MaRiCi, Produk Makanan Ringan Oleh-Oleh Khas Cianjur

Sudah lama tidak membuat tulisan review mengenai produk kuliner, Blogger Borneo tiba-tiba memperoleh kiriman produk makanan ringan dari salah seorang sahabat online di Cianjur, yaitu Mbak Yesi Nur Esti melalui Om Qbenk Pontianak SEO.

Karena masih bersifat produk baru,  maka pada kesempatan ini Mbak Yesi meminta Blogger Borneo untuk mencicipinya sekaligus membuat satu tulisan review mengenai produknya. Oke deh Mbak, sabar dulu ya. Ini paketnya baru sampai, sebelum dibuka harus difoto-foto terlebih dahulu biar lebih lengkap hasil tulisannya. 🙂

MARICI PRODUK OLEH-OLEH CIANJUR

Kemasan Khusus Oleh-Oleh Cianjur Marici
Kemasan Khusus Oleh-Oleh Cianjur Marici (Sumber: Dok. Pribadi)

MaRiCi, Makanan Ringan Cianjur. Gurih Dilidah, Renyah Dikunyah, dan Exclusif Abis Rasanya. MaRici mana yang kamu suka? Oleh-Oleh Cianjur. Kalimat ini tertulis secara jelas di bagian depan kemasan khusus berlatar belakang dominan warna kuning keemasan. Di sudut kiri bawah kemasannya, terdapat keterangan mengenai pilihan bentuk MaRiCi, antara lain: Putumayang, Rengginang, dan Ranggining.

MaRiCi Oleh-Oleh Cianjur Putumayang

MaRiCi Putumayang berbeda dengan jenis Putumayang lainnya yang umumnya terbuat dari tepung beras, dibentuk seperti mie, dan dalam proses pembuatannya harus melalui pengukusan untuk kemudian dinikmati dengan Santan dan Saus Gula.

MaRiCi Oleh-Oleh Cianjur Putumayang
Sumber: MariciSnack.Com

Hampir sama seperti produk MaRiCi lainnya, yaitu: Rengginang dan Ranggining, setelah dikukus proses selanjutnya adalah penjemuran dibawah terik matahari hingga kering dan berbentuk seperti kerupuk. Setelah menjadi kerupuk, baru bisa digoreng dan dijadikan menu utama atau menu pendamping makanan lainnya, seperti: Bakso, Mie, Nasi, dan lain sebagainya.

Komposisi: Tepung Beras, Tepung Tapioka, Bawang Putih, Garam, dan Penyedap Rasa.

Cara Penyajian: Cukup Digoreng.

Pilihan Rasa: Original.

MaRiCi Oleh-Oleh Cianjur Rengginang

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari Beras Ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng. Dibanding dua jenis produk lainnya (Putumayang dan Ranggining) yang dibuat dari bahan adonan halus seperti tepung beras atau tapioka, Rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran Nasi atau Ketannya masih tampak. Bentuk inilah merupakan ciri khas Rengginang.

MaRiCi Oleh-Oleh Cianjur Rengginang
Sumber: MariciSnack.Com

Komposisi: Beras Ketan, Bawang Putih, Garam, Penyedap Rasa, Terasi (Untuk Pilihan Rasa Terasi) dan Udang Rebon Serta Ketumbar (Untuk Pilihan Rasa Udang Rebon).

Cara Penyajian: Cukup Digoreng.

Pilihan Rasa: Udang Rebon, Terasi, dan Ketan Hitam.

MaRiCi Oleh-Oleh Cianjur Ranggining

Ranggining adalah sejenis kerupuk berbentuk seperti Rengginang yaitu bulat dan tebal, tapi terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka yang dihaluskan. Untuk bahan-bahan dan bumbu sama persis seperti apa yang digunakan dalam membuat bentuk Putumayang, akan tetapi untuk rasa akan jauh berbeda.

MaRiCi Oleh-Oleh Cianjur Ranggining
Sumber: MariciSnack.Com

Ada ciri khas tersendiri rasa dari Ranggining ini yang sulit dijabarkan dan hanya bisa diketahui setelah dinikmati sendiri, proses pembuatannya pun lebih rumit dari Putumayang dan Rengginang sehingga berpengaruh ke rasanya yang eksklusif. Tampilannya pun berwarna-warni. Ini yang menjadikan ciri khas Ranggining.

Komposisi: Tepung Beras, Tepung Tapioka, Bawang Putih, Garam, dan Penyedap Rasa.

Cara Penyajian: Cukup Digoreng.

Pilihan Rasa: Original.

KEUNGGULAN PRODUK MARICI

Satu keunggulan utama yang dimiliki produk oleh-oleh Cianjur MaRiCi adalah akan langsung mengembang saat digoreng. Selain itu, sifatnya juga lebih tahan lama serta tanpa bahan pengawet. Untuk rasa, Blogger Borneo telah mencicipinya langsung untuk jenis Putumayang dan memang renyah dan gurih. Bumbunya pas, tidak terlalu asin. Sangat cocok dijadikan cemilan saat santai bersama keluarga dan teman.

Oleh-Oleh Cianjur Marici Siap Saji
Kemasan Paket Produk MaRiCi Putumayang (Sumber: Dok. Pribadi)

Bisa juga dinikmati bersama makanan lainnya, seperti: Nasi, Bakso, Mie, dan lain sebagainya. Cocok dijadikan sebagai oleh-oleh kepada kerabat, saudara, kolega, baik yang dari dalam atau luar kota Cianjur. Bisa menjadi penawar rindu bagi mereka yang merindukan Makanan Ringan Cianjur ini ada ditengah-tengah meja makan sehingga bisa dinikmati kapan saja.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, bisa mengikuti beberapa tips bermanfaat berikut ini:

  • Jemur terlebih dahulu sebelum digoreng kurang lebih 1 jam;
  • Goreng dengan minyak yang banyak kurang lebih 1 liter;
  • Masukkan MaRiCi ke dalam minyak yang sudah benar-benar dalam keadaan panas;
  • Pastikan api jangan terlalu besar.

Merasa penasaran akan kerenyahan dan kegurihan rasanya?? Langsung saja berkunjung ke website MaRiCi Oleh-Oleh Cianjur atau bisa juga melalui halaman facebook MaRiCi Makanan Ringan Cianjur.

You might also like More from author

Comments

Proses...