Pengalaman Pertama Kali Blogger Borneo Berkunjung ke Kuala Lumpur Malaysia

Meski jarak antara Pontianak dan Kuala Lumpur itu memiliki waktu tempuh yang sama ketika kita ingin ke Jakarta, namun Blogger Borneo baru merasakan pengalaman pertama kali berkunjung ke negara tetangga yaitu Kuala Lumpur, Malaysia.

Blogger Borneo dan Air Asia Malaysia
Image: Dok. Pribadi

Setelah sejak beberapa tahun lalu memiliki keinginan untuk hadir di penyelenggaraan acara Sepetang Bersama Blogger, akhirnya di tahun 2017 ini Blogger Borneo memiliki kesempatan untuk hadir di acara yang rutin diselenggarakan setahun sekali oleh Denai Hati Network bekerjasama dengan beberapa pihak sponsor pendukung. Sebelumnya Blogger Borneo ucapkan terima kasih banyak kepada Cheria Halal Holiday yang telah memberi dukungan dalam bentuk tiket penerbangan Pontianak – Kuala Lumpur PP via maskapai Air Asia dan penginapan selama 2 malam disana.

KUALA LUMPUR MALAYSIA

Tepat seminggu sebelum hari keberangkatan yaitu pada tanggal 12 Mei 2017, Blogger Borneo sudah mencari informasi mengenai kondisi transportasi dan lokasi penginapan nanti disana seperti apa. Karena nantinya acara SBB 2017 rencananya akan diselenggarakan di Malaysia Tourism Center (MaTIC) maka lokasi penginapan yang dipilih berada di kawasan Bukit Bintang. Khusus review mengenai lokasi penginapan nantinya akan dibahas tersendiri dalam tulisan yang berbeda ya. Sekarang kita fokus dulu mengenai kisah perjalanan Blogger Borneo ke Kuala Lumpur, Malaysia dimana ini kali pertama dilakukan.

Hanya ingin memberi masukan jika akan melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur, Malaysia kita bisa memesan paket hotel dan tiket penerbangan pulang pergi langsung melalui AirAsiaGo.Co.Id karena hitungannya pasti lebih murah dibandingkan jika kita memesan secara terpisah. Dan jika memungkinkan, proses pemesanan sudah bisa dilakukan dua minggu sebelum keberangkatan. 🙂

Persiapan Blogger Borneo Menuju SBB 2017 Malaysia
Image: Dok. Pribadi

Penampakan foto diatas merupakan persiapan perbekalan yang akan dibawa selama 3 hari 2 malam berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Alhamdulillah untuk travel bag nya sendiri, Blogger Borneo mendapat dukungan dari produsen CabinZero.Com untuk jenis Classic 28L Red. Jika ditimbang, total beban semua perbekalan diatas adalah kurang lebih 5 kilogram.

BACA JUGA: SEPETANG BERSAMA BLOGGER 2017 MALAYSIA

Meski jarak antara rumah dengan Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak cukup dekat, namun 1,5 jam sebelum jam keberangkatan Blogger Borneo sudah sampai disana. Berbeda dengan penerbangan domestik, khusus ke Kuala Lumpur, Malaysia ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Pastikan menyiapkan uang di dompet dalam bentuk Ringgit Malaysia;
  • Pastikan paspor tidak ketinggalan untuk dibawa;
  • Pastikan datang lebih awal karena harus melewati bagian imigrasi untuk pemeriksaan dokumen;
  • Pastikan beban perbekalan yang dibawa maksimal 7 kilogram, lebih dari itu maka diharuskan untuk masuk dalam bagasi pesawat dimana akan dikenakan biaya tersendiri nantinya;
  • Pastikan tidak membawa produk cairan yang beratnya lebih dari 100 mililiter, jika ketahuan pilihannya hanya dua yaitu masuk bagasi atau ditinggal di bagian pemeriksaan.
Blogger Borneo Antri Pemeriksaan Imigrasi Malaysia
Image: Dok. Pribadi

Dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam untuk bisa tiba di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2 dari Pontianak. Sekitar jam 12.45 Blogger Borneo sudah mendarat di KLIA 2, karena baru pertama kali berkunjung maka dipilihlah jenis transportasi MRT miliknya KLIA Express yang langsung menghubungkan bandara dengan stasiun induk atau lebih dikenal sebagai KL Sentral. Harga tiketnya sekitar RM55 untuk sekali perjalanan sekitar 35 menit sampai tujuan. Ya sempat kaget juga awalnya ketika mengetahui harga tiketnya cukup mahal, tapi mau bagaimana lagi karena ini merupakan perjalanan pertama kali maka tidak berani ambil resiko. Padahal jika ingin lebih berhemat, bisa menggunakan jasa bis dengan harga tiket RM12 saja dengan masa tempuh kurang lebih satu jam saja.

Stasiun Sentral Kuala Lumpur Malaysia
KL Sentral (Image: Dok. Pribadi)
KLIA Express Malaysia
MRT KLIA Ekspress (Image: Dok. Pribadi)
Bis Malaysia Rute KLIA 2 ke KL Sentral
Bis Bandara Kuala Lumpur Malaysia (Image: Dok. Pribadi)

Sesampainya di KL Sentral, Blogger Borneo diharuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju stasiun Air Asia – Bukit Bintang menggunakan monorail dengan biaya RM2,5 saja. Untuk dapat membeli tiketnya bisa langsung melalui mesin-mesin yang tersedia. Cukup pilih jenis angkutan yang akan digunakan, kemudian pilih stasiun yang akan dituju. Mesin secara otomatis akan menunjukkan berapa harga tiketnya, bisa menggunakan mekanisme uang tunai maupun kartu debet. Perhatikan penampakan mesinnya dibawah ini:

Mesin Pembelian Tiket Monorail Otomatis
Mesin Pembelian Tiket Monorail Otomatis (Image: Dok. Pribadi)

Proses transaksi sudah dilakukan, tiket monorail pun sudah berada dalam genggaman. Sekarang kita lanjut perjalanan ke stasiun terdekat dengan lokasi penginapan. Tidak terasa waktu sudah hampir mendekati maghrib, ternyata khusus untuk waktu ada perbedaan antara Pontianak dan Kuala Lumpur, Malaysia selama +1 jam karena masuk Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Karena sudah merasa cukup letih maka Blogger Borneo bergegas untuk menuju lokasi penginapan begitu monorail yang ditumpangi berhenti di stasiun Air Asia – Bukit Bintang. Menurut informasi dari Google Maps, jaraknya sekitar 1,3 kilometer dan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapainya dengan menggunakan jalan kaki. Di tengah perjalanan, dapat dilihat menara KL cukup bersinar dari kejauhan.

Menara KL di Waktu Malam
Menara KL di Waktu Malam (Image: Dok. Pribadi)
Blogger Borneo di Penginapan Malaysia
Blogger Borneo di Kamar Penginapan (Image: Dok. Pribadi)

Alhamdulillah setengah jam kemudian Blogger Borneo pun sampai di lokasi penginapan. Tidak ada halangan maupun rintangan selama melakukan perjalanan meskipun dilakukan di waktu malam. Sengaja di tulisan ini Blogger Borneo tidak mau menyebutkan nama penginapannya karena nanti akan diulas dalam tulisan yang berbeda.

Oke, karena berhubung badan ini sudah terasa cukup letih dan mata terasa berat, Blogger Borneo mohon ijin untuk beristirahat. Insya Allah kita akan bertemu lagi keesokan harinya. Sampai jumpa kembali… (DW)

Keterangan:

  • Tiket Air Asia PP Pontianak – Kuala Lumpur + Penginapan 3 Hari 2 Malam : IDR. 1.700.000,-
  • TIket Monorail KLIA Ekspress dari KLIA 2 ke KL Sentral : RM55
  • Tiket Bis Bandara ke KL Sentral : RM12
  • Tiket Monorail KL Sentral – Air Asia Bukit Bintang : RM2,5

Note: All Photos Taken by ASUS ZenFone 3 ZE520KL

You might also like More from author

Comments

Proses...