Lebih Besar Bukan Berarti Lebih Baik: Mengapa Membeli Rumah Kecil adalah Pilihan yang Lebih Baik

Ketika orang mencari rumah dijual di Bogor di situs seperti Rumah dan menemukan sebuah rumah besar, mereka sangat bersemangat dengan memikirkan bahwa ini adalah pembelian yang ideal bagi mereka. Rumah besar menarik banyak pembeli rumah karena, bagi banyak penduduk kota, ukuran setara dengan kemewahan mengingat jumlah ruang yang terbatas di banyak apartemen. Namun,apakah mendapatkan sebuah rumah besar benar-benar layak? Tentu, Anda memiliki lebih banyak ruang, tapi bagaimana dengan biaya pemeliharaan, berbagai macam pembersihan yang harus Anda lakukan, serta kuantitas furnitur yang harus Anda beli. Kadang-kadang, rumah yang besar belum tentu menjadi pembelian terbaik mengingat kelemahan saat memilikinya.

DAYA TARIK RUMAH KECIL

Rumah yang lebih kecil memiliki faktor-faktor berikut yang membuat mereka menjadi pilihan yang menarik bagi banyak pembeli rumah pertama kali:

 1. MEMUDAHKAN DALAM PEMBERSIHAN DAN PEMELIHARAN

 Banyak pemilik rumah di luar sana mengetahui berapa banyak usaha yang diperlukan untuk membersihkan dan memelihara rumah. Apakah itu menyedot debu, membersihkan debu, membersihkan kamar mandi, lukisan dinding, atau menyiram tanaman, pemeliharaan rumah membutuhkan banyak pekerjaan. Semakin besar rumah, semakin banyak usaha yang harus dikeluarkan dalam membersihkan dan memeliharanya. Bahkan, beberapa orang menyewa jasa kebersihan atau bahkan pelayan untuk membantu mereka memelihara rumah besar mereka. Menggunakan layanan tersebut memerlukan biaya bulanan yang signifikan yang tidak semua orang mampu menanggungnya. Rumah yang lebih kecil tidak memiliki masalah seperti itu; ini adalah alasan mengapa banyak orang lebih memilih tinggal di rumah yang lebih kecil dibandingkan rumah besar karena biaya pemeliharaan bulanan serta waktu yang dihabiskan untuk membersihkan jauh lebih rendah.

 2. TIDAK TERLALU MAHAL UNTUK JANGKA PANJANG

Sekalipun rumah besar mungkin tampak terjangkau dari iklan yang Anda lihat, Anda perlu mempertimbangkan bahwa rumah besar lebih mahal dalam jangka panjang daripada rumah yang lebih kecil. Misalnya, jika Anda mencoba untuk mengasuransikan rumah Anda terhadap potensi risiko kebakaran, Anda akan segera melihat perbedaan tarif yang diberikan kepada Anda bila dibandingkan dengan tetangga Anda yang memiliki rumah yang lebih kecil. Perusahaan asuransi mengevaluasi tarif melalui berbagai faktor dengan ukuran keseluruhan rumah Anda menjadi salah satunya. Semakin besar rumah Anda, semakin tinggi tarif asuransi karena dianggap biaya penggantian rumah secara keseluruhan lebih tinggi. Ada biaya listrik yang juga harus dipertimbangkan. Rumah yang lebih besar mengkonsumsi lebih banyak daya daripada rumah yang lebih kecil, hal ini karena ruang yang lebih besar membutuhkan lebih banyak pencahayaan dan AC akan dinyalakan lebih lama untuk mendinginkan area yang lebih besar.

Investasi Properti Rumah Kecil
Investasi Properti Rumah Kecil

 3. DAMPAK LINGKUNGAN LEBIH TINGGI

Mengukur dampak lingkungan rumah didasarkan pada sumber daya yang dimanfaatkan untuk mempertahankan itu, serta orang-orang yang hidup di dalamnya. Karena rumah yang lebih besar memerlukan lebih banyak sumber daya untuk dipertahankan, ini berarti bahwa dampak lingkungan mereka cukup signifikan. Sementara beberapa orang mungkin tidak peduli tentang hal ini, jumlah sumber daya yang dikonsumsi dalam pemeliharaan itu sendiri bisa mempengaruhi harga jual kembalinya. Orang-orang saat ini semakin sadar lingkungan sehingga banyak individu mengadopsi gaya hidup yang ramah lingkungan. Dengan jumlah sumber daya yang digunakan dalam sebuah rumah besar, rumah jenis ini mungkin tidak mudah untuk dijual kembali di masa depan karena lebih banyak orang lebih memilih tempat yang memiliki lebih sedikit dampak terhadap lingkungan.

