Kopdar Komunitas Blogger, Penting Ngga Sih???

Dalam sebuah komunitas, terutama yang sifatnya online seperti Komunitas Blogger, menjaga silaturahim secara online maupun offline haruslah tetap dilakukan. Apalagi bagi sebuah komunitas blogger yang sifatnya lokal, salah satu contohnya adalah Komunitas Blogger Pontianak. Dari sejak tahun 2008 sampai detik ini, entah sudah berapa puluh atau bahkan ratusan kali Komunitas Blogger yang ada di Pontianak melakukan ritual rutin berkala ini. Tentunya sejak dulu hingga sekarang, sudah pernah muncul beberapa nama komunitas yang mengatasnamakan blogger Pontianak. Dan untuk saat ini, nama komunitas blogger di Pontianak yang masih terus eksis dan konsisten melaksanakan ritual kopi darat (kopdar) adalah Komunitas Blogger Pontianak.

Komunitas Blogger Pontianak ini sendiri merupakan sebuah wadah yang dibuat khusus bagi tempat berkumpulnya para blogger lokal yang ada di kota Pontianak. Komunitas ini diprakarsai dan dikelola oleh beberapa orang anak muda kota Pontianak yang memiliki hobi sama yaitu blogging. Salah satu misi utama yang ingin dicapai dengan dibuatnya komunitas online ini adalah ingin mempromosikan segala sesuatu tentang hal-hal menarik dan istimewa yang dimiliki kota Pontianak melalui blognya masing-masing.

Kopdar Blogger Pontianak November 2015
Kopdar Blogger Pontianak November 2015 (Foto: Priangga.Web.Id)

Sebagai salah seorang blogger yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia perbloggeran Indonesia, Blogger Borneo melihat keberadaan sebuah komunitas adalah sebuah keharusan. Ya kita tahu sendiri yang namanya ngeblog ini motivasi dan semangatnya selalu fluktuatif alias naik turun tidak tentu rudu, sangat terpengaruh dengan namanya mood, perasaan, pikiran, dan faktor-faktor internal maupun eksternal lainnya. Nah, sebenarnya kopdar bisa menjadi salah satu cara untuk dapat selalu menjaga semangat dan motivasi tersebut. Kita jangan berpikir jauh-jauh membuat sebuah komunitas blogger yang sifatnya nasional, kita fokus saja dulu dengan keberadaan komunitas lokal. Insya Allah jika komunitas blogger lokal dapat selalu kompak dan solid, maka akan ada pihak-pihak tertentu yang akan melirik nantinya. Amin… 🙂

Mungkin untuk Komunitas Blogger Pontianak sendiri, dapat dicontohkan bagaimana dalam satu tahun terakhir beberapa pihak seperti Indosat Ooreedo, Telkom Speedy Pontianak (sekarang sudah berubah menjadi IndiHome Kalbar), XL Axiata Pontianak, dan beberapa pihak lainnya telah mengundang secara khusus dalam kaitannya dengan pelaksanaan kegiatan mereka, seperti: roadshow, launching produk, dan lain sebagainya.

Kopdar Komunitas Blogger Pontianak Maret 2016
Kopdar Komunitas Blogger Pontianak Maret 2016 (Foto: Dok. Pribadi)

Kembali di akhir bulan Maret 2016, tepatnya dari tanggal 21-23 Maret, kawan-kawan dari Komunitas Blogger Pontianak kembali diundang untuk bisa hadir pada acara yang diselenggarakan oleh pihak TokoPedia.Com (21-22 Maret 2016) dan Smartfren.Com (23 Maret 2016). Mengenai jumlah peserta yang akan diundang, khusus untuk Smartfren.Com hanya mengundang perwakilan sejumlah 12 orang. Pembatasan jumlah undangan ini dilakukan karena situasi dan kondisi tempat pelaksanaan kegiatan yang sangat terbatas karena sifatnya gathering dan makan siang bersama. Sedangkan untuk TokoPedia.Com sendiri, jumlah peserta yang diundang masih lebih banyak karena kapasitas ruangan dan sifat kegiatannya lebih besar dari hanya sekedar gathering dan makan siang.

Nah, terkadang ketika ada undangan resmi yang sifatnya terbatas seperti ini, secara internal kawan-kawan pasti akan selalu berunding mengenai siapa-siapa saja berhak ikut sebagai perwakilan. Dan memang sejak awal sudah disepakati bersama bahwa syarat dan ketentuan dalam mempertimbangan siapa-siapa saja yang berhak menjadi peserta perwakilan adalah dari intensitas komunikasi antar anggota komunitas, terutama dalam aktivitasnya sering mengikuti kegiatan kopdar atau tidak. Jangan ketika ada undangan-undangan atau kegiatan-kegiatan baru tampak wujud fisiknya, namun ketika diundang untuk hadir pada saat kopdar selalu tidak bisa hadir dengan berbagai macam alasan.

Sekarang, kembali ke judul diatas mengenai pertanyaan “Kopdar Komunitas Blogger, Penting Ngga Sih???“, Blogger Borneo yakin setelah membaca tulisan diatas pasti kawan-kawan sudah tahu jawabannya apa. Jadi, dinanti kehadiran kawan-kawan #BloggerPontianak pada kegiatan-kegiatan kopdar berikutnya ya… Update kegiatan dan semua aktivitas bisa dilihat di halaman facebook Komunitas Blogger Pontianak. (DW)

You might also like More from author

Comments

Proses...