best counter
FB AutoAddFriends + UID Grabber 728x90
Info Pontianak

Melihat dari Dekat Titik Nol Kilometer Kota Pontianak

Melihat dari Dekat Titik Nol Kilometer Kota Pontianak

Titik nol kilometer merupakan patokan untuk mengukur jarak dari ibu kota negara atau provinsi ke daerah atau kota lain. Karena merasa penasaran dengan keberadaan titik kilometer nol kota Pontianak, saya sempat melakukan penelusuran ke beberapa orang yang menurut saya cukup tahu tentang kota Pontianak. Namun sayang, dari mereka saya tidak dapat memperoleh informasi mengenai lokasi titik nol kilometer Pontianak.  Penelusuran dilanjutkan melalui media maya dimana saya akhirnya menemukan sebuah tulisan yang berjudul Patok Pontianak Nol Kilometer. Setelah mengetahui posisi tepatnya, saya tinggal mencari waktu buat berkunjung ke lokasi ini karena ternyata jaraknya lumayan cukup jauh dari rumah saya. Hehehehe…

Titik Nol Kilometer Kota Pontianak

Titik nol kilometer kota Pontianak berada di Kelurahan Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara. Terletak di Pasar Siantan tak  jauh dari dermaga feri penyeberangan Siantan. Jika kita menggunakan kapal feri penyeberangan dari arah Taman Alun Kapuas, posisi patok ini berada di sebelah kanan dermaga. Tempatnya tak seberapa jauh dari gapura berwarna biru, dekat sebuah warung kelontong dan jika kita dari arah Pasar Siantan, patok ini berada di sebelah kiri.

Titik Nol Kilometer Pontianak ini adalah penanda awal pembuatan jalan Pontianak – Sambas pada akhir abad ke-19. Jalan dan patok ini  menjadi sangat bernilai sejarah, karena inilah jalan pertama yang dibuat pemerintah Kolonial Hindia Belanda di Borneo Barat.

Jika diperhatikan secara seksama, kondisi titik nol kilometer Pontianak sangat terlihat lusuh, kusam, dan tidak terawat. Padahal jika pemerintah kota Pontianak mau sedikit peduli dengan keberadaan “patok luar biasa” ini, satu sentuhan sedikit saja mampu membuat penampilannya lebih spesial. Jadi selain memiliki titik nol derajat Khatulistiwa, kota Pontianak juga memiliki titik nol kilometer istimewa.

Dibawah ini adalah beberapa gambar mengenai kondisi titik nol kilometer di beberapa negara:

Titik Nol Kilometer Kota Kuba

Titik Nol Kilometer Kota Kuba

Titik Nol Kilometer Kota Perancis

Titik Nol Kilometer Kota Perancis

Titik Nol Kilometer Kota Spanyol

Titik Nol Kilometer Kota Spanyol

Wah, ternyata di negara-negara lain titik nol kilometer dianggap sebagai sebuah simbol khas dari sebuah ibu kota. Tidak seperti di Pontianak atau mungkin sama dengan kota-kota lain di Indonesia yang menganggap titik istimewa ini hanya sebagai sebuah patok pengukur jarak. Hhhhmmm… Kalau sudah begitu, tidak bisa komentar lagi dah. Inilah kotaku… :-) (DW)

Sumber Referensi:

  • http://mabmonline.org/patok-pontianak-nol-kilometer-2/

Sumber Gambar:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kilometer_Nol

1,862 total views, 3 views today

Komentar via Facebook

Komentar

View Comments (6)

6 Comments

  1. Erwin Closefriend

    10/05/2013 at 12:29 PM

    walah, ane kira selama ini titik nol ad d jalan ayani sana, ternyata d tempat yang sering d lewat dan tidak terlihat lg tuh sbgai patoknya, sunggu menyedihkan

    • Dwi Wahyudi

      10/05/2013 at 8:37 PM

      Hehehe… Awal mulanya saya juga begitu Bro, sempat merasa penasaran dan mencari informasi kesana kemari Alhamdulillah ketemu. Udah lega perasaan sekarang, tinggal cari target lain lagi yang bisa ditulis. :-)

  2. dinie

    10/05/2013 at 5:39 PM

    oooh itu namanya titik nol kilometer bang? o_0 baru tauuu.. pernah beberapa kali lewat, tapi baru tauuuu ckckck orang pontianak macam apakah kame nih 😛

    tapi kalo dibandingkan dengan negara2 lain, haduhmak, malu kali lah aku bang ._.

    • Dwi Wahyudi

      10/05/2013 at 8:39 PM

      Oh iya, Dini mah sering pakai fery penyeberangan ya. Memang jika dilihat sekilas tidak berarti apa-apa, sekali diperhatikan ternyata ada tulisan PTK 0 yang menandakan dilokasi tersebut adalah titik nol kilometer. Sensasi banget dah… :-)

  3. ndop

    10/05/2013 at 6:27 PM

    barusan aku tanya ibukku, pontianak itu pulaunya apa sih? ibuk menjawab kalimantan. dooh akupayah banget untuk pelajara biografi nih hahaha..

    • Dwi Wahyudi

      10/05/2013 at 8:40 PM

      Calon pindah warga negara kayaknya neh, moso Pontianak dudu ngerti nengdi 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Info Pontianak
@BloggerBorneo

Blogger Borneo News merupakan media online independen yang berisikan informasi seputar Kalimantan Barat, liputan khusus, dan review produk terbaru. Bagi yang berminat produknya direview bisa melihat syarat dan ketentuan di halaman LAYANAN .

More in Info Pontianak

Jadwal Imsak Pontianak 1436 Hijriah

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Pontianak 1436 H Tahun 2015

Dwi Wahyudi15/06/2015
AXIS Mempersembahkan Konsep Iritology bagi Para Penggunanya di Indonesia

Kembali Hadir di Pontianak, AXIS Tawarkan Fasilitas Nelepon Gratis

Dwi Wahyudi23/05/2015
Denah Lokasi Tanah Kavling Pontianak Sekunder C

Tanah Kavling Pontianak Sekunder C, Investasi Cerdas Jaminan Masa Depan

Dwi Wahyudi21/05/2015
Kondisi Kaisar Patimura Tergenang Tinggi

Kaisar Patimura Terendam, Bukti Drainase Kota Pontianak Tersumbat

Dwi Wahyudi09/05/2015
Pemandangan Alam Bawah Laut Pulau Karimata

Festival Karimata 2015, Persiapan Menuju Sail Karimata 2016

Dwi Wahyudi05/05/2015
ASUS Zenfone 2 Launch Event

3 Blogger Pontianak Hadir di ASUS Zenfone 2 Launch Event

Dwi Wahyudi22/04/2015