Nantikan, Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas Pontianak

Bagi anda dan anggota keluarga yang suka atau memiliki hobi berenang, kini telah hadir Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas yang berada di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas yang terletak di tepian sungai Kapuas menawarkan alternatif tempat rekreasi keluarga yang patut dikunjungi warga Pontianak atau bagi mereka yang sedang berkunjung atau berlibur di kota ini.

Beralamat di Jalan Komyos Sudarso (Jeruju/Uka), kolam renang luas yang sangat menarik ini disebut-sebut sebagai waterboom terbesar di kota Pontianak, dibangun sejak tahun 2012 dan mulai dibuka pada 11 desember 2015. Karena lokasinya ini, pengunjung juga akan disuguhi pemandangan indah khas sungai Kapuas. Hal ini tentu saja menambah daya tarik tersendiri. Tidak hanya berenang tetapi pengunjung juga dapat berwisata dengan melihat-lihat pemandangan indah di sekitar sungai.

KOLAM UTAMA

Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas terdiri dari dua kolam utama yang memiliki kedalaman berbeda. Kolam pertama atau kiddy pool memiliki kedalaman sekitar 0,6 meter dilengkapi dengan 3 wahana slider atau seluncuran yang terdiri dari 1 seluncuran lurus dan 2 seluncuran melingkar dengan ketinggian 10 meter dan ember tumpah. Kolam pertama ini paling diminati khususnya anak-anak. Selain seluncuran yang menantang, kemeriahan dan kegembiraan anak-anak akan terdengar disaat ember tumpah terisi penuh lalu ratusan liter air tumpah mengguyur mereka. Sedangkan kolam kedua memiliki kedalaman 1,5 meter diperuntukkan bagi pengunjung dewasa yang telah mahir berenang.

Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas Pontianak Tampak Keseluruhan
Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas Pontianak Tampak Keseluruhan (Sumber: Facebook.Com)

FASILITAS PENUNJANG

Fasilitas penunjang seperti kantin, penyewaan peralatan renang, ruang bilas, ruang ganti, loker, area parkir yang luas, dan lain-lain disediakan pengelola. Kantin menyediakan beberapa menu makanan dan minuman sebagai upaya memenuhi kebutuhan konsumsi pengunjung. Bagi pengunjung yang lupa atau tidak membawa pakaian atau perlengkapan renang, di sini disediakan fasilitas penyewaan pakaian dan kacamata renang, ban pelampung, dll.

Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas menyediakan ruang bilas dan ruang ganti secara terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Di masing-masing ruangan ini juga tersedia shower dan toilet. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir untuk membersihkan badan setelah berenang. Dengan tingkat privasi dan keamanan yang tinggi, akan membuat pengunjung nyaman dan aman ketika sedang berada di ruang ganti ini.

Loker tersedia demi kenyamanan beraktifitas di kolam renang karena barang bawaan yang disimpan terjaga dari resiko kehilangan dengan adanya fasilitas ini. Area parkir luas dapat menampung motor dan mobil yang dijaga sepenuhnya oleh petugas menjamin keamanan kendaraan pengunjung.

KEBERSIHAN

Kebersihan air dan kolam adalah prioritas utama. Air selalu dijaga kualitasnya dengan cara diganti, dikuras, dan disirkulasikan secara periodik setiap harinya sehingga tetap sehat, bersih, jernih, dan tidak berbau dengan fasilitas water treatment yang memadai. Kebersihan lingkungan sekitar kolam juga dilakukan petugas secara rutin membuat pengunjung merasa nyaman.

Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas Pontianak
Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas Pontianak (Sumber: Facebook.Com)

KEAMANAN DAN KESELAMATAN

Kemananan di kolam renang dilakukan oleh petugas lifeguard yang memonitor dan memantau aktifitas pengunjung. Petugas memberi arahan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pengunjung di area kolam. Seperti menegur orang dewasa yang menggunakan fasilitas renang yang hanya diperuntukkan bagi anak-anak, atau sebaliknya, anak-anak yang akan menggunakan fasilitas untuk orang dewasa.

Petugas dibekali dengan pelatihan dan keterampilan penyelamatan dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dengan peralatannya yang selalu sigap sehingga pengunjung beserta keluarga tidak perlu merasa cemas. Di sisi-sisi kolam telah disiapkan pelampung keselamatan yang bisa dimanfaatkan untuk bantuan penyelamatan. Keamanan di luar area kolam juga terjaga, mulai dari penitipan barang yang ada di bagian loker sampai area parkir kendaraan.

Selain kolam renang dan waterboom, rencana pengembangan selanjutnya adalah akan dibuat kawasan outbound dan marina yang dilengkapi berbagai macam fasilitas yang mendukung kegiatan luar ruangan. Nantinya, di lokasi wisata ini akan ditanami tumbuhan asli yang terdapat di tepian sungai Kapuas dengan tujuan untuk mengedukasi pengunjung tentang kekayaan hayati di tepian sungai Kapuas. Di tempat ini juga terdapat kolam ikan yang terdiri dari berbagai macam varietas ikan dimana pengunjung berkesempatan untuk memberikan makan ikan-ikan tersebut dengan makanan yang telah disediakan oleh pengelola.

HARGA TIKET

Untuk dapat menikmati fasilitas yang ditawarkan, pengunjung tidak perlu khawatir dengan harga tiket yang mahal. Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas dibuat dengan beragam fasilitas menarik untuk dapat dinikmati oleh semua segmentasi masyarakat terutama di sekitar kota Pontianak dengan harga tiket masuk 15.000 rupiah saja. Info lengkap mengenai dibukanya tempat ini bisa melalui halaman resmi facebook Kolam Renang dan Waterboom Muara Kapuas Pontianak. (ADV)

You might also like More from author

Comments

Proses...