BloggerBorneo.Com merupakan media blog yang mengulas mengenai bisnis online, review produk, liputan khusus, dan lowongan kerja.

Kue Bingke Berendam, Wisata Kuliner Khas Pontianak

Di awal bulan Februari ini, saya ingin menulis mengenai salah satu kuliner khas yang ada di Pontianak yaitu Kue Bingke Berendam. Kebetulan beberapa waktu lalu saya sempat singgah di salah satu lokasi produksi sekaligus tempat penjualan kuliner khas Pontianak ini. Bingke Al-Fajar, demikian brand yang melekat pada plang nama didepan sebuah rumah di kawasan Jl. Adisucipto KM.1 (posisi tepat berada diseberang Gang Haji Manaf). Adapun tujuan saya ke outlet Bingke Al-Fajar pada saat itu untuk membelikan pesanan orang Jakarta yang sedang menginap di salah satu hotel berbintang di Pontianak.

Kue Bingke Kuliner Khas Pontianak

Dari kejauhan sudah terlihat susunan kue bingke ditumpuk dan disusun berjajar rapi. Begitu memasuki outlet, saya disuguhkan dengan pemandangan yang begitu menggiurkan. Aroma khas kulinernya begitu wangi semerbak, disusun begitu rapi dimana untuk masing-masing tumpukan merupakan satu varian rasa. Ada rasa durian, rasa keju, rasa kentang, rasa original, dan masih banyak lagi beberapa jenis varian lainnya. Untuk harganya juga cukup bervariasi, tergantung dari rasa yang ingin dipilih dan dibeli. 🙂

Kue Bingke Pontianak

Kue Bingke Khas Kalimantan Barat

Sempat melakukan sedikit interview dengan salah satu karyawan yang bekerja disitu, diperoleh informasi bahwa Bingke Al-Fajar telah memulai usahanya sejak tahun 1990-an. Tidak terasa brand kuliner khas Pontianak ini telah berusia belasan tahun, masih ingat sewaktu saya kecil sering lewat di lokasi tersebut. Hanya saja tampilan outlet-nya dulu tidak sebagus sekarang, mungkin karena Bingke Al-Fajar sudah cukup dikenal luas maka pengelolanya ingin semakin mengembangkan industri kreatif ini menjadi lebih baik lagi. Nah, pasti sekarang teman-teman merasa penasaran dengan penampakan salah satu kuliner khas Pontianak ini kan???. Ini dia bentuknya…

Kue Bingke Pontianak Kalimantan Barat

Sebenarnya gambar diatas bukan berasal dari outlet Bingke Al-Fajar, karena kebetulan pada saat berkunjung kesitu saya malah lupa untuk mengambil wujud asli kue bingkenya seperti apa. Mungkin karena merasa terhipnotis dengan pemandangan yang cukup menggiurkan, tidak terpikir untuk mendokumentasikannya secara langsung. Hehehehe… Tapi tidak apa-apa, secara umum bentuk dan model kue bingke Pontianak sebagian besar hampir sama. Yang berbeda cuma di rasa kuliner khas itu sendiri. Jadi, bagi siapa yang ingin mencicipi rasa Bingke Al-Fajar ini bisa langsung datang ke lokasi outlet-nya. Selamat mencicipi… (DW)

Sumber Gambar:

  • http://pesonakalimantanbarat.16mb.com/
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

CommentLuv badge