Peralatan Kantor yang Wajib Dipersiapkan dan Dimiliki

Peralatan kantor adalah alat-alat yang dapat membantu untuk menyelesaikan tugas pekerjaan kantor dan harus ada pada setiap kantor karena alat tersebut tidak hanya di pajang tetapi akan di gunakan selama proses pekerjaan berlangsung.

Alat kantor ini di bedakan menjadi beberapa jenis yaitu barang yang habis pakai dan barang yang tidak habis pakai:

  • Barang habis pakai adalah barang yang di gunakan hanya satu kali dan tidak dapat di gunakan lagi.
  • Barang tidak habis pakai adalah barang yang memiliki ketahanan cukup lama dan tidak habis meskipun di pakai beberapa kali.

Untuk membuat sebuah kantor tentu peralatan ini harus di siapkan, karena bagian terpenting dalam pekerjaan adalah ada media atau fasilitas yang dapat di gunakan. Adapun fungsi perlengkapan kantor adalah untuk mempercepat terselesaikannya pekerjaan, sarana untuk membantu pekerjaan, dan meringankan.

Peralatan kantor yang sering di gunakan dan disiapkan di setiap kantor adalah:

  • Mesin penghancur kertas: Mesin penghancur ini di gunakan untuk menghancurkan kertas yang sudah tidak di gunakan
  • Filling kabinet: di gunakan untuk menyimpan dokumen penting perusahaan, dan biasanya di beri kode atau nomor agar mempermudah untuk mengambil kembali dan mengamankan dokumen tersebut.
  • Perforator: Biasa di sebut dengan pembolong kertas. Perferatos di gunakan untuk melubangi kertas untuk lebih mudah di satukan dengan arsip dokumen lain
  • Mesin penghitung uang: Mesin ini tidak di gunakan pada setiap kantor, hanya kantor tertentu saja yang menggunakan mesin itu seperti bank. Karena kegunaannya untuk menghitung uang, maka mesin ini sangat membantu pegawai bank untuk lebih cepat menghitung uang dan tentunya mengirit waktu dan mengurangi resiko kesalahan.
  • Mesin absensi: Mesin ini di gunakan untuk menghitung berapa kali absen setiap karyawan atau pegawai. Mesin ini dapat membantu untuk kepala perusahaan melihat daftar absen para pegawainya.
  • Cash box: Kotak yang biasa di gunakan untuk menyimpan uang dan di kunci dengan kode yang tidak semua orang tahu. Alat ini dapat mengamankan uang.
  • Map arsip: Alat ini di gunakan untuk menyimpan kumpulan arsip penting untuk tidak berceceran di sembarang tempat. Map ini dapat mengamankan arsip penting itu dan membantu untuk meminimalkan tempat.
Perlengkapan Kantor
Perlengkapan Kantor (Sumber: Kaskus.Co.Id)

Bagi anda yang ingin menciptakan kelengkapan kantor anda, maka anda harus membuat list terlebih dahulu peralatan apa yang anda butuhkan dan tentu untuk membantu pekerjaan anda dan para pegawai anda. Gunakan perlengkapan kantor dengan sebaik mungkin agar tidak terlalu boros untuk belanja keperluannya. Namun jika memang telah habis, usahakan secepatnya untuk kemudian menyediakan alat kantor tersebut.

Memiliki kantor dengan perlengkapan dan peralatan yang lengkap tentu adalah tugas anda jika ingin semua pekerjaan anda cepat terselesaikan. Namun jika anda sulit untuk menyediakan perlengkapan kantor tersebut maka pekerjaan itupun akan lebih lambat untuk selesai. Memerlukan banyak media dan material untuk menyelesaikan tugas anda karena tidak ada yang instant maka pekerjaan Andapun memerlukan proses. Proses di mana harus menyelesaikan dan selesai akan lebih cepat jika tidak ada hambatan kekurangan dalam perlengkapan dan peralatan yang di butuhkan.

Jika waktu anda sangat sibuk untuk belanja secara langsung kini anda dapat menggunakan jasa toko online yang menyediakan beraneka peralatan kantor yang anda butuhkan. Tidak perlu waktu cukup lama dan tenaga untuk mendapatkannya anda bisa dengan mudah untuk membelinya.

You might also like More from author

Comments

Proses...