PanduApp, Aplikasi Jejaring Sosial Para Pramuka Indonesia

Selamat Hari Pahlawan 10 November 2015, tidak lupa Blogger Borneo memberikan salam di hari yang cukup bersejarah bagi bangsa Indonesia ini. Karena masih bertemakan Hari Pahlawan, maka pada kali ini Blogger Borneo akan membuat ulasan mengenai sebuah aplikasi jejaring sosial yang dibuat oleh Rintisan Saka Telematika yaitu PanduApp.Id.

TENTANG RINTISAN SAKA TELEMATIKA

Mungkin diantara kawan-kawan sebagian besar akan langsung merasa asing dan bingung dengan istilah Rintisan Saka Telematika. Kalau dilihat dari namanya sih sepertinya masih ada hubungan dengan kepramukaan, tapi kenapa ada kata “telematika” nya. Memangnya ada hubungannya antara Pramuka dan Telematika???

Menurut definisi, Rintisan Saka Telematika merupakan sebuah “saka” baru di dalam kepanduan yang baru dirintis oleh kwartir daerah Jawa Barat bekerjasama dengan Telkom Indonesia. Adapun penandatanganan nota kesepahaman pada saat peresmian terbentuknya Rintisan Saka Telematikan dilakukan oleh pihak Telkom Indonesia yang diwakili oleh Dir.Konsumer, I Nyoman G. Wiryanata dan Ketua Pramuka Kwarda Jabar Kak Dede Yusuf.

PanduApp Aplikasi Terintegrasi Pramuka Seluruh Indonesia

Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus.” – Wikipedia Indonesia

Rintisan Saka Telematika adalah bagian dari saka yang akan mewadahi seluruh anggota Pramuka dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini dilakukan dengan satu tujuan yaitu ingin membentuk pramuka-pramuka informatif sehingga nantinya akan dapat bercerita mengenai dunia kepramukaan Indonesia di dunia maya. Kedepannya diharapkan Rintisan Saka Telematika akan dapat menjadi sebuah ikon pramuka nasional dimana salah satu program unggulan yang dimiliki adalah “Satu Juta Blogger Pramuka”. ­čÖé

PANDUAPP, APLIKASI JEJARING SOSIAL PARA PRAMUKA INDONESIA

Selain program Satu Juga Blogger Pramuka, Rintisan Saka Telematika juga telah meluncurkan sebuah aplikasi jejaring sosial dengan nama PanduApp pada bulan Februari lalu. Meski sudah diluncurkan secara resmi 10 bulan lalu, sepertinya masih belum banyak orang yang tahu khususnya para pramuka dari kwartir-kwartir daerah mengenai keberadaan aplikasi ini.

Blogger Borneo sendiri baru mengetahui adanya aplikasi jejaring sosial Rintisan Saka Telematika ini di wall twitter pribadi bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2015. Karena merasa penasaran, Blogger Borneo langsung mengakses ke halaman PanduApp.Id. Ternyata meski aplikasi ini dibuat untuk tempat berkumpulnya para pramuka Indonesia, namun sistem pendaftaran tetap dibuat umum. Jadi siapa saja bisa mendaftar dan bergabung disini. PanduApp bisa diakses langsung melalui website atau bisa juga melalui aplikasi via Google Play.

3 LANGKAH MUDAH MENDAFTAR DI PANDUAPP

Jika diantara kawan-kawan berminat untuk bergabung dalam jejaring sosial ini, hanya dibutuhkan 3 langkah mudah melakukan pendaftaran.

LANGKAH 1 : MASUK KE WWW.PANDUAPP.ID

Tampilan Awal Aplikasi PanduApp Rintisan Saka Telematika

LANGKAH 2 : ISI FORM PENDAFTARAN

Halaman Pendaftaran PanduApp

LANGKAH 3 : AKTIVASI VIA EMAIL

Konfirmasi Pendaftaran Sukses PanduApp

Jika proses aktivasi telah berhasil, kita akan diarahkan kembali menuju halaman awal website. Isikan data Username dan Password yang telah dibuat sebelumnya. Klik MASUK.

Tampilan Dashboard PanduApp

Gambar diatas merupakan tampilan dari halaman dashboard PanduApp milik Blogger Borneo. Jika diperhatikan tampak cukup sederhana disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Secara keseluruhan PanduApp memang dibuat sebagai tempat para pramuka Indonesia saling berkumpul, berbagi cerita, dan update info agenda kegiatan terbaru.

Hanya saja masih ada satu pertanyaan yang muncul ketika dalam menu profilnya terdapat pilihan untuk memilih asal kwartir dari daerah mana. Padahal Blogger Borneo kan selama ini tidak pernah aktif di kepanduan lagi. Maksudnya apakah untuk menjadi anggota disini harus merupakan anggota aktif pramuka atau tidak. Kawan-kawan berminat mencoba untuk mendaftar juga? Langsung aja ke halaman PanduApp Rintisan Saka Telematika. (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...