Peduli Petani, Jokowi Luncurkan 5 Aplikasi Android Sekaligus

Pada hari ini, Senin (11/04/2016), Presiden Jokowi bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) Republik Indonesia, Rudiantara meluncurkan secara resmi lima aplikasi berbasis android yang bisa digunakan secara gratis oleh para petani dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Kelima aplikasi android tersebut, antara lain: Petani, TaniHub, LimaKilo, PantauHarga, dan Nurnaya Initiatives.

Menurut Rudiantara, aplikasi Petani memang dibuat sebagai media layanan informasi terkini terkait solusi permasalahan pertanian. Selain itu, di aplikasi ini juga disediakan forum online yang bisa saling menghubungkan antar sesama petani dari seluruh kawasan di Indonesia. Lima aplikasi ini dibuat oleh para startup lokal dan merupakan bagian dari Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat yang diluncurkan Presiden Joko Widodo.

Ada sekitar 115 ribu petani yang telah masuk dalam database, jumlah ini belum ditambah lagi dengan 6 ribu pengguna khusus yang memang ditugaskan sebagai “tenaga ahli” untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para petani melalui aplikasi tersebut. Jadi, dengan adanya aplikasi Petani para petani tidak perlu lagi tergantung dengan jadwal kedatangan para penyuluh pertanian ke desanya.

Secara spesifik, Rudiantara menjelaskan mengenai fungsi dan manfaat dari masing-masing aplikasi tersebut, antara lain:

1. APLIKASI PETANI

Sesuai namanya, melalui aplikasi android ini para petani bisa memperoleh informasi mengenai tempat penjualan alat-alat pertanian, informasi pelatihan petani, dan berita-berita seputar agrobisnis. Di aplikasi ini juga disediakan fitur Toko di Petani Apps yang bisa digunakan untuk Membuka Pasar Petani. Begitu fitur Pasar Petani online ini diaktivasi, maka secara langsung mereka akan saling terhubung sehingga masing-masing bisa mengakses informasi yang diinginkan.

Tampilan Aplikasi Android Petani via Google Apps
Tampilan Aplikasi Android Petani via Google Apps (Sumber: AppsCo.Id)

2. APLIKASI TANI HUB

Aplikasi TaniHub merupakan layanan mendistribusikan hasil-hasil pertanian dan perkebunan dari daerah-daerah ke kota-kota. Layanan ini sudah berjalan untuk pertanian dan perkebunan dari Cianjur yang dikemas dan dijual untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan delivery system untuk pesanan berapa saja minimal 1 kilo.

3. APLIKASI LIMA KILO

Aplikasi LimaKilo merupakan layanan platform yang memungkinkan petani untuk langsung menjual hasil panennya ke semua orang dengan harga yang lebih kompetitif. Saat ini melayani distribusi hasil panen ke kota-kota di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung.

4. APLIKASI PANTAU HARGA

Aplikasi Pantau Harga adalah layanan Platform market untuk tawar-menawar, melakukan jual beli antara penyedia bahan baku dengan petani dan penjualan dari petani kepada konsumen. Layanan ini memungkinkan adanya pemantauan harga sehingga memudahkan dalam melakukan interaksi karena ada basis data harga yang menjadi acuan.

5. APLIKASI NURBAYA INITIATIVES

Khusus untuk Nurbaya Initiatives merupakan platform yang disediakan bagi kalangan pelaku ekonomi rakyat baik petani maupun UKM untuk dapat membuat platform penjualan hasil-hasilnya.

Dengan diluncurkannya kelima aplikasi PETANI tersebut, Menteri Rudiantara berharap kesejahteraan para petani dapat meningkat karena sudah mampu memangkas rantai distribusi hasil produksi dari petani ke konsumen. Perkembangan teknologi harus bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat. Dan pemerintah sebagai pemegang kebijakan juga harus mampu mendorong UMKM Indonesia untuk Go Digital. (DW)

Sumber Referensi:

  • http://industri.bisnis.com/read/20160412/99/537182/menkominfo-115.000-petani-gunakan-aplikasi-android-petani
  • http://radartegal.com/news/4642-jokowi-luncurkan-lima-aplikasi-untuk-petani-dan-umkm

You might also like More from author

Comments

Proses...