 4. MENGURANGI HUTANG

Rumah yang lebih besar cenderung mengakibatkan utang jangka panjang yang lebih besar karena Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mereka selama sepuluh atau dua puluh tahun ke depan. Ya, jumlah ruangnya sangat baik; namun, apakah hal itu layak jika Anda harus menghabiskan tambahan sepuluh tahun untuk melunasi hutang? Antara sekarang dan dua puluh tahun yang akan datang, banyak hal yang bisa terjadi secara drastis yang dapat mengubah posisi keuangan Anda. Mungkin ada penurunan ekonomi yang menyebabkan banyak orang di PHK. Dalam situasi seperti itu, keuangan Anda bisa sangat terpengaruh yang mengarah pada kemungkinan yang sangat nyata bahwa bank akan mengambil alih rumah Anda.

Keadaan yang seperti inilah yang membuat banyak penasihat keuangan merekomendasikan hal ini saat Anda membeli rumah, Anda harus mendapatkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan yang bisa Anda lunasi dengan cepat. Meskipun membeli rumah besar lebih menggoda, akan lebih baik untuk hidup terbebas dari hutang daripada harus terus berada dalam kondisi berhutang saat Anda sudah berusia 50 tahunan.

 5. TIDAK MEMBUTUHKAN BANYAK DEKORASI

Meskipun ini mungkin tampak seperti alasan kecil, tidak banyak dekorasi yang harus dilakukan adalah alasan yang cukup baik untuk membeli rumah yang lebih kecil. Mendekorasi memerlukan biaya yang bisa Anda gunakan untuk sesuatu yang lebih baik seperti portofolio saham Anda atau untuk berlibur. Memiliki rumah besar hampir memaksa Anda untuk membeli banyak dekorasi agar ruangan tidak terasa kosong. Permasalahan dalam situasi ini adalah Anda tidak mungkin menggunakan sebagian besar barang-barang Anda secara maksimal.

Pembiayaan Rumah Murah Melalui BTN Properti

 6. MENJUAL LEBIH MUDAH

Rumah yang lebih kecil memiliki pasar yang lebih luas untuk menjual dibandingkan dengan rumah-rumah besar. Ya, rumah yang lebih besar terlihat indah, tetapi jika Anda berencana untuk pindah dan menjual kembali rumah Anda, Anda mungkin menemukan lebih sedikit orang yang ingin membelinya. Kebanyakan orang lebih memilih rumah yang lebih kecil berdasarkan berbagai alasan yang ada dalam artikel ini. Jika Anda mencoba untuk menjual rumah besar Anda, kemungkinan akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan jika Anda mencoba untuk menjual rumah yang lebih kecil.

 7. PERPAJAKAN

Masalah lain yang berkaitan dengan pembelian rumah yang lebih besar adalah pajak yang lebih tinggi. Semakin besar rumah, semakin besar jumlah pajak yang harus Anda bayar. Meskipun terlihat layak, Anda perlu memahami bahwa Anda tidak mungkin memanfaatkan semua ruangan di dalam rumah Anda. Anda mungkin hanya menggunakan beberapa kamar pada waktu tertentu; dengan demikian, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah layak untuk membayar sesuatu yang tidak Anda butuhkan.

 8. INVESTASI VS KREDIT RUMAH

Faktor terakhir yang harus Anda pertimbangkan adalah dampak yang dimiliki rumah besar terhadap investasi masa depan Anda. Ya, real estate adalah investasi, tetapi Anda tidak harus menempatkan semua harapan Anda pada satu aset. Ada kelas aset lainnya untuk dipertimbangkan seperti saham, obligasi, dan tabungan. Anda harus selalu melakukan diversifikasi jenis kekayaan yang Anda miliki; namun, ketika membeli rumah mahal, banyak uang yang Anda peroleh akan dialokasikan hanya untuk membayarnya, yang bukan merupakan penggunakan uang yang tepat.

Kecuali Anda memiliki keluarga besar atau berencana memiliki keluarga besar, memiliki sebuah rumah besar bukanlah pilihan terbaik yang harus Anda buat. Biaya dan pembersihannya sendiri membuatnya kurang ideal, rumah yang lebih kecil lebih murah, lebih mudah dibersihkan, dan hanya lebih mudah untuk dimiliki daripada rumah yang lebih besar. Pada akhirnya, hal itu terserah Anda apakah Anda ingin mendapatkan rumah yang lebih besar atau tidak; mudah-mudahan, artikel ini akan, atau setidaknya, melunakkan semangat Anda untuk mendapatkan rumah yang lebih besar dan membiarkan Anda untuk secara logis memutuskan apakah memilikinya akan benar-benar layak. (BP)

You might also like More from author

Comments

Proses...