Minuman Lidah Buaya Pontianak, Minuman Khas Kalimantan Barat

Dari beberapa jenis produk olahan lidah buaya Pontianak, minuman lidah buaya ternyata masuk dalam kategori produk unggulan di Indonesia. Hal ini dikarenakan dalam daging lidah buaya terkandung berbagai macam mineral, asam amino, serat, enzim-enzim, vitamin, serta berbagai zat bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Di Pontianak sendiri, sudah banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang secara khusus bergerak dibidang pengolahan hasil tanaman daun berduri ini. Beberapa diantaranya yang cukup dikenal oleh penulis adalah Saviera, Mavera, Rotiku Hidup, dan Hovera.

Memang bagi sebagian besar orang tidak akan mengira bahwa dari tanaman lidah buaya bisa diolah menjadi berbagai macam produk makanan maupun minuman kesehatan. Mungkin karena selama ini tanaman lidah buaya lebih dikenal sebagai bahan baku alami pembuat kosmetika, maka tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya tanaman khas dari Kalimantan ini memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa bagi siapa saja yang rutin mengkonsumsinya.

Menurut Dr. Peter Atherton, ada 10 manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi minuman lidah buaya. Mari perhatikan video berikut ini:

Dari 300-an jenis lidah buaya yang ada di dunia, hanya satu jenis saja yang bisa diolah menjadi bahan pangan yaitu Aloe Vera Barbadensis. Dan jenis langka ini justru banyak tumbuh di Indonesia, khususnya didaratan pulau Kalimantan (Borneo). Oleh karena itu, tidak salah jika pulau borneo dikenal sebagai salah satu daerah penghasil tanaman lidah buaya terbaik di dunia.

Gambar diatas merupakan ilustrasi dari kemasan terkecil dari produk minuman lidah buaya yang saat ini banyak beredar di pasaran Indonesia khususnya di Jakarta. Sedangkan untuk kemasan paketnya berbentuk dus terdiri dari 4 (empat) pak @5 bungkus kemasan kecil seperti tampak diatas. Contoh kemasan dusnya bisa dilihat dibawah ini:

Bagaimana kelihatannya, sungguh menggiurkan bukan?. Apalagi jika produk minuman ini disajikan dalam keadaan dingin (bisa dimasukkan dalam lemari pendingin atau diberi batu es secukupnya), it’s so delicious… Nah, jika diantara teman-teman ada yang berminat untuk mencicipi atau bahkan menjadi agen produk minuman lidah buaya dari Pontianak ini, untuk wilayah luar Kalimantan Barat bisa langsung memesan kepada Sdr. Yudi – 08565030366. Info lengkap bisa langsung mengunjungi website Aloe Vera Borneo. :-)

Related Posts

15 Comments

  1. Produk Lidah Buaya Pontianak Makanan Khas Kalimantan Barat
    14/10/2012 at 8:23 AM - Reply

    […] menjadi bahan baku industri farmasi dan kosmetika, juga dapat digunakan sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya termasuk dalam salah satu dari 10 jenis tanaman di dunia yang mempunyai […]

  2. Aloe Vera Borneo
    29/10/2012 at 11:17 AM - Reply

    Memang produk lidah buaya memiliki kelebihan sebagai salah satu jenis tanaman kesehatan, salah satu diantaranya adalah minuman lidah buaya Pontianak :-)

    • Dwi Wahyudi
      29/10/2012 at 11:33 AM - Reply

      Iya Bro, minuman lidah buaya saat ini memang tengah menjadi produk primadona di Indonesia. Sifatnya yang alami menyebabkan produk ini memiliki khasiat bagi kesehatan, thanks for comment…

  3. Bubar Jalan
    29/10/2012 at 11:22 AM - Reply

    Salah satu keistimewaan Kalimantan Barat adalah lahan gambutnya yang luas sehingga tanaman lidah buaya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Banyak macam produk hasil olahan dari tanaman ini, seperti: minuman lidah buaya, cokelat, teh, dodol, kerupuk, dan jelly. Nice posted… :-)

    • Dwi Wahyudi
      29/10/2012 at 11:35 AM - Reply

      Sayangnya promosi untuk semua produk lidah buaya tersebut tidak optimal sehingga meskipun lidah buaya sangat terkenal di dunia namun tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya Kalimantan Barat termasuk dalam salah satu daerah penghasil lidah buaya terbaik.

  4. Ilmu Komunikasi
    29/10/2012 at 12:03 PM - Reply

    asal manajemen bisnisnya jelas..bisa prospek banget..

    • Dwi Wahyudi
      29/10/2012 at 5:10 PM - Reply

      Ya Bro, benar sekali. Dimana-mana berkembang tidaknya sebuah usaha akan sangat dipengaruhi oleh konsep manajemen yang diterapkan. Ma kasih atas komentarnya… :-)

  5. Hawa Borneo
    29/10/2012 at 9:53 PM - Reply

    Kalau dari sisi minuman memang lidah buaya jagonya, tapi kalau dari sisi sabun kesehatan Hawa Borneo ahlinya. Hehehehe… Kunjungan persahabatan aja… :-)

    • Dwi Wahyudi
      29/10/2012 at 10:58 PM - Reply

      Yang penting sama-sama berkhasiat untuk kesehatan Bro, apalagi kalau keduanya digunakan bersamaan. Satu untuk diminum sedangkan satunya lagi untuk dipakai, klop kan. Hehehhee… :-)

  6. Minuman Aloe Vera | Nikmati Kuliner Khas Kalimantan Barat
    09/11/2012 at 5:29 PM - Reply

    […] mengira bahwa dari tanaman lidah buaya bisa diolah menjadi berbagai macam produk makanan maupun minuman kesehatan. Mungkin karena selama ini tanaman lidah buaya lebih dikenal sebagai bahan baku alami pembuat […]

  7. Jefry
    15/01/2013 at 6:40 PM - Reply

    Minuman lidah buaya ini semoga bisa terjual hingga manca negara dan kita bisa menjadi pengekspor terbesarnya agar perekonomian rakyat di negeri ini tumbuh lebih baik

  8. theo
    14/02/2013 at 3:42 PM - Reply

    wah lidah buaya ada minumannya juga ternyata, kiraiin cuma buat rambut aja :D

    Konsultan Pajak

    • Dwi Wahyudi
      15/02/2013 at 6:18 AM - Reply

      Di Pontianak, lidah buaya bisa jadi macem-macem Bro. Orang Pontianak kan kreatif, hehehe… :-)

  9. rika
    16/03/2014 at 2:54 AM - Reply

    Minuman lidah buaya,minuman favorit saya saat saya bertugas di pontianak….
    dan saya juga berkeinginan untuk mencoba memproduksinya sendiri krn di tempat saya tdk ada. seandainya dikirim dr pontianak terlalu jauh dan makan biaya yg cukup besar,,,, bisa bantu broo

    • Blogger Borneo
      16/03/2014 at 11:13 AM - Reply

      Bantu dalam hal apa ini Mbak? Kalau supply bahan baku Insya Allah bisa. Trims…

Leave A Comment