Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia menjadi tema utama dalam penyelenggaraan Lomba Blog dan Mini SEO Hari Jadi ke-245 Kota Pontianak yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 2016. Lomba ini diselenggarakan atas dasar inisiatif sendiri dari kawan-kawan yang bernaung di bawah sebuah organisasi bernama Komunitas Blogger Pontianak. Pihak panitia menyiapkan hadiah utama bagi juara pertama, kedua, dan ketiga, masing-masing berupa: Smartphone Andromax E+, Smartphone Andromax A, dan Modem MIFI M3Y Free Kuota 30 Gb. Selain itu, disediakan juga beberapa hadiah tambahan bagi juara harapan.

PONTIANAK KOTA WISATA PALING MENARIK DI INDONESIA

Jika kita bicara tentang kota Pontianak, rata-rata bayangan yang akan langsung muncul di benak pikiran adalah hantu kuntilanak. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa selama ini mesin pencari Google akan selalu menampilkan hantu kuntilanak di halaman pertama pencarian jika kita menggunakan kata kunci “kota Pontianak”. Hal ini dikarenakan masih belum begitu banyaknya konten-konten positif terkait kota Pontianak.

BACA JUGA: PONTIANAK KOTA BERSINAR

Melihat fenomena ini, kawan-kawan dari Komunitas Blogger Pontianak ingin berusaha untuk mengubah stigma negatif tersebut di dunia maya. Jadi salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan menyelenggarakan Lomba Blog dan Mini SEO dengan menjadikan kalimat “Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia” sebagai tema utamanya.

Peta Kota Pontianak
Peta Kota Pontianak (Sumber: JagirMedia.Com)

KOTA WISATA PONTIANAK

Selain ingin menggeser keberadaan konten-konten negatif di dunia maya, melalui lomba blog dan mini SEO ini kawan-kawan dari Komunitas Blogger Pontianak juga ingin mempromosikan keberadaan tempat-tempat wisata yang ada di kota Pontianak.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kota Pontianak selama ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilintasi langsung oleh garis ekuator. Kondisi geografis ini membuat kota Pontianak setiap tahunnya mengalami fenomena alam yang dikenal sebagai Kulminasi Matahari. Kulminasi matahari terjadi pada minggu terakhir di bulan Maret dan September.

BACA JUGA: PESONA KULMINASI MATAHARI

Produk Lidah Buaya Pontianak
Hasil Produk Olahan Lidah Buaya Pontianak

Dari sisi sumber daya alam, kota Pontianak juga dikenal sebagai penghasil tanaman lidah buaya terbaik di Asia Tenggara karena memiliki iklim tropis dan kontur tanah gambut. Beberapa produk olahan telah dihasilkan dari tanaman ini, antara lain: Minuman Lidah Buaya, Cokelat Lidah Buaya, Dodol Lidah Buaya, Jelly Lidah Buaya, Kerupuk Lidah Buaya, dan masih banyak lagi lainnya. Blogger Borneo sendiri termasuk salah seorang yang turut memasarkan hasil produk olahan lidah buaya ini secara online. Alhamdulillah respon pasarnya masih cukup positif sampai saat ini karena semua produknya aman dikonsumsi oleh siapa saja termasuk anak-anak.

TUJUAN WISATA KOTA PONTIANAK

Selain dianugerahi kondisi geografis dan sumber daya alam, Pontianak juga memiliki beberapa lokasi yang selama ini dijadikan sebagai tempat tujuan wisata bagi para pengunjung lokal maupun internasional.

BACA JUGA: PRODUK ALOEVERA PONTIANAK

Berikut merupakan nama-nama lokasi wisata yang ada di kota Pontianak:

  1. Tugu Khatulistiwa Pontianak
  2. Istana Kesultanan Pontianak Kadriah
  3. Masjid Sultan Abdurrahman
  4. Museum Negeri Pontianak
  5. Masjid Raya Mujahidin
  6. Gereja Katedral Pontianak
  7. Rumah Adat Dayak Betang
  8. Rumah Adat Melayu
  9. Vihara Tertua di Pontianak
  10. Taman Alun Kapuas
Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia
Taman Alun Kapuas Pontianak (Foto: Dok. Pribadi)

WISATA KULINER PONTIANAK

Kota Pontianak dalam ruang lingkup masyarakatnya terdiri dari 3 suku besar, yaitu: Melayu, Dayak, dan Chinese. Selain itu, masih terdapat juga beberapa suku minoritas lainnya, seperti: Jawa, Madura, Batak, Banjar, dan lain sebagainya. Dengan adanya keanekaragaman ini, secara tidak langsung akan berpengaruh kepada keberadaan menu-menu kuliner di kota Pontianak. Oleh karena itu, Pontianak juga terkenal dengan wisata kulinernya. Beberapa nama menu kuliner khas yang ada di kota Pontianak, seperti: Bubur Paddas, Kwe Tiaw, Bubur Ikan, Pisang Goreng Pontianak, Lempok Durian, Kopi Luwak West Borneo, dan masih banyak lagi menu kuliner Pontianak lainnya turut menjadi incaran para pengunjung yang ingin mencicipinya secara langsung.

PAKET WISATA KOTA PONTIANAK

Untuk memfasilitasi kawan-kawan yang ingin datang dan berkunjung ke Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia, Blogger Borneo menyediakan jasa paket wisata kota Pontianak selama 3 hari 2 malam. Jika ada yang berminat, silahkan langsung menghubungi nomor kontak 0811-56-1982 (Call/SMS/WA) untuk info lengkapnya.

You might also like More from author

Comments

Proses...