Lagu Khas Pontianak, Senandung Melayu Nan Merdu Kalimantan Barat

Jika kita menyebut nama PontianakIYCS 2012 Welcome Ceremony at Saung Angklung Udjo. Baca selengkapnya ... », mungkin banyak orang lebih mengenalnya hanya sebagai kota khatulistiwa yang panas. Masih banyak orang di Indonesia belum tahu bahwa sebenarnya di Kalimantan Barat ini memiliki keunikan tersendiri khususnya dibidang seni dan kebudayaanPontianak October Festival 2012, Semarak Hari Jadi Kota Pontianak. Baca selengkapnya ... ». Kebetulan didalam tulisan ini saya ingin mengangkat tema mengenai lagu-lagu khas hasil ciptaan seniman lokal Pontianak, salah satu diantaranya adalah Bang Zairin Achmad. Sempat googling untuk mencari tahu sedikit mengenai profil Bang Zairin Achmad, ternyata informasi yang tersedia sangatlah minim. Hhhmmm… sepertinya modus operandi pencariannya harus kembali lagi menggunakan sistem manual baru bisa menemukan profil pencipta lagu Kopi Pancong ini. Hehehehe…

Sebelumnya saya hanya ingin menjelaskan bahwa yang dimaksud lagu khas Pontianak disini adalah lagu-lagu hasil kreasi dan ciptaan senimal lokal Kalimantan BaratPaket Wisata Kota Pontianak, Satu Malam di Negeri Khatulistiwa. Baca selengkapnya ... ». Bukan lagu-lagu daerah Kalimantan Barat yang selama ini sering kita dengar salah satu judulnya adalah Cik Cik Periok. Dari sumber-sumber yang cukup terpercaya, saya memperoleh informasi bahwa ada beberapa lagu khas Pontianak yang telah dirilis di YouTube. Lagu-lagu tersebut diambil dari album miliknya Bang Zairin Achmad yaitu Unto’mu Pontianak. Mungkin sebelumnya saya mohon maaf jika seandainya nanti tulisan saya ini melanggar Hak Cipta yang bersangkutan karena tujuan saya semata-mata hanya ingin menunjukkan kepada dunia luar bahwa Pontianak juga memiliki seniman yang tak kalah kualitasnya.

Dari album Unto’mu Pontianak, saya lihat ada 3 (tiga) judul lagu yang paling sering diakses yaitu Kopi Pancong, Balek Kampong, dan Kote Pontianak. Tentunya teman-teman merasa penasaran kan ingin melihat ketiga lagu tersebut seperti apa, yang pasti satu keunikan dari setiap lagunya adalah terletak dari lirik dan iringan musik bernuansa melayu. Sekarang mari kita perhatikan tampilannya dibawah ini:

LAGU KHAS PONTIANAK – KOPI PANCONG

LAGU KHAS PONTIANAK – BALEK KAMPONG

LAGU KHAS PONTIANAK – KOTE PONTIANAK

Nah, setelah melihat dan mendengar ketiga lagu khas Pontianak diatas, apa pendapat dari teman-teman sekalian?. Saya paham untuk orang dari luar Pontianak mungkin agak kurang terlalu paham dengan lirik lagunya karena bahasa yang digunakan adalah murni bahasa melayu. Jadi jika diantara teman-teman merasa bingung dengan kalimatnya, bisa langsung ditanyakan kepada saya. Jadi, selamat menikmati… (DW)

Sumber Gambar:

Kata Kunci Pencarian Terkait:

Bagikan Ini Share on Facebook18Share on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter2
Tags:
author

Author: 

Blog yang berisi info mengenai Pontianak, perjalanan Blogger Borneo, liputan kegiatan, dan review produk jasa terbaru. Jika ada yang berminat produknya direview langsung aja menghubungi 08565030366. Thanks...

Leave a Reply