Melalui Tulisan, Membuka Peluang Menjadi Tim Nusantara Sehat 2016

Tim Nusantara Sehat 2016 – Menjadi tim liputan sebuah kegiatan kementerian? Mungkin pertanyaan ini sempat beberapa kali menggelayut di benak pikiran ketika setelah beberapa tahun ngeblog, Blogger Borneo merasa tertantang untuk bisa membuat sebuah postingan berisikan tulisan-tulisan mengenai hasil liputan dari sebuah kegiatan bersifat nasional yang dilaksanakan oleh kementerian.

Ya memang jika melihat ke belakang, sebenarnya Blogger Borneo sudah pernah beberapa kali diundang oleh perusahaan-perusahaan provider telekomunikasi ketika mereka melakukan kegiatan roadshow atau launching produk-produk tertentu di Pontianak. Hanya saja mungkin karena pada dasarnya Blogger Borneo memiliki jiwa petualang sehingga sampai saat ini masih terus berusaha untuk mencari peluang-peluang agar bisa turut serta dalam kegiatan meliput sebuah kegiatan di daerah lain di luar Pulau Kalimantan.

GAGAL SEKALI, TERUS MENCOBA BERKALI-KALI

Di awal tahun ini, melalui beberapa relasi kawan-kawan sesama blogger yang dianggap senior seperti: Kang Ade Truna, Kang Arul, Kang Rosid, Kang Unggul, Om Anjari atau lebih dikenal sebagai Eyank, dan lain sebagainya, Blogger Borneo selalu mengikuti perkembangan mengenai info-info kegiatan apa yang mungkin bisa diikuti oleh para blogger daerah. Dan memang sejak awal tahun, Blogger Borneo sudah beberapa kali melewati kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. Maksudnya melewati disini adalah sudah mencoba untuk mendaftar namun masih belum diberi kesempatan untuk ikut serta. Tapi meski begitu, Blogger Borneo tetap berusaha untuk selalu optimis dan yakin bahwa pada satu waktu kesempatan itu pasti akan ada. Aminnn…

Entah kenapa dalam beberapa hari belakangan ini, Blogger Borneo fokus pada status-status yang dibuat oleh Eyank Anjari. Dalam salah satu postingan di halaman facebooknya beberapa hari lalu, Eyank Anjari menginformasikan bahwa pada bulan April 2016 Tim Nusantara Sehat akan mulai bertugas di Pulau Belakang Padang. Oleh karena itu, akan ada sekitar 5 orang blogger yang diajak ikut serta dalam rangkaian kunjungan pers bersama dengan beberapa jurnalis lainnya.

Program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan 2016
Program Nusantara Sehat 2016 dari Kementerian Kesehatan (Sumber: Benzano.Com)

SEKILAS MENGENAI TIM NUSANTARA SEHAT 2016

Pada tahun 2012, Kementerian Kesehatan melakukan kajian mengenai jumlah distribusi tenaga kesehatan untuk daerah-daerah tertentu terutama yang berada di daerah pelosok serta pedalaman. Dari kajian tersebut diperoleh satu kesimpulan bahwa penempatan tenaga kesehatan hasilnya akan lebih baik jika dilakukan secara berkelompok berbasis tim. Atas dasar hasil kajian ini, kemudian dilakukan uji coba penempatan tenaga kesehatan berbasis tim pada tahun 2014 di 4 Puskesmas pada 4 kabupaten di 4 Provinsi (Provinsi Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Maluku, dan Papua).

Selama masa uji coba tersebut, ternyata terjadi peningkatan untuk angka kunjungan Puskesmas serta Upaya Kesehatan Masyarakat. Dari segi tenaga kesehatan mereka merasa lebih nyaman karena ditempatkan dan bekerja dalam satu tim. Pada tahun 2015 telah ditempatkan Tim Nusantara Sehat Periode I sebanyak 142 orang di 20 puskesmas pada bulan Mei 2015 dan Tim Nusantara Sehat Periode II sebanyak 552 orang  di 100 puskesmas pada bulan Desember 2015.

PELUANG MENJADI TIM LIPUTAN NUSANTARA SEHAT

“Diajak 5 BLOGGER jalan-jalan ke batam selama 3 hari, tanggal 21 sd 23 April 2016. Blogger diajak menengok Tim Nusantara Sehat yang bertugas di Pulau Belakangpadang, sebagai satu kegiatan dari rangkaian “press tour” dengan beberapa jurnalis ke Batam.” demikian kutipan dari blog Eyank Anjari yang saat ini menjadi salah seorang staf di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Membaca postingan ini, Blogger Borneo langsung tertarik dan mencoba untuk turut serta mengadu nasib dengan membuat tulisan ini sebagai salah satu syarat bisa terpilih atau tidak.

