap ini, PureIT Marvella menghilangkan kuman, parasit, dan bakteri berbahaya lainnya.

Selain itu, PureIT Marvella juga memiliki filter GKK (Germ Kill Kit/Perangkat Pembunuh Kuman) yang harus diganti setelah melewati proses pemurnian 3000 liter air. Lama waktu penggantian akan sangat bergantung pada pemakaian air minum per harinya.

Sebelum dijual secara bebas, PureIT Marvella telah melewati beberapa prosedur pemeriksaan dan uji laboratorium yang dilakukan oleh Scottish Parasite Diagnostic Laboratory Glasgow Inggris, London School of Hygiene and Tropical Medicine, Unilever Laboratory, dan EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa PureIT Marvella memang layak digunakan dan sesuai standar.

Dari segi efektifitas, penggunaan PureIT Marvella tidak bersifat merepotkan karena sejak awal dipasang sudah  terhubung langsung ke pipa air dengan sistem autofill/ pengisian otomatis, sehingga sangat praktis tanpa harus melakukan pengisian ulang. Sedangkan dari segi efisiensi, penggunaan PureIT Marvella secara terus menerus ternyata mampu memberikan penghematan jika dibanding harus membeli air minum kemasan setiap harinya. Besarnya jumlah Penghematan per tahun jika memakai Pureit Marvella adalag sebesar Rp. 225.000,- sampai Rp. 1.750.000,-. Sangat irit bukan???

PureIT Marvella Menghemat Biaya Konsumsi Air Minum
Sumber: http://lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit/

Beberapa fitur yang dimiliki oleh PureIT Marvella, antara lain:

1. Advance Alert System

PureIT Marvella akan memberikan petunjuk ketika air masih tersisa 150 liter sebelum filter GKK habis (estimasi sekitar 15 hari untuk pemakaian 5 orang dengan asumsi 2 liter per orang/hari)

2. Auto Shut Off

PureIT Marvella akan menghentikan aliran air secara otomati ketika lampu UV atau komponen penting lain yang ada didalamnya tidak berfungsi.

3. Kapasitas Penyimpanan Maksimal

PureIT Marvella mampu menyimpan dengan kapasitas maksimal 4 liter air.

4. Perlindungan Fluktuasi Tegangan Listrik

PureIT Marvella memiliki proteksi khusus untuk mencegah kerusakan akibat perubahan tegangan listrik yang tiba-tiba.

Mengenai layanan purna jual jangan kuatir, meski termasuk dalam kategori produk baru, PT. Unilever Indonesia tetap akan memberikan layanan prima bagi para pengguna PureIT Marvella, antara lain:

  • Pemasangan gratis oleh teknisi yang cukup berpengalaman tanpa dikenakan biaya pemasangan apapun dan sebelum dipasang sumber air akan dicek untuk pengecekan dasar.
  • Pihak PT. Unilever Indonesiak akan memberikan jaminan garansi resmi dari pabrik selama 1 tahun untuk kerusakan yang dialami.

HARGA PUREIT MARVELLA UV DI INDONESIA Rp. 2.500.000,-

Untuk Info Lebih Lengkap mengenai PureIT Marvella bisa langsung menghubungi:
Suara Konsumen Pureit (pulsa lokal) 500258 (PSTN) atau 500258 (GSM)
Email : pureit.indonesia@unilever.com
Website : www.pureitwater.com/ID/

Sumber Referensi:

  • http://www.pureitwater.com/ID/
  • https://id-id.facebook.com/ForumHijauIndonesia/posts/485081311582971
  • http://lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit/

KETERANGAN:

  • Tulisan ini diikutsertakan dalam LOMBA BLOG UNILEVER PUREIT 2014

You might also like More from author

Comments

Proses...