BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Mengenal Pontianak sebagai Kota Bersinar, Kota Khatulistiwa, dan Kota Seribu Parit

Selamat Datang di Pontianak Kota Bersinar, kalimat ini dapat dilihat secara jelas ketika Blogger Borneo sehari-harinya melewati gerbang batas wilayah antara Kabupaten Kubu Raya dengan Kota Pontianak Kalimantan Barat. Entah sudah berapa lama kalimat ini terpampang disana Blogger Borneo sudah lupa, yang pasti kalimat ini ada sejak gerbang perbatasan tersebut dibangun dan didirikan.

Sama halnya seperti kota-kota di provinsi lain yang memiliki slogan, Pemerintah Kota Pontianak juga menjadikan kalimat PONTIANAK KOTA BERSINAR sebagai slogan. Adapun kepanjangan dari BERSINAR adalah Bersih, Sehat, Indah, Aman, dan Ramah. Ternyata selain dikenal sebagai Kota Bersinar, Pontianak juga dikenal sebagai Kota Khatulistiwa dan Kota Seribu Parit.

PONTIANAK KOTA BERSINAR

Sebagai salah satu provinsi yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan sangat dekat dengan Brunei Darussalam dan Singapura, kota Pontianak jaman dulu setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan. Dan jika diperhatikan, dalam kurun waktu hampir satu dasawarsa terakhir, kota yang menjadi ibukota provinsi Kalimantan Barat ini telah menjadi pusat perdagangan barang dan jasa nasional maupun internasional.

Pontianak Kota Bersinar
Selamat Datang di Pontianak Kota Bersinar (Sumber: ericopieter.blogspot.com)

Tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari peran Wali Kota Pontianak, Bapak Sutarmidji, yang telah memimpin selama dua periode berturut-turut. Insya Allah dua tahun kemudian, ketika masa jabatannya berakhir, Bapak Sutarmidji akan maju sebagai salah seorang Calon Gubernur Kalbar 2018. Semoga saja siapa saja yang akan menjadi pengganti dapat melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Beliau. Amin…

PONTIANAK KOTA KHATULISTIWA

Beberapa waktu lalu Blogger Borneo mendapat kunjungan dari salah seorang sahabat dari Inggris. Adapun tujuannya datang pertama kalinya ke kota Pontianak sekarang untuk melihat secara langsung potensi usaha apa yang bisa dikembangkan di negara asalnya.

Turis dari Inggris Datang Berkunjung ke Tugu Khatulistiwa Pontianak
Turis dari Inggris Datang Berkunjung ke Tugu Khatulistiwa Pontianak (Sumber: Dok. Pribadi)

Selama kurang lebih empat hari di kota Pontianak panas, saya mengantar Beliau berkeliling untuk berkunjung ke beberapa lokasi para pelaku UMKM di Pontianak. Alhamdulillah dari beberapa lokasi, Beliau membawa beberapa sampel produk, yaitu: Teh Aloevera, Kopi Luwak Kalimantan, Teh Daun Sukun, Selai Asam Maram, Beras Merah, dan Stik Talas.

Di sela-sela kunjungannye ke kota yang memiliki slogan Pontianak Kota Bersinar ini, Blogger Borneo mengajak Beliau untuk melihat beberapa obyek wisata yang cukup terkenal, yaitu: Istana Kadriah, Masjid Jami’, dan Tugu Khatulistiwa. Khusus untuk obyek wisata yang terakhir disebutkan, Beliau merasa senang dan tidak percaya jika pada akhirnya bisa berada di kota Pontianak. πŸ™‚

Hanya ada 12 negara di dunia yang dilintasi garis khatulistiwa. Namun hanya ada 1 kota yang persis memisahkan belahan bumi utara dan selatan, yakni Pontianak. Anda tepat di titik tersebut saat mengunjungi Tugu Khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa terletak di Jalan Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat. Inilah garis lintang nol derajat bumi, garis yang tepat membelah bumi bagian selatan dan bagian utara. Tugu yang asli, berukuran lebih kecil, terdapat di dalam komplek bangunan Tugu Khatulistiwa berukuran besar.

PONTIANAK KOTA SERIBU PARIT

Selain dilintasi oleh garis khatulistiwa, kota Pontianak 2016 juga dilintasi oleh sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Kapuas. Jika dilihat dari sudut pandang geografi dalam bentuk luas, Kalimantan Barat memiliki tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) yang selama ini telah menjadi bagian dari urat nadi kehidupan masyarakat. Ketiga DAS ini semuanya bermuara di laut.

Ketiga DAS yang dimaksud, antara lain:

  1. DAS Kapuas, membentang dari Kabupaten Kapuas Hulu sampai ke Kota Pontianak yang melintasi 5 kabupaten lainnya (Kabupaten Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau, Landak, dan Mempawah);
  2. DAS Sambas, membentang di Kabupaten Sambas;
  3. DAS Pawan, membentang di Kabupaten Ketapang.
Peta Sub Daerah Aliran Sungai di Kalimantan Barat
Peta Sub Daerah Aliran Sungai di Kalimantan Barat (Sumber: KapuasBasin.Wordpress.Com)

Khusus di kota Pontianak sendiri, karena menjadi muara akhir dari DAS Kapuas sendiri maka secara tidak langsung akan terbentuk anak-anak sungai yang jumlahnya bisa mencapai ribuan. Oleh masyarakat setempat, aliran anak-anak sungai ini dikenal sebagai parit.

Menurut cerita dari orang-orang tua dulu, masyarakat di kota Pontianak umumnya masih mengandalkan sungai atau parit sebagai jalur transportasi sehari-hari. Kondisi ini masih dapat dilihat melalui dokumentasi-dokumentasi jaman dulu yang tersimpan rapi di Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan untuk saat ini, begitu pesatnya pertumbuhan manusia dan bangunan menyebabkan banyak sungai-sungai diperkecil ukurannya dan parit-parit pada ditutup.

Sebenarnya secara personal Blogger Borneo melihat kondisi ini cukup merasa miris karena jika memang mau dikelola dan dikembangkan sejak dulu, mungkin untuk saat sekarang Pontianak bisa menjadi “Venice” nya Indonesia.

BACA JUGA: ASAL USUL NAMA PONTIANAK, BUKAN HANYA SEKEDAR KOTA KUNTILANAK

Jika kita bicara mengenai asal usul nama Pontianak berdasarkan hasil pencarian di mesin pencari, umumnya informasi yang muncul adalah nama kota Pontianak berasal dari hantu pontianak atau hantu kuntilanak. Padahal setelah dikaji oleh salah seorang penulis di Kalimantan Barat yaitu Bang Ahmad DZ melalui salah satu buku karangannya berjudul Pontianak Heritage, ada beberapa sudut pandang lain terkait penamaan ini. Kalau Blogger Borneo sendiri lebih suka dengan istilah Pontianak Kota Bersinar karena dilintasi garis khatulistiwa dan dialiri ribuan anak sungai atau lebih familiar disebut sebagai parit. (DW)

Sumber Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_julukan_kota_di_Indonesia
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak
  • https://kapuasbasin.wordpress.com/2010/07/17/kondisi-umum-das-kapuas/

You might also like
31 Comments
  1. N Firmansyah says

    Komentarnya kok gini ya…

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya, maaf agak sedikit merepotkan ya. πŸ™‚

      1. N Firmansyah says

        Blog saya juga pake Disqus sih. HAHAHA

  2. […] BACA JUGA: PONTIANAK KOTA BERSINAR […]

  3. wihikan mawi wijna says

    Hmmm, di Pontianak harga makanan di warung atau kedai sederhana begitu kisarannya berapa ya?

    1. Dwi Wahyudi says

      Tergantung lauk sih Bro, kalau normal pake ayam kurang lebih 15-20 ribu. πŸ™‚

  4. […] Pontianak Kota Bersinar merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Barat. Terletak di garis LIntang Nol derajat, kota ini termasuk salah satu wilayah yang dilalui Garis Khatulistiwa. Walaupun ada beberapa wilayah lain yang juga dilalui Garis Khatulistiwa, namun Pontianaklah yang paling dikenal sebagai Kota Khatulistiwa. […]

  5. […] tulisan ini Blogger Borneo ingin mengajak kepada para pengguna medsos khususnya yang ada di Pontianak Kota Bersinar untuk sama-sama belajar menjadi seorang pengguna cerdas dan bijak. Sebelum memutuskan untuk […]

  6. […] Coffee, sebuah waralaba coffee shop dari Amerika Serikat akhirnya membuka outlet pertamanya di Pontianak Kota Bersinar tadi malam, Kamis (30/06/2016). Memang jika dilihat dari banner-banner yang terpasang di beberapa […]

  7. Rental Mobil Pontianak says

    Rata-rata tamu rental mobil pontianak yang datang minta diajak untuk melihat tugu khatulistwa dan menikmati pemandangan sungai kapuas di sore ini. Kata mereka, Pontianak begitu eksotik. πŸ™‚

  8. Arinta Adiningtyas says

    saya belum pernah ke Kalimantan. tapi pengeeen banget bisa kesana. pengen belajar dari perempuan2 Dayak yang cantik2, hihi..

    1. Dwi Wahyudi says

      Apanya yang mau dipelajari nih Mbak? πŸ˜€

  9. Radit Mananta (Aditya) says

    Pontianak kota kebanggan Kalbar

  10. […] syarat-syarat yang harus dilengkapi sebelum mengajukan Surat Izin Gangguan ke BP2T Pontianak Kota Bersinar, antara […]

  11. Astari Ratnadya says

    Hai kak salam kenaaaal.
    Pontianak belum kesampean nih buat terjamah, semoga tahun ini bisa kesana dan bisa ketemu sama Blogger pontianak.

    Tugu Khatulistiwa Pontianak jadi icon yang pengen banget dipotreeet.

    1. Dwi Wahyudi says

      Aminnnn… Insya Allah… Dinanti kehadirannya ya di Negeri Matahari, jangan lupa langsung update2 kalau mau kesini. πŸ™‚

  12. bee balqis says

    Saat teman-teman disini tau saya dari pontianak. Mereka langsung ingatnya, cerita kuntilanak. Padahalkan Pontianak banyak yang lebih bagus untuk dikenal. aloe veranya atau fenomena alamnya….

    Eya, udah jadi guide mancanegara… hehe.

  13. Blogger Banjarmasin says

    Semoga aku kapan2 bisa main ke Pontianak ya bang πŸ™‚ jujur aku kalimantan gak pernah kemana mana, cuman KALSE doank, Kalbar Kaltim kalteng dan kaltura belum pernah πŸ™‚

    1. Dwi Wahyudi says

      Insya Allah sekarang dari Banjarmasin bisa langsung ke Pontianak via darat Bro πŸ™‚

  14. Hastira says

    wah baru tahu kalau disebut koat seribu parit dan cita2 aku pingin ke pontianak

    1. Dwi Wahyudi says

      Aminnnnn… Insya Allah… πŸ™‚

  15. Filaika says

    Ngomongin soal pontianak jadi pengen coba kuliner khas disana juga πŸ˜€
    Tapi baru tahu kalau pontianak ada sangkut pautnya sama Kuntilanak, makasih infonya πŸ˜€

    1. Dwi Wahyudi says

      Ditunggu kehadirannya yach…

  16. Tukang Jalan Jajan says

    Pontianak selalu menjadi kota yang menyenangkan, soalnya makanannya enak enak πŸ˜›

    1. Dwi Wahyudi says

      Menyenangkan dan ngangenin Brooooooo… πŸ™‚

  17. Ahmad Ilmu says

    baru tahu ternyata Pontianak itu kota seribu parit yah

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Bro πŸ™‚

  18. […] BACA JUGA: PONTIANAK KOTA BERSINAR […]

  19. Investasi Properti says

    Ya kota pontianak memang memang kota yang mengagumkan, apalagi bila ditambah dengan bisnis pemberdayaan rumah tidak terpakai menjadi rumah yang menghasilkan passive income yang menguntungkan di mana adanya potensi wisatawan di sana yang menjadi sumber penghasilan dalam bisnis pemberdayaan rumah tidak terpakai tsb.

    saya share juga untuk teman-teman sekalian yang ingin tahu cara pemberdayaan rumah tidak terpakai di simplyhomy.com
    Investasi PropertiΒ΄s last blog post ..Inilah Rahasia Untuk Anda yang Baru Pertama kali Membuka Bisnis Kost Eksklusif

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Kak, sepertinya bisa menjadi salah satu lokasi pengembangan ekspansi bisnisnya Simply Homy nih. πŸ™‚

  20. […] Baca Juga: Mengenal Pontianak sebagai Kota Seribu Parit […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge