Mengungkap Rahasia Gigitan Apel di Logo Apple

Jika kita berbicara mengenai produk Apple, tentunya bayangan kita tidak terlepas dari nama-nama seperti: Macintosh, iPod, iPad, iPhone, dan iMac. Branding high-end begitu kental terasa ketika produk ini mulai dikenal luas pada sekitar tahun 1998. Keindahan desain yang sederhana nan elegan, didukung lagi dengan operating system yang powerfull membuat produk-produk Apple memiliki nilai keistimewaan dan keunikan tersendiri. Penulis sendiri termasuk salah satu pengguna produk Apple untuk jenis MacBook Air 11,6″ 64 Gb, desainnya yang tipis membuat produk ini ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang kesehariannya memiliki tingkat mobilitas tinggi. šŸ™‚

Sebenarnya ada satu hal menarik dibalik terciptanya logo perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne 35 tahun silam. Mungkin bagi sebagian besar orang, logo berbentuk buah apel dengan tanda bekas gigitan disisi kanannya tersebut akan memunculkan sebuah tanda tanya. Apa falsafah dibalik terciptanya logo tersebut?.

Jika dilihat dari gambar diatas, ternyata Apple telah mengalami 4 (empat) kali perubahan desain. Sejak perusahaan ini berdiri pada tahun 1976, Steve Jobs dan Ronald Wayne telah merancang desain logo Apple untuk pertama kalinya dengan gambar Isaac Newton sedang duduk dibawah sebatang pohon. Akan tetapi, tidak lama berselang Steve Jobs menganggap logo tersebut terlalu rumit. Oleh karena itu, Steve Jobs menyewa seorang desainer grafis bernama Rob Janoff untuk menyederhanakan desain logo tersebut.

Rob kemudian menciptakan “Rainbow Apple” sebagai konsep desain baru logo perusahaan, desain ini digunakan hingga tahun 1998. Ada banyak rumor yang menceritakan mengapa Rob memilih desain ini, salah satu diantaranya adalah karena Apple ingin memberikan penghargaan kepada Isaac Newton yang telah menemukan hukum gravitasi ketika dirinya kejatuhan buah apel pada saat sedang duduk dibawah pohon apel. Sedangkan bekas gigitan disisi kanan logo Apple digunakan sebagai tanda penghormatan kepadaĀ Alan Turing, seorang ahli matematika yang meninggal bunuh diri dengan memakan buah apel bercampur sianida. Alan Turing dianggap sebagai bapak komputer pada saat itu. Warna pelangi pada logo dikabarkan menjadi acuan untuk bendera pelangi, sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada homoseksualitas Turing.

Ketika Apple meluncurkan produkĀ  iMac baru pada tahun 1998, mereka mengubah logo mereka ke logo apel monokromatik, hampir identik dengan logo pelangi. Sekarang logo Apple hadir dengan desain yang lebih bagus berbalutkan gradien silver chrome. Ini adalah salah satu simbol merek yang paling diakui di dunia saat ini. Tidak perlu memberikan banyak warna untuk mengetahui sebuah perusahaan berkualitas atau tidak, cukup perhatikan logo Apple dan Anda akan tahu kenapa produk-produknya bisa menjadi primadona. (DW)

Sumber Gambar dan Referensi:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc.#Logos

You might also like More from author

Comments

Proses...