Pontianak Menyapa Dunia, Satu Harapan Besar Dibalik Sebuah Cita-Cita

Pontianak Menyapa Dunia, kalimat ini menjadi tema dalam peringatan Hari Jadi Kota Pontianak ke 244. Tidak terasa dua hari lagi, tepatnya pada tanggal 23 Oktober 2015 Kota Pontianak akan kembali bertambah usia.

Makin bertambah usia, makin dikenal luas, mungkin ini yang menjadi pertimbangan bagi pihak pemerintah Kota Pontianak menjadikan Pontianak Menyapa Dunia sebagai tema dalam peringatan hari jadinya kali ini.

Secara pribadi, Blogger Borneo melihat penggunaan tema ini sangatlah tepat karena menggambarkan secara langsung harapan apa yang ingin dicapai oleh pihak pemerintah Kota Pontianak. Bahkan kalau bisa tema ini tidak hanya digunakan pada saat peringatan Hari Jadi Kota Pontianak saja tapi digunakan juga pada saat pelaksanaan-pelaksanaan kegiatan resmi lainnya. Akan lebih mantap lagi jika tema ini dijadikan sebagai hashtag resmi #PontianakMenyapaDunia ketika menyampaikan informasi-informasi terkait Kota Pontianak melalui media sosial.

Peta Kota Pontianak
Peta Kota Pontianak (Sumber: JagirMedia.Com)

Sekarang jika kita bicara mengenai Kota Pontianak, apa-apa aja sih kelebihan maupun keunikan yang dimiliki sehingga sangat layak untuk dikunjungi? Nah, berikut Blogger Borneo jelaskan beberapa kelebihan maupun keunikan diantaranya ya.

1. KOTA PONTIANAK DILINTASI GARIS KHATULISTIWA

Secara geografis, Kota Pontianak terletak tepat di perlintasan garis ekuator yang membagi bumi sama persis menjadi dua bagian. Di seluruh dunia, hanya beberapa kota yang lintasan garis khatulistiwanya tepat berada di kawasan perkotaan sehingga bisa dilihat langsung. Selebihnya melintasi area hutan, pulau tak berpenghuni, dan samudera luas. Dalam dua kali setahun, Kota Pontianak mengalami fenomena alam dari efek dilintasi garis maya ini yaitu KULMINASI. Sepertinya kondisi seperti ini HANYA ADA DI KOTA PONTIANAK.

2. KOTA PONTIANAK DILINTASI SUNGAI TERPANJANG DI INDONESIA

Kota Pontianak sangat terkenal karena dilintasi sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Kapuas. Sungai ini memiliki panjang 1.143 kilometer. Nama Kapuas digunakan karena sungai ini mengalir dari Kapuas Hulu hingga ke muara, akan tetapi bagi Kesultanan Banjar sungai ini diberi nama lain yaitu Batang Lawai karena ada juga aliran sungainya mulai dari daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi) hingga ke muara.

Di sungai ini terdapat kurang lebih 700 jenis ikan yang masuk dalam kelompok 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan terancam punah. Oleh karena itu, potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas bisa mencapai 2 juta ton. Wah, angka yang cukup fantastis bukan? Sepertinya kondisi seperti ini HANYA ADA DI KOTA PONTIANAK.

3. KOTA PONTIANAK PENGHASIL ALOEVERA TERBAIK DUNIA

Aloe vera atau dalam bahasa Indonesianya biasa disebut sebagai lidah buaya merupakan tanaman yang sejak ribuan tahun lalu digunakan sebagai bahan penyubur rambut, penyembuh luka, dan perawatan kulit. Tanaman ini hanya bisa tumbuh di lokasi yang beriklim kering dan memiliki lahan gambut.

Tanaman Lidah Buaya Pontianak
Areal Tanaman Lidah Buaya Pontianak (Foto: Dok. Pribadi)

Selain digunakan untuk bahan baku produk-produk kesehatan, aloe vera juga bisa diolah menjadi produk-produk panganan, seperti: Minuman Kemasan, Jelly, Cokelat, Kerupuk, Stik, Kue Nastar, dan lain sebagainya. Sepertinya kondisi seperti ini HANYA ADA DI KOTA PONTIANAK.

4. KOTA PONTIANAK SENTRALNYA INDONESIA DAN ASIA TENGGARA

Lokasi Kota Pontianak Dilihat dari Google Maps
Lokasi Kota Pontianak Dilihat dari Google Maps

Sekarang coba perhatikan posisi Kota Pontianak di Google Maps, ternyata letaknya berada diantara Indonesia dan Asia Tenggara bukan? Dari Kota Pontianak kita bisa berkunjung ke beberapa negara tetangga, seperti: Singapura dan Malaysia yang jarak tempuhnya hanya membutuhkan waktu kurang lebih seperti akan ke Jakarta. Beberapa maskapai penerbangan nasional maupung asing juga sudah melayani rute-rute internasional tanpa harus melalui Jakarta. Sepertinya kondisi seperti ini HANYA ADA DI KOTA PONTIANAK.

Sepertinya penjelasan Blogger Borneo terhadap empat poin diatas sudah cukup menggambarkan kelebihan maupun keunikan yang dimiliki oleh Kota Pontianak. Semoga kedepannya kalimat Pontianak Menyapa Dunia akan dapat selalu menjadi sebuah do’a yang dibaliknya tersimpan cita-cita besar bahwa Kota Pontianak akan semakin dikenal secara nasional maupun internasional. Amin… Sebagai penutup tidak lupa Blogger Borneo turut mengucapkan Selamat Hari Jadi Kota Pontianak ke 244. (DW)

Sumber Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Lidah_Buaya
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Kapuas

You might also like More from author

Comments

Proses...