BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah LingkunganSPBU COCO 61.781.01 atau dikenal sebagai SPBU COCO Pontianak terletak di Jalan Ahmad Yani Pontianak. Diantara sekian banyak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Kota Pontianak, SPBU ini termasuk salah satu yang status kepemilikannya murni milik dan dikelola oleh Pertamina Retail.

Menurut informasi yang dirilis dari laman website Standar.Org, klasifikasi SPBU Indonesia dibagi menjadi tiga jenis, antara lain:

  1. SPBU COCO (Company Owned Company Operated), artinya SPBU ini murni milik dan dikelola oleh Pertamina Retail.
  2. SPBU CODO (Company Owned Dealer Operated), artinya SPBU ini milik Swasta atau Perorangan yang bekerjasama dengan Pertamina Retail. SPBU jenis ini dibangun berdasarkan pesyaratan yang dimiliki Pertamina Retail.
  3. SPBU DODO (Dealer Owned Dealer Operated) artinya SPBU ini murni milik Swasta atau Perorangan dan segala hal tentang manajemen dikelola oleh Swasta. SPBU ini dibangun sebagai satu upaya untuk pengembangan jaringan SPBU dan dalam rangka peningkatan pelayanan di SPBU melalui konsep Kerjasama Operasi (KSO).
Pertamina Solusi BBM Berkualitas dan Ramah Lingkungan
SPBU Coco 61.781.01 Jalan Ahmad Yani Pontianak

Sejak SPBU COCO Pontianak didirikan, Blogger Borneo sudah sering mengisi BBM disini. Selain karena faktor dekat jaraknya dengan rumah,  SPBU ini juga memiliki areal yang luas serta terdapat ATM Center milik beberapa bank dimana ruangannya menjadi satu dengan BRIGHT MART Pertamina. Jadi, setelah mengisi BBM Blogger Borneo bisa langsung singgah untuk menarik uang di salah satu mesin ATM yang ada dan kemudian berbelanja cemilan maupun minuman ringan.

Baru-baru ini, jenis varian bahan bakar terbaru dari keluaran Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan dengan level research octane number (RON) 90 sudah masuk dan dijual di beberapa SPBU di kota Pontianak termasuk SPBU COCO 64.781.01. PERTALITE, demikian nama BBM baru ini sepertinya sengaja diproduksi pihak Pertamina sebagai solusi BBM Berkualitas dan BBM Ramah Lingkungan. Jika dilihat berdasarkan RON-nya, PERTALITE berada ditengah-tengah antara PREMIUM dan PERTAMAX. Oleh karena itu, harganya juga turut berada di tengah-tengah juga. Ya masih cukup terjangkau lah. 🙂

Stasiun Pengisian Kendaraan Roda Dua Pertalite SPBU Coco Pontianak
Stasiun Pengisian Kendaraan Roda Dua Pertalite SPBU COCO Pontianak

Selain menjual BBM Pertalite, SPBU COCO Pontianak juga menjual LPG Pertamina dan Bright Gas. Khusus untuk jenis produk yang disebutkan terakhir, merupakan produk terbaru dari Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan juga.

Untuk Blogger Borneo sendiri, sejak pertama kali menempati rumah pada akhir tahun 2007 sudah menggunakan LPG Pertamina tabung 12 kilogram. Meski beberapa tahun berikutnya sempat ada program konversi tabung gas ukuran 12 kilogram menjadi 3 kilogram dari Pertamina, namun Blogger Borneo tetap setia menggunakannya. Meski ada yang bilang menggunakan tabung gas ukuran 3 kilogram lebih murah bebannya, namun bagi Blogger Borneo tidak akan menjadi masalah. Yang terpenting LPG aman.

Bright Gas Hemat
Bright Gas Hemat

Belum lama gas ukuran tabung 3 kilogram beredar, kembali Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan mengeluarkan jenis baru dengan nama Bright Gas. Untuk Bright Gas tersedia tiga jenis ukuran, antara lain:

  • Bright Gas 220 Gram
  • Bright Gas 5,5 Kilogram
  • Bright Gas 12 Kilogram

Menurut pihak Pertamina, tujuan dikeluarkan jenis baru ini agar lebih hemat dan mudah dibawa kemana-mana karena ukuran berat hanya 5,5 kilogram saja.

3 KEUNGGULAN BRIGHT GAS

1. Lebih Aman

Bright Gas 5,5 Kilogram menggunakan tabung dengan fitur Katup Ganda DSVS (Double Spindle Valve System) yang akan membuatnya dua kali lebih aman dalam mencegah kebocoran pada kepala tabung. Untuk menjamin kualitas dan ketepatan ukuran isi, Bright Gas 5,5 Kilogram juga dilengkapi dengan segel hologram dengan fitur OCS (Optical Color Switch) yang telah memperoleh paten dan tidak dapat dipalsukan. Selain itu, pada tabung Bright Gas 5,5 Kilogram juga terdapat Sticker Safety mengenai tata cara penggunaan tabung.

Suasana SPBU COCO Pontianak
Suasana SPBU COCO Pontianak

2. Lebih Nyaman

Berat total Bright Gas hanya 5.5 kilogram saja sehingga sangat ringan untuk dijinjing. Jadi bagi para Ibu yang selama ini merasa kesulitan dalam membawa tabung gas untuk memasak, kini tidak perlu khawatir lagi. Selain itu, konsumen juga dapat memesan langsung Bright Gas 5,5 Kilogram dengan menelepon layanan antar 500 000 (syarat dan ketentuan berlaku).

3. Lebih Murah

Bright Gas Hemat dijual dengan harga 60-an ribu rupiah per tabung untuk area pemasaran pulau Kalimantan. Sedangkan untuk Jawa dan Bali dijual hanya 90-an ribu rupiah. (DW)

Keterangan:

  • Tulisan ini diikutsertakan dalam Pertamina Blog Competition dengan tema Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi BBM Berkualitas dan Ramah Lingkungan

 

 

You might also like
2 Comments
  1. ninda says

    tempat gasnya unyu banget warna pink sama unguuuu *salfoks parah

    1. Dwi Wahyudi says

      Sengaja dibuat berwarna unyu dan pinky biar kesannya lucu kali ya, hehehehe…

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge