Borneo News

Melihat dari Dekat Titik Nol Kilometer Kota Pontianak

Melihat dari Dekat Titik Nol Kilometer Kota Pontianak

Titik nol kilometer merupakan patokan untuk mengukur jarak dari ibu kota negara atau provinsi ke daerah atau kota lain. Karena merasa penasaran dengan keberadaan titik kilometer nol kota Pontianak, saya sempat melakukan penelusuran ke beberapa orang yang menurut saya cukup tahu tentang kota Pontianak. Namun sayang, dari mereka saya tidak dapat memperoleh informasi mengenai lokasi titik nol kilometer Pontianak.  Penelusuran dilanjutkan melalui media maya dimana saya akhirnya menemukan sebuah tulisan yang berjudul Patok Pontianak Nol Kilometer. Setelah mengetahui posisi tepatnya, saya tinggal mencari waktu buat berkunjung ke lokasi ini karena ternyata jaraknya lumayan cukup jauh dari rumah saya. Hehehehe…

Titik Nol Kilometer Kota Pontianak

Titik nol kilometer kota Pontianak berada di Kelurahan Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara. Terletak di Pasar Siantan tak  jauh dari dermaga feri penyeberangan Siantan. Jika kita menggunakan kapal feri penyeberangan dari arah Taman Alun Kapuas, posisi patok ini berada di sebelah kanan dermaga. Tempatnya tak seberapa jauh dari gapura berwarna biru, dekat sebuah warung kelontong dan jika kita dari arah Pasar Siantan, patok ini berada di sebelah kiri.

Titik Nol Kilometer Pontianak ini adalah penanda awal pembuatan jalan Pontianak – Sambas pada akhir abad ke-19. Jalan dan patok ini  menjadi sangat bernilai sejarah, karena inilah jalan pertama yang dibuat pemerintah Kolonial Hindia Belanda di Borneo Barat.

Jika diperhatikan secara seksama, kondisi titik nol kilometer Pontianak sangat terlihat lusuh, kusam, dan tidak terawat. Padahal jika pemerintah kota Pontianak mau sedikit peduli dengan keberadaan “patok luar biasa” ini, satu sentuhan sedikit saja mampu membuat penampilannya lebih spesial. Jadi selain memiliki titik nol derajat Khatulistiwa, kota Pontianak juga memiliki titik nol kilometer istimewa.

Dibawah ini adalah beberapa gambar mengenai kondisi titik nol kilometer di beberapa negara:

Titik Nol Kilometer Kota Kuba

Titik Nol Kilometer Kota Kuba

Titik Nol Kilometer Kota Perancis

Titik Nol Kilometer Kota Perancis

Titik Nol Kilometer Kota Spanyol

Titik Nol Kilometer Kota Spanyol

Wah, ternyata di negara-negara lain titik nol kilometer dianggap sebagai sebuah simbol khas dari sebuah ibu kota. Tidak seperti di Pontianak atau mungkin sama dengan kota-kota lain di Indonesia yang menganggap titik istimewa ini hanya sebagai sebuah patok pengukur jarak. Hhhhmmm… Kalau sudah begitu, tidak bisa komentar lagi dah. Inilah kotaku… :-) (DW)

Sumber Referensi:

  • http://mabmonline.org/patok-pontianak-nol-kilometer-2/

Sumber Gambar:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kilometer_Nol

294 total views, 18 views today

Komentar via Facebook

Komentar

Borneo News
@BloggerBorneo

Blogger Borneo News merupakan media online independen yang berisikan informasi seputar Kalimantan Barat, liputan khusus, dan review produk terbaru. Bagi yang berminat produknya direview bisa melihat syarat dan ketentuan di halaman LAYANAN .

More in Borneo News

kecubung ungu

6 Jenis Batu Akik Khas Kalimantan Barat

Priyadi Anderson16/04/2015
Stut Meteran Listrik PLN Dicabut

3 Bulan Stut Meteran Listrik Rumah Dicabut, Harus Melapor Siapa?

Dwi Wahyudi14/04/2015
Istana Kerajaan Kadriyah Pontianak

Kado Kecil untuk Pontianak, Persembahan Terbaik dari Anak Negeri

Dwi Wahyudi06/04/2015
Suasana Keraton Kesultanan Kadriyah Pontianak Waktu Malam

Asal Usul Nama Kota Pontianak, Ternyata Bukan Sekedar Kota Hantu

Dwi Wahyudi06/04/2015
Kembang Api Diatas Kubah Masjid Raya Mujahidin Pontianak

Pesta Kembang Api di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Ada Apa Gerangan?

Dwi Wahyudi21/01/2015
Sosialisasi UU dan Peraturan Tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam 2014

Liputan Kegiatan Sosialisasi BPKD Provinsi Kalimantan Barat 2014

Dwi Wahyudi19/12/2014