Menggunakan IP Standar Google Indonesia untuk Kontes SEO

Pengalaman beberapa kali mengikuti kontes-kontes SEO yang diselenggarakan oleh berbagai pihak ternyata menimbulkan satu tanda tanya besar bagi diriku sendiri. Bagaimana tidak, sekarang Blogger Borneo baru paham bahwa meski kita menggunakan Google.Co.Id di browser kita, namun perbedaan lokasi browsing juga akan berpengaruh pada urutan di mesin pencari Google Indonesia. Salah satu contohnya seperti ini, kebetulan untuk saat ini saya sedang mengikuti sebuah lomba blog terbaru dengan target kata kunci Download Software Gratis, sekarang coba teman-teman browsing di laptop atau komputer masing-masing menggunakan Google.Co.Id dan isikan kata kunci pencarian seperti diatas. Sekarang apa yang terjadi??? Apakah sama atau berbeda hasil pencariannya?.

Tampilan Browser Menggunakan IP 173.194.69.94/?hl=id
Tampilan Browser Menggunakan IP 173.194.69.94/?hl=id

Sebenarnya memang tidak akan menjadi masalah jika pada aturannya telah dijelaskan bahwa penilaian dilakukan menggunakan IP dari lokasi panitia lomba. Bahkan demi menghindari kesalahpahaman antar peserta dengan pihak panitia penyelenggara lomba SEO tersebut untuk waktu penilaian juga dirahasiakan. Maklum, beda satu detik saja hasil pencarian terhadap kata kunci tertentu di Google Indonesia bisa berubah. Cuma alangkah baiknya jika hasil penilaian bisa diketahui secara transparan dan jelas sehingga para peserta yakin tiada dusta diantara kita. Hhhhmmmm……

Atas dasar tanda tanya ini maka saya berusaha untuk mencari informasi mengenai adanya IP standar yang digunakan untuk mesin pencari Google di Indonesia. Setelah bertahun-tahun mencari informasi mengenai masalah ini (lebay banget yak :-P), akhirnya Blogger Borneo menemukan satu jawaban secara jelas dan terperinci dari Haniv Inside. Berikut kutipan tulisan yang saya ambil dari blog tersebut:

Alamat IP 73.194.69.94 adalah alamat IP Google yang tidak terikat pada kode negara, alamat kota, dan jenis OS (operation system) yang digunakan, ataupun device yang sedang digunakan. Internet protocol address (atau yang lebih sering disebut sebagai IP saja) setiap gadget berbeda-beda, karena alamat IP tersebut bergantung dengan Provider internet yang digunakan serta tergantung dimana kita mengakses internet tersebut dari mana.

Mungkin secara umum dapat digambarkan bahwa dengan menggunakan IP ini maka hasil pencarian dari setiap perangkat dengan lokasi akses berbeda akan tetap sama. Di blog ini juga dijelaskan bahwa IP Google 173.194.69.94/?hl=id sebenarnya masih bagian dari google.co.id tapi ada beberapa perbedaan yang mencolok di antara keduanya, antara lain :

  • http://173.194.69.94/?hl=id tidak dipengaruhi oleh lokasi atau wilayah tertentu.
  • http://173.194.69.94/?hl=id tidak dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan.
  • http://173.194.69.94/?hl=id tidak dipengaruhi oleh browser yang digunakan. 

Sepertinya dengan menggunakan metode penilaian seperti ini keputusan yang diambil oleh pihak panitia akan lebih jelas dan transparan. Akan tetapi, meski begitu kita sebagai peserta sebuah kontes SEO juga tidak serta merta dapat memaksakan diri untuk memberlakukan sistem penilaian seperti ini karena bagaimanapun juga HASIL KEPUTUSAN JURI TIDAK DAPAT DIGANGGU GUGAT. Dengan kata lain bahwa kemenangan kita dalam sebuah kontes bukanlah semata-mata dari faktor hasil keputusan juri melainkan juga ada turut campur dari Allah SWT sebagai penentu tertinggi sebuah keputusan. Jadi kalau memang tidak terpilih, cukup berkomentar: Masih Belum Rejeki, lebih enak kan ngomongnya. Hehehehe… Btw, untuk studi kasus dari tulisan ini mari kita coba buka browser, ketik 173.194.69.94/?hl=id, dan isikan kata kunci pencarian “Bagas31.Com, Tempatnya Download Software Gratis”. Setelah itu tekan ENTER dan lihat hasilnya… Selamat mencoba… (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...