Sebelum memutuskan untuk ikut serta, Blogger Borneo mencoba untuk mengecek apakah ada jalur penerbangan langsung dari Pontianak menuju Batam. Alhamdulillah setelah dicek ternyata jalur penerbangan langsungnya ada. Sebagai seorang blogger yang berasal dari daerah, tentu saja Blogger Borneo mempertimbangkan berapa kisaran biaya operasional khusus untuk transportasi penerbangan dari lokasi domisili menuju kota tujuan. Dan setelah melihat bahwa biaya tiket dari Pontianak menuju Batam kurang lebih sama dengan Jakarta menuju Batam, Blogger Borneo langsung memutuskan untuk ikut berkompetisi. 🙂

LANGKAH AWAL YANG DILAKUKAN

Meski belum pasti terpilih menjadi salah seorang diantara 5 orang blogger yang akan diajak turut serta dalam kegiatan Tim Nusantara Sehat 2016 di Pulau Belakang Padang, Blogger Borneo telah melakukan beberapa persiapan awal, antara lain:

  • Mencari informasi mengenai ketersediaan jalur penerbangan langsung dari Pontianak menuju Batam.
  • Mencari gambaran mengenai keberadaan Pulau Belakang Padang melalui Google Maps.
  • Mencari informasi mengenai kondisi lingkungan di Pulau Belakang Padang melalui beberapa referensi yang tersaji melalui halaman Google.
Lokasi Pulau Belakang Padang Kepulauan Riau
Lokasi Pulau Belakang Padang Kepulauan Riau (Sumber: Google Maps)

Untuk saat ini, secara garis besar Blogger Borneo telah mengetahui gambaran umum mengenai Pulau Belakang Padang yang setelah dilihat melalui Google Maps sangat dekat lokasinya dengan negara Singapura. Ternyata dibanding kota Batam, Pulau Belakang Padang ini jaraknya hanya beberapa kilometer saja.

KONDISI GEOGRAFIS DAN LINGKUNGAN

Menurut informasi yang diperoleh melalui Wikipedia Indonesia, Belakang Padang merupakan nama sebuah kecamatan yang terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau. Dulunya Belakang Padang difungsikan sebagai pusat kecamatan untuk pulau-pulau kecil di sekitar Batam, akan tetapi karena luasnya yang terbatas maka pusat kecamatan kepulauan dipindahkan ke Kota Batam.

Kecamatan Belakang Padang merupakan salah satu kecamatan kepulauan di Kota Batam dengan wilayahnya mencakup lebih dari 100 pulau. Berdasarkan data Kecamatan Dalam Angka Tahun 2014, wilayah Kecamatan Belakang Padang mencakup kurang lebih 108 pulau yang terdiri dari 43 pulau berpenghuni dan 65 pulau tidak berpenghuni. Lokasi Kecamatan Belakang Padang yang berbatasan langsung dengan Singapura menjadikan kecamatan ini menjadi salah satu kecamatan perbatasan di Kota Batam.

Terdapat 3 pulau terluar dan 6 titik garis pangkal wilayah Kepulauan Indonesia di Kecamatan Belakang. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Nipah, Pulau Pelampong dan Pulau Batu Berhanti (Perpres 78/2005). Sedangkan 6 titik garis pangkal wilayah Kepulauan Indonesia terdapat di Pulau Nipah (2 titik), Pulau Pelampong (1 titik), Pulau Batu Berhanti (1 titik), Karang Helen Mars dan Karang Benteng (PP 38/2002).

Daerah Tepian Pulau Penawar Rindu Kecamatan Belakan Padang Kota Batam
Daerah Tepian Pulau Penawar Rindu Kecamatan Belakang Padang Kota Batam

Blogger Borneo lihat karena merupakan wilayah kepulauan maka kondisi lingkungan dan kontur alam hampir sama dengan Pontianak. Yang pasti di Pulau Belakang Padang tidak terdapat lokasi pegunungan atau perbukitan. Untuk sistem transportasi masih mengandalkan jalur air karena wilayahnya terpisah dari pusat kecamatan kepulauan yaitu Pulau Batam.

TULISAN SUDAH DIBUAT, SELANJUTNYA???

Alhamdulillah sampai disini tulisan ini selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah tinggal menanti keputusan apakah Blogger Borneo akan mendapat kesempatan untuk ikut serta dalam Tim Nusantara Sehat 2016. Dan menurut info terbaru yang diperoleh, dari kuota awal 5 orang blogger yang akan diajak ternyata ada penambahan lagi sebanyak 5 orang sehingga jumlah keseluruhan adalah 10 orang blogger. Meski merasa peluangnya cukup kecil karena Blogger Borneo akan bersaing dengan para calon peserta lainnya, namun rasa optimis akan selalu ada. Tidak lupa mohon do’anya dari kawan-kawan yang membaca tulisan ini ya. Insya Allah kebaikan kawan-kawan akan dibalas Allah SWT. Amin Ya Rabb… (DW)

Sumber Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Belakang_Padang,_Batam
  • http://nusantarasehat.kemkes.go.id/content/sekilas-nusantara-sehat
  • http://anjarisme.blogspot.co.id/2016/03/3-hari-jalan-jalan-ke-batam-mau.html

You might also like More from author

Comments

Proses...