Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat, Kunci Peningkatan IPM Masyarakat

Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, mungkin teman-teman pernah melihat atau bahkan sering melewati gedung yang terletak di Jl. Letjen Sutoyo Nomor 6 ini. Blogger Borneo sendiri termasuk sebagai salah satu orang yang sering berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kalbar karena secara kebetulan istri tercinta bekerja di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (BPKD). Jadi, sering berkunjung bukan karena mau membaca ya tapi karena biasa menjemput istri pulang kerja. Hehehe…

Perpustakaan Daerah Kalimantan BaratBlogger Borneo masih ingat ketika masih kuliah dulu, Perpustakaan Daerah ini menjadi salah satu tempat andalan untuk mencari bahan-bahan literatur sebagai dasar pembuatan makalah dan skripsi. Cuma sayang pada saat itu sepertinya koleksi buku yang dimiliki serta tata ruangan belum diatur secara rapi sehingga terkesan Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat (PERPUSDA KALBAR) tidak terpelihara dengan baik.

Perpusda KalbarAkan tetapi, dalam dua tahun terakhir ternyata Perpustakaan Daerah Kalbar terus mengalami pembenahan. Kondisi ruangan yang dulunya terkesan gelap dan pengap sekarang telah diubah menjadi minimalis dan sejuk. Untuk koleksi bukunya sendiri sampai saat ini terus diupdate setiap 3 bulan sekali sehingga judul-judulnya termasuk dalam jajaran buku terbaru dan terlaris. Yang terpenting, sekarang teman-teman tidak perlu kuatir lagi untuk bolak balik ke tempat ini karena no charge for parking alias parkir gratis.

Pintu Masuk Perpustakaan Daerah KalbarGambar diatas merupakan pemandangan pintu masuk PERPUSDA KALBAR. Bagaimana teman-teman, cukup elegan bukan? Melihat tampilan pintu masuk seperti ini pasti akan membuat teman-teman penasaran untuk masuk kedalamnya. Jadi tunggu apa lagi nih, mari kita masuk sekarang…

Customer Service Perpusda KalbarDi bagian depan terdapat sebuah meja besar dengan beberapa staf didalamnya, kalau di perusahaan-perusahaan bagian ini biasa disebut sebagai Customer Service. Selain berfungsi sebagai tempat informasi bagi para pengunjung perpustakaan daerah, disini juga disimpan barang-barang titipan para pengunjung seperti: tas, jaket, dan lain-lain. Setelah menitipkan barang bawaannya, para pengunjung dapat langsung memilih buku-buku yang ingin dibaca di ruang koleksi.

Ruang Koleksi Buku Perpustakaan Daerah KalbarSetelah buku-buku dipilih, para pengunjung dapat langsung meminjam atau hanya ingin membacanya saja. Nah, untuk dapat meminjam semua koleksi buku yang ada di PERPUSDA KALBAR para pengunjung harus memiliki Kartu Anggota Perpustakaan. Kartu Anggota Perpusda KalbarJika ingin melihat seperti apa bentuk kartu anggotanya, lihat saja tampilan hasil scannya disamping kiri ini.

Bagi para pengunjung perpustakaan yang belum memiliki kartu anggota, dapat langsung membuatnya dengan mengisi formulir pendaftaran anggota secara lengkap dilampiri dengan foto tanda pengenal terbaru (KTP/SIM/KTM) dan pas foto berwarna terbaru ukuran 2×3 cm. Proses pendaftaran hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam dan bebas biaya pendaftaran alias gratos. Setelah semua proses pendaftaran telah dilakukan dan kartu anggota perpustakaan selesai dibuat, silahkan meminjam deh… 🙂

Ruang Baca Perpustakaan Daerah KalbarApabila para pengunjung hanya ingin membaca koleksi buku yang ada, dapat langsung menuju ruang baca. Desain ruangan minimalis yang cukup luas disertai dengan hembusan air conditioner dijamin akan membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah membaca didalamnya. Selain itu, ruang baca ini juga dilengkapi dengan fasilitas hotspot internet yang dapat diakses secara gratis. Wah, kayaknya akan semakin betah untuk berlama-lama disini nih. Semua fasilitas sudah dipenuhi, tinggal dimanfaatkan saja secara maksimal dan positif.

Setelah berkelililing dilantai dasar, Blogger Borneo menyempatkan diri untuk bertemu dengan Kepala Unit Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Untad Dharmawan. Menurut beliau, seharusnya Perpustakaan Daerah ini dibuat senyaman dan semenarik mungkin agar seluruh lapisan masyarakat di kota Pontianak dan sekitarnya mau berkunjung kesini.

Untan Dharmawan, Kepala UPT Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat
Untan Dharmawan, Kepala UPT Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat (Sumber: TribunPontianak.Co.Id)

Jika perpustakaan daerah semakin ramai dikunjungi masyarakat maka otomatis akan menunjukkan bahwa tingkat minat baca masyarakat juga semakin tinggi. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia masyarakat Kalimantan Barat karena tingginya minat baca menjadi salah satu indikatornya. Semoga saja untuk kedepannya PERPUSDA KALBAR dapat terus berbenah sehingga nantinya dapat menjadi seperti perpustakaan-perpustakaan besar diluar sana, Aminnn… (DW)

Sumber Referensi:

  • http://bpkd.kalbarprov.go.id/content.php?bpkd=home

You might also like More from author

Comments

Proses...